Wednesday, 30 October 2013

Lowongan Admin PT Arina Multikarya

PT Arina Multikarya

membutuhkan admin matrix penempatan di distributor Dosniroha

Kualifikasi
  1. Wanita
  2. Berpenampilan Menarik
  3. Usia 20-27th
  4. Pengalaman Admin lebih diutamakan
  5. Mampu mengoperasikan program min MS.Office
  6. Pendidikan Min D3

Note : Gaji UMR Belum termasuk uang lembur

Yang Berminat silakan masukkan surat lamaran kerja ke PT. Arina Multikarya di Jl inspektur Marzuki No 003/03 kel siring agung kec ilir barat 1 masuk dari lrng pakjo setelah ruko yamaha tamrin brothers sblh kanan jln cari ruko yg ada plang fastron sblh bgkel NAS.

Note : Lowongan dibuka mulai hari ini.....tutup sampe hari jumat bsk.

Kontak 085669995972 (Hanya menerima Tlp) kantor buka dari jam 08 pagi s/d 05 sore

Wednesday, 23 October 2013

Kriteria Hidup Sehat, Definisi Sehat

Untuk memahami kesehatan manusia, kita perlu memahami manusia itu sendiri.  Seperti makhluk hidup lainnya, tubuh manusia adalah sebuah mahakarya fisiologis yang luar biasa rumitnya.  Jika hanya dipandang sebagai mesin biologis maka manusia tidak jauh berbeda dari makhluk hidup lainnya.

Banyak hewan yang lebih besar, lebih kuat bahkan lebih lincah daripada manusia, dan ada tumbuhan yang dapat hidup lebih lama daripada manusia.  Walaupun demikian manusia memiliki kemampuan berpikir yang lebih besar daripada makhluk ciptaan lainnya.  Kemampuan inilah yang memungkinkan manusia untuk sanggup mengenali dan memecahkan masalah dengan cerdas dan kreatif.

Kesanggupan memilih juga merupakan suatu kesanggupan manusia yang membedakan dia dari hewan maupun tumbuhan, sehingga ia memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi.  Akan tetapi, kecerdasan manusia ini jugalah yang sering kali menjerumuskannya ke dalam pelbagai masalah yang merugikan dirinya sendiri.  Umumnya, hewan hidup berdasarkan nalurinya sendiri.
Itulah sebabnya anjing maupun semut di Indonesia memiliki pola kehidupan yang hampir sama dengan yang hidup di Amerika.  Tetapi rakyat Indonesia memiliki gaya hidup yang berbeda dengan rekannya di Amerika Serikat.  Inteligensia manusialah yang menentukan sanggup atau tidak sanggup untuk membentuk gaya hidup masing-masing.

Pusat pengontrolan penyakit negara Amerika Serikat telah menyimpulkan bahwa ada empat faktor utama yang menentukan kesehatan seseorang, yaitu:
1)    Perilaku kesehatan atau gaya hidup.
2)    Hereditas (keturunan).
3)    Keadaan lingkungan, dan
4)    Mutu pelayanan kesehatan yang tersedia.

Keempat faktor ini memiliki bobot yang berbeda-beda dalam menentukan kesehatan.  Peran yang terbesar dimainkan oleh gaya hidup yaitu sebesar 51%.  Ada jenis-jenis gaya hidup tertentu yang meningkatkan kesehatan dan ada pula yang merongrongnya.  Ada faktor keturunan tertentu yang membatasi kesanggupan seseorang untuk mencegah penyakit, ada juga yang membuatnya tidak bisa berolahraga secara teratur, dan sebagainya.  Faktor keturunan memiliki nilai sebesar 19% dalam menentukan kesehatan, sedangkan faktor lingkungan bernilai 20%.  Sisanya adalah mutu pelayanan kesehatan yang tersedia di klinik, rumah sakit, dan sebagainya yaitu sekitar 10%.

Faktor keturunan apa pun yang seseorang miliki, dalam lingkungan yang bagaimanapun dia hidup, serta mutu pelayanan kesehatan yang macam apa pun yang dia dapatkan, dia tetap bertanggung jawab untuk meningkatkan mutu kesehatannya dengan menghidupkan gaya hidup yang baik dan tepat.

Sebenarnya, apakah kesehatan itu? Jenis kehidupan yang bagaimanakah yang disebut sehat? Arti dan makna kata sehat mengalami perkembangan.  Dulu, seseorang dianggap sehat jika dia tidak mengidap penyakit.  Ini disebabkan karena dulu di tahun 1900-an, penyebab utama kematian adalah penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh virus dan bakteri.  Pada zaman itu, peluang bagi seseorang untuk meninggal karena sakit paru-paru basah adalah tiga kali lebih besar daripada meninggal karena kanker.  Pada zaman itu, penyakit-penyakit mengancam semua manusia dengan pelbagai tingkat usia.
Sekarang, banyak dari penyakit tempo dulu itu yang dapat dicegah ataupun disembuhkan.  Peningkatan mutu kehidupan membuat manusia dapat membuatnya hidup lebih lama.  Dengan demikian, definisi kata kesehatan pun ikut mengalami perubahan.

Badan Kesehatan Sedunia (WHO) memberikan definisi yang baik untuk kata “sehat” yakni: “Keadaan sejahtera secara fisik, mental, dan sosial bukan hanya sekadar tidak adanya penyakit maupun cacat”.  Di sini, kita perlu menambahkan satu komponen yang lain yaitu rohani.  Jadi, seseorang sehat bukan hanya jika dia tidak mengidap penyakit, melainkan juga jika badan, pikiran, sosial, dan rohaninya sejahtera

Tips Agar Postur Tubuh Baik

Penampilan postur tubuh sering kali digunakan sebagai standar dalam menilai seseorang.  Pose tubuh memegang peranan penting dalam menunjukkan kewibawaan, dan gairah hidup.  Bahkan lebih jauh lagi, Dr. Allen Russeli, spesialis rehabilitasi dari New York’s Rush Institute mengatakan: “Sering kali, dengan melihat postur tubuh seseorang, saya dapat menebak penyakit kronis apa yang sedang diderita oleh orang tersebut.” Dengan demikian, postur tubuh juga berhubungan kesehatan umum seseorang.  Postur tubuh dapat dipengaruhi oleh penyakit tertentu dan sebaliknya.  Postur tubuh memang sangat mempengaruhi fungsi ginjal, lambung, jantung, organ reproduksi, paru-paru dan otak.

Secara definisi, postur tubuh yang baik adalah posisi tubuh dimana masing-masing bagiannya tersusun secara tepat.  Secara praktisnya, postur tubuh yang baik adalah posisi tegak dimana sebuah garis lurus dapat ditarik pada sisi tubuh mulai dari telinga ke bahu, pinggul, dan mata kaki.  Cara berdiri yang tepat ini membutuhkan energi yang minimum.


Sewaktu kita berdiri sambil melawan daya tarik bumi berlangsunglah berbagai proses fisiologis dan mekanis yang menakjubkan.  Proses-proses fisiologis dan mekanis ini melibatkan 639 otot, 206 tulang, belasan organ tubuh lainnya, dan ratusan struktur indera, ribuan jalur komunikasi serta puluhan liter cairan tubuh.  Kedengarannya sangat rumit.  Yah, untunglah kita tidak perlu secara langsung mengatur semua struktur-struktur tersebut di atas.

Semua proses ini berlangsung secara otomatis sesuai dengan kebiasaan (kata kebiasaan ini sebenarnya perlu digaris bawahi).  Ini berarti bahwa jika kita mempunyai postur tubuh yang salah, maka kita dapat memperbaikinya dengan menggantikan kebiasaan yang tadinya salah dengan kebiasaan yang baik.

Kelima bagian utama yang menentukan postur tubuh kita adalah kaki, pinggul, tulang belakang, pundak, dan kepala.  Dengan memperhatikan kelima bagian ini, kita dapat memantau postur tubuh kita sendiri.  Kelima bagian tubuh inilah yang menjadi sumber utama postur tubuh yang salah.  Selanjutnya, marilah kita bahas tiga kesalahan utama postur tubuh serta cara menanggulanginya.

Punggung bawah yang terlalu melengkung ke dalam.  Hal ini dapat dihindari dengan mengencangkan otot-otot bagian perut dada, dan tidak berdiri dengan terlalu tegak (membusungkan dada). Hindari kursi, sofa atau tempat duduk mobil yang terlalu empuk.  Hal lain yang dapat menimbulkan kesalahan di atas adalah tidur tengkurap di atas kasur empuk, dan bagian perut yang membuncit.

Letak kaki yang menunjuk ke samping. Beberapa orang berdiri dan berjalan dengan kedua kaki yang tidak sejajar.  Sebaiknya, kita berjalan dan berdiri dengan kaki yang sejajar di mana kedua jempol kaki menunjuk ke depan.  Letak kaki yang terlalu terbuka mengurangi keseimbangan tubuh dn meletihkan kaki secara keseluruhan.

Bahu yang membungkuk serta dagu yang menjorok ke depan.  Ini dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang aktif berolahraga, duduk membungkuk selama jam kerja dan sewaktu mengemudi kendaraan, serta duduk di atas kursi yang sangat empuk sewaktu menonton TV, membaca, dan sebagainya.  Kebiasaan ini akan melelahkan bahu dan leher, serta menegangkan otot-otot dada dan leher bagian depan, sehingga akan menyulitkan kelancaran pernapasan.

Jika kita duduk dengan tepat maka kita tidak akan merasa cepat letih walaupun kita duduk di kursi yang tidak memiliki sandaran.  Duduk dengan menyilangkan kaki sebelah sangat membebani tulang belakang.

Bangku yang baik adalah yang sandarannya membentuk sudut 107°  dengan alas duduknya, dan tidak terlalu tinggi sehingga alas duduknya tidak terlalu tertekan oleh bagian bawah paha orang yang duduk di atasnya.

Olahraga yang cukup dan teratur akan mengencangkan otot-otot kita.  Jika memang otot-otot bagian perut yang lemah, lakukanlah gerakan-gerakan olahraga yang mengencangkannya.  Marilah selalu memperhatikan postur tubuh kita dengan saksama sampai kita dapat membiasakan diri berdiri dan duduk dengan benar secara otomatis.

Postur tubuh yang baik bukan hanya menjaga kesehatan fisik, melainkan juga dapat membuat kita lebih percaya diri dan lebih menarik.  Sehingga kita tidak hanya tampak lebih muda, tetapi juga akan hidup lebih bergairah.

Monday, 21 October 2013

Lowongan Apoteker Terbaru

  • Dibutuhkan cito apoteker penanggung jawab untuk apotek di Anjatan, Indramayu. minat, hubungi cp (dr. Ratna 082130861992)

  • Dibutuhkan Asisten Apoteker untuk instalasi farmasi RSIA Arvita Bunda Berminat kirim lamaran ke RSIA Arvita Bunda alamat Stan Rt 04 Rw 44 Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta

  • Dibutuhkan AA untuk apotek Golden farma 24 jam, dgn syarat :
-Diutamakan pria
-Berpengalaman 1 thn atau fresh graduete
-Bersedia bekerja shift

Surat lamaran kirim via emailk di ndahwid27@yahoo.com atau dikirim ke apotek di Jl. Condet raya no. 9 batu ampar, jakarta timur

ASISTEN APOTEKER
syarat : max 30 th, min lulusan SMK Farmasi, penampilan menarik, komunikatif, jujur, siap kerja keras

TENAGA UMUM
syarat : max 25 thn, minimal lulusan SMA, bisa motor, menarik, komunikatif, jujur, siap kerja keras

kirim CV lengkap ke griyafarma@gmail.com
untuk ditempatkan di APOTEK GRIYA FARMA DI BINTARO (TANGERANG), jalan MERPATI RAYA.


  • Dibutuhkan asisten apoteker untuk Apotek daerah Surabaya Barat,, kirim lamaran, cv dan foto ke Apotek Mecha alamat Plaza Graha Family D-8, telpon (031)7344931

  • RS. MATA JEC@MENTENG & @KEDOYA
Membutuhkan Asisten Apoteker, kirim lamaran anda ke @Menteng Jl. Cik Ditiro 46 atau @kedoya Jl. Terusan Arjuna Utara 1, atau email: jec@jakarta-eye-center.com

  •  Dibutuhkan asisten apoteker untuk Apotek daerah Surabaya Barat,, kirim lamaran, cv dan foto ke Apotek Mecha alamat Plaza Graha Family D-8, telpon (031)7344931

Dokter sebagai Mitra Kesehatan Kita

Sangat disayangkan bahwa sebagian orang baru menyadari perlunya kesehatan hanya setelah mereka jatuh sakit.  Sewaktu sehat mereka tidak terlalu menghiraukan gaya hidup mereka serta dampaknya terhadap kesehatan.  Mungkin mereka tidak peduli karena banyak dokter ahli yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.  Barangkali juga mereka tidak terlalu peduli sebab berapa pun besarnya biaya pengobatan tidak akan pernah menjadi masalah bagi mereka.

Marilah kita renungkan sejenak: Adakah satu penyakit yang menambah gairah hidup? Penyakit ringan seperti pilek pun sangat menyusahkan.  Bagaimana dengan penyakit-penyakit lainnya yang lebih berat dari itu.  Jadi, walaupun uang dapat membeli kesembuhan, uang tidak bisa menebus gairah hidup yang telah disita oleh penyakit itu, serta waktu dan efisiensi kerja yang hilang karenanya.

dokter sebagai mitra kesehatan kita dan keluarga


Bagaimanapun juga, setiap orang bertanggungjawab atas kesehatannya masing-masing.  Sebab, walaupun dokter dapat memberikan obat penyembuh, tetapi akhirnya masing-masing kita sendirilah yang dapat memelihara kesehatan kita sendiri.  Dengan bertanggung jawab atas kesehatan sendiri bukan berarti Anda harus menjadi dokter, melainkan menjadikan dokter seorang mitra dalam upaya Anda memelihara kesehatan tersebut.  Suatu saat tertentu masing-masing kita akan membutuhkan keahlian seorang dokter untuk  mencegah penyakit melalui konsultasi, vaksinasi, dan sebagainya, maupun untuk mendiagnosa penyakit yang sudah ada.  Jika Anda telah jatuh sakit mungkin hanya dialah yang dapat menolong Anda.

Oleh karena sang dokter akan berperan sebagai mitra, maka sangatlah bijaksana jika Anda memilih dokter yang tepat bagi Anda, cobalah jawab kuis sederhana di bawah ini dengan memilih jawaban yang  tepat.

(1) Waktu yang paling tepat untuk mencari dan memilih seorang dokter adalah:
a.    Sewaktu Anda sakit.
b.    Sewaktu Anda membutuhkan tenaga tambahan untuk pertandingan olahraga, dan sebagainya.
c.    Sewaktu Anda sehat dan bugar.

(2) Dokter yang paling tepat untuk dokter pribadi Anda adalah:
a.    Ginekolog jika Anda seorang wanita.
b.    Ahli THT jika Anda sering pilek.
c.    Dokter umum atau internis.
d.    Dokter ahli tulang jika rematik Anda sering kambuh.

(3) Kualifikasi apa yang harus dimiliki oleh dokter Anda:
a.    Tamatan dari universitas terkenal.
b.    Bekerja di rumah sakit yang terkenal.
c.    Terkenal di kalangan masyarakat.
d.    Memiliki keahlian khusus.

(4) Sebaiknya dokter Anda berusia:
a.    Sangat tua dan berpengalaman.
b.    Sangat muda dan bersemangat.
c.    Di antara kedua golongan di atas.

(5) Jika dokter Anda memberi penjelasan dengan menggunakan beberapa istilah yang  asing, maka Anda sebaiknya:
a.    Pura-pura mengerti.
b.    Catat istilah itu lalu cari artinya dalam kamus di rumah.
c.    Tanyakan segera kepada dokter tersebut.
d.    Terka-terka apa artinya.

(6) Jika obat-obat  yang dokter berikan tidak menghasilkan perubahan atas penyakit anda, maka:
a.    Naikkan dosis obat itu.
b.    Kurangi dosis obat tersebut.
c.    Segera laporkan kepada dokter Anda.
d.    Berhenti makan obat itu lalu cari dokter yang lain.

(7) Jika Anda tidak sependapat dengan dokter Anda, maka:
a.    Ikuti saja pendapat dokter itu, sebab dia lebih pandai.
b.    Jangan turuti pentunjuknya lalu lakukan apa yang menurut Anda benar.
c.    Nyatakan secara jelas mengapa Anda tidak sependapat dengan dokter itu.
d.    Ganti dokter.

(8) Jika Anda menaruh curiga kepada sesuatu yang mungkin adalah penyebab penyakit Anda tetapi dokter seolah-olah mengabaikannya, maka:
a.    Anda diam saja, sebab dokter lebih tahu daripada Anda.
b.    Ganti dokter sebab dokter Anda kurang teliti.
c.    Nyatakan buah pikiran Anda.
d.   Lebih dahulu cari pendapat dari dokter yang lain sebelum membicarakannya dengan dokter Anda.

(9) Jika Anda malu memperbincangkan sesuatu yang sangat pribadi dan peka dengan dokter Anda, maka:
a.    Jangan perbincangkan itu dengan dia.
b.    Bicarakan secara tidak langsung dengan kiasan.
c.    Katakan apa adanya tanpa rasa malu yang berlebihan.
d.    Utus orang lain untuk membicarakannya dengan dokter Anda.

       Untuk semua pertanyaan, jawaban yang terbaik adalah c, kecuali nomor 3 yaitu a sampai d.
        Semoga kuis yang singkat ini dapat menolong Anda dalam memilih dokter yang tepat sebagai mitra, serta menjalin hubungan yang tepat dengannya.

Friday, 18 October 2013

Mengenal Schizophrenia

Wah, sebagian Ibu mungkin masih asing dengan bahasa yang satu ini, Schizophrenia. Meskipun definisi yang pasti tentang Schizophrenia selalu menjadi perdebatan para ahli, terdapat indikasi yang semakin nyata bahwa Schizophrenia adalah sebuah gangguan yang terjadi pada fungsi otak. Dalam buku The Broken Brain : The Biological Revolution in Psychiatry yang ditulis oleh Dr. Nancy Andreasen, dikatakan bahwa bukti-bukti terkini tentang serangan Schizophrenia merupakan suatu hal yang melibatkan banyak sekali faktor. Faktor-faktor itu meliputi perubahan struktur fisik otak, perubahan struktur kimia otak, dan faktor genetik.

Di dalam otak terdapat milyaran sambungan sel. Setiap sambungan sel menjadi tempat untuk meneruskan maupun menerima pesan dari sambungan sel yang lain. Sambungan sel tersebut melepaskan zat kimia yang disebut neurotransmitters yang membawa pesan dari ujung sambungan sel yang satu ke ujung sambungan sel yang lain. Di dalam otak yang terserang schizophrenia, terdapat kesalahan atau kerusakan pada sistem komunikasi tersebut.
Bagi keluarga dengan penderita schizophrenia di dalamnya, akan mengerti dengan jelas apa yang dialami penderita schizophrenia dengan membandingkan otak dengan telepon. Pada orang yang normal, sistem switch pada otak bekerja dengan normal. Sinyal-sinyal persepsi yang datang dikirim kembali dengan sempurna tanpa ada gangguan sehingga menghasilkan perasaan, pemikiran, dan akhirnya melakukan tindakan sesuai kebutuhan saat itu. Pada otak penderita schizophrenia, sinyal-sinyal yang dikirim mengalami gangguan sehingga tidak berhasil mencapai sambungan sel yang dituju.
penyebab schizophrenia gejala penyakit schizophrenia pengertian definisi apa yang dimaksud schizophrenia paranoid
Schizophrenia terbentuk secara bertahap dimana keluarga maupun penderita tidak menyadari ada sesuatu yang tidak beres dalam otaknya dalam kurun waktu yang lama. Kerusakan yang perlahan-lahan ini yang akhirnya menjadi schizophrenia yang tersembunyi dan berbahaya. Gejala yang timbul secara perlahan-lahan ini bisa saja menjadi schizophrenia akut. Periode schizophrenia akut adalah gangguan yang singkat dan kuat, yang meliputi halusinasi, penyesatan pikiran (delusi), dan kegagalan berpikir. Kadang kala schizophrenia menyerang secara tiba-tiba. Perubahan perilaku yang sangat dramatis terjadi dalam beberapa hari atau minggu. Serangan yang mendadak selalu memicu terjadinya periode akut secara cepat. Beberapa penderita mengalami gangguan seumur hidup, tapi banyak juga yang bisa kembali hidup secara normal dalam periode akut tersebut. Kebanyakan didapati bahwa mereka dikucilkan, menderita depresi yang hebat, dan tidak dapat berfungsi sebagaimana layaknya orang normal dalam lingkungannya. Dalam beberapa kasus, serangan dapat meningkat menjadi apa yang disebut schizophrenia kronis. Penderita menjadi buas, kehilangan karakter sebagai manusia dalam kehidupan sosial, tidak memiliki motivasi sama sekali, depresi, dan tidak memiliki kepekaan tentang perasaannya sendiri.

Para Psikiater membedakan gejala serangan schizophrenia menjadi 2, yaitu gejala positif dan negatif.

Gejala positif
Halusinasi selalu terjadi saat rangsangan terlalu kuat dan otak tidak mampu menginterpretasikan dan merespon pesan atau rangsangan yang datang. Penderita schizophrenia mungkin mendengar suara-suara atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada, atau mengalami suatu sensasi yang tidak biasa pada tubuhnya. Auditory hallucinations, gejala yang biasanya timbul, yaitu penderita merasakan ada suara dari dalam dirinya. Kadang suara itu dirasakan menyejukkan hati, memberi kedamaian, tapi kadang suara itu menyuruhnya melakukan sesuatu yang sangat berbahaya, seperti bunuh diri.

Penyesatan pikiran (delusi) adalah kepercayaan yang kuat dalam menginterpretasikan sesuatu yang kadang berlawanan dengan kenyataan. Misalnya, pada penderita schizophrenia, lampu trafik di jalan raya yang berwarna merah kuning hijau, dianggap sebagai suatu isyarat dari luar angkasa. Beberapa penderita schizophrenia berubah menjadi seorang paranoid. Mereka selalu merasa sedang diamat-amati, diintai, atau hendak diserang.

Kegagalan berpikir mengarah kepada masalah dimana penderita schizophrenia tidak mampu memproses dan mengatur pikirannya. Kebanyakan penderita tidak mampu memahami hubungan antara kenyataan dan logika. Karena penderita schizophrenia tidak mampu mengatur pikirannya membuat mereka berbicara secara serampangan dan tidak bisa ditangkap secara logika. Ketidakmampuan dalam berpikir mengakibatkan ketidakmampuan mengendalikan emosi dan perasaan. Hasilnya, kadang penderita schizophrenia tertawa sendiri atau berbicara sendiri dengan keras tanpa mempedulikan sekelilingnya.

Semua itu membuat penderita schizophrenia tidak bisa memahami siapa dirinya, tidak berpakaian, dan tidak bisa mengerti apa itu manusia. Dia juga tidak bisa mengerti kapan dia lahir, dimana dia berada, dan sebagainya.

Gejala negatif
Penderita schizophrenia kehilangan motivasi dan apatis berarti kehilangan energi dan minat dalam hidup yang membuat penderita menjadi orang yang malas. Karena penderita schizophrenia hanya memiliki energi yang sedikit, mereka tidak bisa melakukan hal-hal yang lain selain tidur dan makan. Perasaan yang tumpul membuat emosi penderita schizophrenia menjadi datar. Penderita schizophrenia tidak memiliki ekspresi baik dari raut muka maupun gerakan tangannya, seakan-akan dia tidak memiliki emosi apapun. Tapi ini tidak berarti bahwa penderita schizophrenia tidak bisa merasakan perasaan apapun. Mereka mungkin bisa menerima pemberian dan perhatian orang lain, tetapi tidak bisa mengekspresikan perasaan mereka.

Depresi yang tidak mengenal perasaan ingin ditolong dan berharap, selalu menjadi bagian dari hidup penderita chizophrenia. Mereka tidak merasa memiliki perilaku yang menyimpang, tidak bisa membina hubungan relasi dengan orang lain, dan tidak mengenal cinta. Perasaan depresi adalah sesuatu yang sangat menyakitkan. Di samping itu, perubahan otak secara biologis juga memberi andil dalam depresi. Depresi yang berkelanjutan akan membuat penderita schizophrenia menarik diri dari lingkungannya. Mereka selalu merasa aman bila sendirian. Dalam beberapa kasus, schizophrenia menyerang manusia usia muda antara 15 hingga 30 tahun, tetapi serangan kebanyakan terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Schizophrenia bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin, ras, maupun tingkat sosial ekonomi. Diperkirakan penderita schizophrenia sebanyak 1 % dari jumlah manusia yang ada di bumi.

Schizophrenia tidak bisa disembuhkan sampai sekarang. Tetapi dengan bantuan Psikiater dan obat-obatan, schizophrenia dapat dikontrol. Pemulihan memang kadang terjadi, tetapi tidak bisa diprediksikan. Dalam beberapa kasus, penderita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Keringanan gejala selalu nampak dalam 2 tahun pertama setelah penderita diobati, dan berangsur-angsur menjadi jarang setelah 5 tahun pengobatan. Pada umur yang lanjut, di atas 40 tahun, kehidupan penderita schizophrenia yang diobati akan semakin baik, dosis obat yang diberikan akan semakin berkurang, dan frekuensi pengobatan akan semakin jarang.


Resiko Kantor ber AC

Sebagai pegawai kantoran boleh jadi Anda merasa sangat beruntung jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang harus bekerja di pabrik dan pertambangan, karena tidak harus terpajan ke pelbagai racun gas maupun racun lainnya. Dalam satu segi ini memang benar, akan tetapi tidak ada pegawai kantor yang benar-benar terlindung dari risiko bahaya. Buktinya, di Amerika Serikat sendiri, satu negara yang memiliki peraturan keselamatan kerja yang sangat ketat, terjadi lebih dari 40.000 kasus kecelakaan yang mengakibatkan cacat fisik, dan sekitar 200 kasus kematian yang berhubungan dengan keselamatan kerja setiap tahunnya.

Seorang pegawai yang bekerja di kantor yang nyaman dan sejuk pernah mengatakan: “Saya masuk ke kantor dengan semangat yang besar untuk menyelesaikan semua tugas saya dengan cepat dan tepat. Anehnya, setelah beberapa jam mata saya mulai perih dan kepala saya mulai terasa berat sehingga saya tidak bisa berkonsentrasi sepenuhnya. Pada saat-saat seperti ini saya merasa mengantuk.  Perasaan saya membaik setelah pulang makan dari kantin di gedung yang terletak di seberang jalan.  Tetapi, perasaan mengantuk itu muncul lagi menjelang sore hari”.

Boleh jadi gejala-gejala yang dialami oleh si pegawai di atas bukanlah sesuatu yang aneh bagi mereka yang bekerja di ruang yang ber-AC, yaitu ruangan yang dirancang sedemikian rupa sehingga kedap udara dan hemat energi.  Ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab gejala-gejala tersebut.  Satu di antaranya adalah karbon monoksida yang masuk melalui sistem ventilasi.  Boleh jadi gas ini berasal dari knalpot mobil yang berada di lantai dasar bangunan yang berfungsi sebagai ruang parkir.

AC di kantor, efek dan resikonya

Yang lainnya adalah zat formaldehida.  Zat ini adalah salah satu bahan baku dalam pembuatan bahan insulator, karpet, serta peralatan kantor lainnya, sehingga dapat menguap dari benda-benda lain lalu mengotori udara sekitarnya.  Di samping asap rokok teman sekerja, fungus, maupun bakteri dari sistem ventilasi yang kurang sempurna, gas ozon yang berasal dari mesin fotokopi pun dapat menyebabkan timbulnya gejala-gejala di atas.

Salah satu jalan untuk memecahkan masalah ini adalah dengan mengganti udara yang beredar dalam bangunan itu dengan udara yang lebih segar dari luar.  Tetapi, pemecahan ini kurang cocok sebab ruang kantor yang ber-AC dirancang agar kedap udara untuk menghemat biaya listrik.   Karena akan dibutuhkan biaya tambahan untuk mendinginkan udara segar yang dari luar.  Itulah sebabnya mengapa udara yang beredar dalam bangunan itu adalah udara yang sama yang didaur ulang.  Sistem pendauran ulang udara ini akan meningkatkan konsentrasi zat-zat pencemar dalam ruangan itu.  Zat-zat pencemar ini akan dapat berakibat buruk karena mempengaruhi kesehatan dan produktivitas kerja.

Sangat sedikit yang diketahui tentang dampak jangka panjang pencemaran udara ruangan ber-AC terhadap kesehatan.  Akan tetapi, sekarang telah banyak studi yang membuahkan bukti ilmiah bahwa asap rokok yang beredar dalam ruangan yang ber-AC berbahaya juga bagi yang tidak merokok yang berada dalam ruangan itu. Seorang yang tidak merokok yang menghirup asap rokok yang berasal dari seorang yang sedang merokok disebut perokok pasif.

Pada waktu sedang merokok, bukan hanya kedua paru-paru si perokok yang akan tercemar, paru-paru orang lain yang berada di sekitarnya juga ikut tercemar.  Asap rokok yang dihirup oleh si perokok pasif dapat berasal dari: pertama, dari ujung rokok yang sedang terbakar, dan kedua, asap rokok yang dihembuskan ke luar oleh si perokok aktif.  Semua zat racun yang terdapat dalam asap rokok dari sumber pertama diedarkan langsung ke udara sekitarnya.  Sedangkan jumlah racun yang tersisa dalam asap rokok dari sumber kedua tergantung kepada berapa dalam asap rokok itu dihisap sebelum dihembuskan ke luar oleh si perokok itu.

Secara nasional, Biro Kesehatan Lingkungan serta Badan Kesehatan dan Keselamatan Kerja negara Amerika Serikat menetapkan bahwa konsentrasi karbon monoksida di tempat kerja tidak boleh melebihi 50 ppm (parts per million) selama 8 jam kerja.  Akan tetapi, banyak kantor ber-AC yang konsentrassi karbon monoksidanya akan melebihi angka itu, jika di dalamnya banyak pegawai yang merokok dan jika pada saat yang sama sistem ventilasinya kurang baik.  Riset yang dilakukan oleh lembaga yang sama menunjukkan, bahwa gedung ber-AC yang memiliki ventilasi yang baik sekalipun bisa memiliki konsentrasi karbon monoksida yang lebih tinggi daripada udara kotor kota besar, jika memang banyak yang merokok dalam ruangan itu.

Hasil riset Dr. H. Hess yang dilaporkan dalam majalah Clinical Research menunjukkan bahwa konsentrasi karbon monoksida dalam darah seseorang yang berada dalam ruang yang penuh asap rokok, dapat menyamai darah seseorang yang telah mengisap  5–10 batang rokok. Angka konsentrasinya yang tepat tergantung kepada berapa lama dia berada dalam ruangan itu dan berapa tebal asap rokok yang terdapat di dalamnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seseorang yang sama sekali tidak pernah merokok dapat memiliki peluang yang cukup besar untuk menderita penyakit yang diderita oleh seorang perokok. Hal ini benar jika ia selalu berdampingan dengan mereka yang merokok.

Penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang salah satu orang tuanya adalah perokok, memiliki risiko 60% lebih besar untuk menderita radang paru-paru dan bronkitis. Risiko ini 120% lebih besar bagi anak yang kedua orang tuanya adalah perokok. Adalah suatu perkembangan yang besar dimana bahwa di DKI Jakarta sudah ada larangan untuk merokok di tempat umum.  Namun, saat ini kendalanya adalah banyaknya orang yang tetap masih melanggar aturan ini.  Semoga propinsi-propinsi lainnya pun akan mengikuti terobosan yang bijaksana ini.

Ketiga riset yang dilakukan di Yunani oleh Dr. D. Trichopoulos, dkk., di Jepang oleh Dr. T. Hirayama, serta di Amerika Serikat oleh Dr. G. H. Miller memberikan hasil yang sama yaitu: “ Peluang untuk mendapat kanker paru-paru bagi seorang istri yang suaminya adalah perokok jauh lebih besar daripada yang suaminya tidak merokok.”

Riset Dr. M. Shigeru dari Kyoto School of Medicine bekerja sama dengan Japan Tobacco Corporation dan Departmen Pendidikan negara sakura ini menghasilkan tiga resolusi yang di publikasikan di New England Journal of Medicine. Rangkuman ketiga resolusi itu menyatakan bahwa: “Sebaiknya perokok dilarang merokok di sekitar mereka yang tidak merokok.”

Banyak pegawai kantor yang bukan perokok enggan melarang rekan sekerjanya yang merokok dalam ruangan tempat mereka bekerja, sebab mereka merasa bahwa sepatutnya pihak manajemenlah yang pantas menegur mereka.  Memang akan sulit bagi si perokok untuk tidak merokok sepanjang jam kerja.  Untuk itu, perlu disediakan tempat-tempat khusus dimana seorang pegawai dapat merokok tanpa harus meracuni rekan sekerjanya yang tidak merokok.

Telah dibahas sebelumnya bahwa merokok jelas mengganggu kesehatan.  Selanjutnya akan dibahas bahwa daya saing satu perusahaan akan berkurang jika kesehatan pegawainya terganggu. Dengan demikian, tidaklah sulit untuk menyimpulkan bahwa pencemaran ruangan kerja yang ber–AC oleh asap rokok dapat mengurangi daya saing satu perusahaan dalam dunia bisnis yang dipengaruhi oleh persaingan yang ketat.

Thursday, 17 October 2013

Seberapa penting olahraga bagi kesehatan tubuh?

Hasil riset atas 17 alumni Harvard University yang dijalankan selama 16 tahun, menampilkan analisis hubungan antara olahraga dan penyakit jantung.  Riset ini telah membuktikan untuk pertama kalinya secara kuat dan secara ilmiah, bahwa mereka yang tidak aktif berolahraga lebih cenderung untuk mengidap penyakit jantung.  Mereka memiliki dua kali lipat peluang akan mati karena penyakit jantung, jika dibandingkan dengan mereka yang sangat aktif berolahraga.  Hasil riset tersebut juga membuktikan bahwa mereka yang tidak aktif berolahraga berumur 4-5 tahun lebih pendek.

Yang lebih mengagetkan lagi adalah pernyataan yang dikeluarkan oleh Dr. Ralph Paffenbarger seorang epidemiologis yang memimpin riset diatas.  Pernyataan beliau menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga dengan sedang (tidak keras) memiliki keuntungan-keuntungan yang lebih besar daripada mereka yang berolahraga dengan keras.




beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh, manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani jenis olahraga, tips olahraga, olahraga untuk otakApakah sebenarnya yang dimaksud dengan olahraga tingkat sedang, yaitu yang tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu ringan?

Studi di atas menunjukkan bahwa kelompok yang memiliki penyakit jantung koroner (PJK) yang paling sedikit adalah mereka yang mempunyai kebiasaan untuk berjalan kaki, menaiki tangga, dan olahraga lainnya sehingga setiap minggunya kegiatan olahraga ini membakar paling sedikit 2000 kalori.  Inilah kegiatan olahraga yang tergolong dalam tingkat sedang.

Mereka yang digolongkan tidak aktif berolahraga adalah mereka yang membakar tidak lebih dari 500 kalori/minggu dalam kegiatan olahraga. Grup ini memiliki 85% risiko yang lebih tinggi untuk mati karena serangan jantung. Angka kematian mereka secara keseluruhan dari segala penyebab kematian adalah 63% lebih tinggi.

Bagaimanapun tingkat ketidakaktifan gaya hidup seseorang, kesehatan serta kebugarannya tetap akan dapat ditingkatkan. Hasil riset para pakar kesehatan dari Oregon University menunjukkan bahwa gejala-gejala penyakit kardiovaskuler dapat dikurangi dengan berolahraga hanya 3 kali seminggu. Demikian juga yang dilaporkan oleh Dr. Peter Woods, seorang ahli biokimia dari Stanford University. Dalam penelitiannya ia menemukan bahwa olahraga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini juga berarti akan ada penurunan risiko Penyakit Jantung Koroner.

Berolahraga dengan sedang yaitu membakar sekitar 2000 kalori per minggu. Contohnya: Berjalan agak cepat membutuhkan kira-kira 4,50 kalori per menitnya. Dengan berjalan cepat selama 4 jam seminggu ditambah dengan naik tangga atau berkebun, dan sebagainya, maka seorang akan dengan mudah membakar 2000 kalori per minggunya.

Menurut atauran mainnya. Olahraga dikatakan cukup jika telah memenuhi prinsip FIT (Frequency-Intensity-Time). Frequency: paling sedikit 3 kali seminggu. Intensity: mencapai denyutan nadi sebesar 70-85% dari denyutan Nadi Maksimum yaitu angka 220 dikurangi umur anda. Time: paling sedikit 20 menit.


Jenis OlahragaEnergi yang terbakar kal/menit
Berat tubuh (kg)
47-5257-6272-7782-87
Golf, dengan handcrat3,253, 754,414,91
Baseball, fielder3, 664,164,915,41
Berjalan, 5 km/jam3,904,505,305,80
Hiking, dengan beban 9 kg, 3 km/jam3,914,505,255,83
Mesin dayung, pelan3,914,505,255,83
Berenang, 20 m/menit3,914,505,255,83
Badminton, tunggal4,585,166,166,75
Senam, kalistenik3,914,507,337,91
Berkebun, mencangkul, cabut rumput5,085,756,837,50
Bersepeda, 2 roda 5,416,167,33-
Tenis, ganda5,586,337,508,25
Senam aerobik5,836,587,838,58
Naik tangga5,906,707,908,80
Bola basket, setengah lapangan7,258,259,7510,75
Bola volley7,838,9110,5011,52
Joging, 9 km/jam8,589,7511,5012,66
Berlari, 10 km/jam8,9010,2012,0013,20
Bersepeda, satu roda11,6613,2515,5817,16

Wednesday, 16 October 2013

Mengetahui Penyebab Stroke


Sebagaimana artikel sebelumnya telah dibahas mengenai apa itu stroke dan cara pencegahannya. Kali ini kita bahasa beberapa faktor risiko atau penyebab stroke. Ada beberapa penyebab atau faktor terjadinya stroke antara lain; 

(1) Penyakit darah tinggi (hipertensi)
(2) Penyakit kencing manis (diabetes melitus)
(3) Hiperkolesterol
(4) Migrain
(4) Perokok
(5)    Peminum alkohol berat
(6) Penyakit jantung 
 (7) Gangguan pembuluh darah otak sepintas (TIA)

Penyakit atau keadaan yang menyebabkan atau memperparah stroke disebut dengan Faktor Risiko Stroke. Penyakit tersebut di atas antara lain Hipertensi, Penyakit Jantung, Diabetes Mellitus, Hiperlipidemia (peninggian kadar lipid dalam darah). Keadaan yang dapat menyebabkan stroke adalah usia lanjut, obesitas, merokok, suku bangsa (negro/spanyol), jenis kelamin (pria), kurang olah raga.(Haryonosuyono).

Usia merupakan faktor risiko stroke, semakin tua usia maka risiko terkena strokenya pun semakin tinggi. Namun, sekarang kaum usia produktif perlu waspada terhadap ancaman stroke. Pada usia produktif, stroke dapat menyerang terutama pada mereka yang gemar mengkonsumsi makanan berlemak dan narkoba (walau belum memiliki angka yang pasti).

Life style alias gaya hidup selalu menjadi kambing hitam berbagai penyakit yang menyerang usia produktif. Generasi muda sering menerapkan pola makan yang tidak sehat dengan seringnya mengkonsumsi makanan siap saji yang sarat dengan lemak dan kolesterol tapi rendah serat.

Obesitas

Parameter yang digunakan disebut Indeks Massa Tubuh (IMT) yang dapat drumuskan sebagai berikut: Berat Badan (dalam satuan kilogram) (Tinggi Badan)2 (dalam satuan meter) Untuk standart Asia (Asia-Pacific Perspective, Feb 2000), apabila IMT yang didapat adalah:
>23 kg/m2: Overweight
>25 kg/m2: Obesitas

Penelitian membuktikan semakin tinggi IMT seseorang atau semakin berlebiih massa lemak dalam tubuh seseorang, maka resiko orang tersebut mengidap penyakit jantung, diabetes, dan kelainan profil lemak juga semakin tinggi. Selanjutnya bila obesitas sebagai sumber permasalahannya tidak ditangani, maka resiko kematian juga lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak obesitas. Bahkan pada tahun 1998, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencanangkan obesitas sebagai penyebab kematian kedua di dunia setelah merokok. Penurunan berat badan yang tidak disebabkan oleh berkurangnya massa lemak dalam tubuh, tidak mengurangi resiko obesitas. Contohnya penurunan berat badan akibat berkurangnya cairan dalam tubuh (misalnya diare atau penggunaan obat obatan golongan diuretik). (Rina Triana dan Ahmad Hidaya Masalah Obesitas)

Hipertensi

Hipertensi adalah tekanan darah yang abnormal tinggi atau seperti keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal yang mengakibatkan peningkatan angka kesakitan dan kematian.
Tekanan darah mempunyai dua komponen kekuatan pendorong yang di sebut tekanan sistolik serta berpengaruh pada darah karena kontraksi otot jantung dan kekuatan penahan atau tegangan yang di sebut teknan diastolik pada dinding pembuluh darah yang lebih kecil yang mengalirkan darah dan mempercepat tekanan darah pada waktu jantung mengendor antara denyut.

Tekanan darah pada orang dewasa yang tergolong normal berkisar 130 sampai 140 sistolik dan 70 sampai 90 diastolik.Tekanan darah biasanya di tulis sebagai suatu rasio dari kedua tekanan itu sehingga misalnya kita mempunyai tekanan darah 135/80 artinya tekanan sistoliknya 135 mmHg dan diastoliknya 80 mmHg.
Berdasarkan penyebabnya Hipertensi di bagi menjadi 3 bagian yaitu:
a) Hipertensi esensial atau primer.yaitu penyebabnya masih belum diketahui.
b) Hipertensi sekunder.jenis hipertensi ini penyebabnya dapat di ketahui antara lain kelainan pada pembuluh darah ginjal,gangguan kelenjar tiroid atau penyakit-penyakit kelenjar atrenal.

Migrain

Seseorang yang menderita migrain mungkin mengalami peningkatan risiko stroke iskemik, terutama jika sakit kepala disertai dengan aura, sebuah meta-analisis menunjukkan Dalam analisis dari sembilan studi, migrain dikaitkan dengan 73% lebih besar risiko akan stroke iskemik,(Elizabet loder,2009, MD, dari Brigham and Women's Hospita dan rekan melaporkan secara online di British Medical Journal).

Risiko stroke iskemik ini meningkat di antara perempuan, dan orang-orang yang lebih muda dari 45 tahun, perokok, dan wanita mengambil kontrasepsi oral.

Dalam tajuk rencana, Elizabeth Loder, MD, MPH, juga dari Brigham and Women's Hospital, mengatakan temuan ini harus ditafsirkan dengan hati-hati "karena jumlah studi yang terlalu kecil untuk memeriksa risiko dalam subkelompok." pasien yang mengalami migrain dengan aura harus diamati secara teliti dan diobati secara agresif untuk faktor risiko kardiovaskular.

Menurut Schurks 10% sampai 20% dari populasi yang mengalami migrain, dimana perempuan kira-kira empat kali lebih mungkin untuk mendapatkan risikonya daripada laki-laki. Sampai dengan sepertiga penderita migrain memiliki aura.

Sebuah meta-analisis sebelumnya menemukan hubungan antara migrain dan stroke iskemik, meskipun tidak membedakan antara migrain pada subkelompok atau yang memeriksa risiko kejadian kardiovaskular lainnya.Untuk mengeksplorasi masalah yang termasuk studi baru, para peneliti melakukan kajian sistematis dan meta-analisis literatur yang ada.Sembilan studi pengamatan mengevaluasi hubungan antara setiap migrain dan stroke iskemik, empat menemukan hubungan yang bermakna dan lima tidak. Analisis yang terkumpul mengindikasikan peningkatan risiko stroke iskemik pada penderita migrain.Risiko ini meningkat di antara orang-orang dengan aura, pada perempuan, individu lebih muda dari 45 tahun, perokok  dan perempuan yang menggunakan kontrasepsi oral .

Berdasarkan temuan ini, para peneliti merekomendasikan bahwa wanita muda yang menderita migrain dengan aura menjadi sangat dianjurkan untuk berhenti merokok. Metode pengendalian kelahiran selain kontrasepsi oral dapat dianggap juga, kata mereka.Analisis tambahan mengidentifikasi hubungan antara migrain dan serangan iskemik transien dan angina .Tidak ada asosiasi yang signifikan antara migrain dan hemorrhagic stroke, infark miokard, atau kematian akibat penyakit jantung."Firm bukti tentang asosiasi migrain dan lain-lain pada peristiwa vaskular iskemik yang kurang," kata para peneliti."Oleh karena itu," mereka melanjutkan, "pasien yang menderita migrain harus diperlakukan sama dengan pasien lain tanpa migrain: mereka harus diperiksa untuk mengetahui faktor-faktor risiko kardiovaskular tradisional dan, jika sesuai, faktor-faktor risiko ini harus diubah."

Tuesday, 15 October 2013

Mengenal Stroke dan Pencegahannya

Setiap tahun kurang lebih 15 juta orang di seluruh dunia terserang stroke. Di Amerika Serikat sekitar 5 juta orang pernah mengalami stroke. Sedangkan di Inggris sekitar 250.000 orang. Kasus stroke meningkat di negara maju seperti Amerika dimana kegemukan dan junk food telah mewabah. Berdasarkan data statistik di Amerika, setiap tahun terjadi 750.000 kasus stroke baru di Amerika. Dari data tersebut menunjukkan bahwa setiap 45 menit, ada satu orang di Amerika yang terkena serangan stroke.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa setiap tahunnya 3 juta penduduk dunia meninggal karena penyakit yang berkaitan dengan merokok. Dan pada tahun 1025 diperkirakan akan membengkak menjadi 8 juta kematian akibat rokok,sebagian besar wanita.(faisal yatim,2005).
Di Indonesia, stroke menyerang 35,8 % pasien usia lanjut dan 12,9 % pada usia yang lebih muda. Jumlah total penderita stroke di Indonesia diperkirakan 500.000 setiap tahun. Dari jumlah itu, sekitar 2,5% atau 250.000 orang meninggal dunia, dan sisanya cacat ringan maupun berat.

Angka kematian pada pria dan wanita relative sama, tetapi angka kematian di Negara-negara yang miskin dan sedang berkembang, jauh lebih besar dari pada angka kematian stroke di negara-negara maju. Angka kejadian stroke di Indonesia meningkat dengan tajam. Bahkan saat ini Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita stroke terbesar di Asia, karena berbagai sebab selain penyakit degeneratif, dan terbanyak karena stres. Ini sangat memprihatinkan mengingat Insan Pasca Stroke (IPS) biasanya merasa rendah diri dan emosinya tidak terkontrol dan selalu ingin diperhatikan. Tahun 2020 diperkirakan 7.6 juta orang akan meninggal karena stroke. Stroke terjadi bila pembuluh darah di otak pecah atau tersumbat, yang mengakibatkan gejala-gejala yang berlangsung lebih dari 24 jam. (Supriadi Asikin,2007)

Di Indonesia, diperkirakan setiap tahun terjadi 500.000 penduduk terkena serangan stroke, sekitar 2,5 % atau 125.000 orang meninggal, dan sisanya cacat ringan maupun berat.Jumlah penderita stroke cenderung terus meningkat setiap tahun, bukan hanya menyerang penduduk usia tua, tetapi juga dialami oleh mereka yang berusia muda dan produktif. Secara ekonomi, dampak dari insiden ini prevalensi dan akibat kecacatan karena stroke akan memberikan pengaruh terhadap menurunnya produktivitas dan kemampuan ekonomi, mulai dari ekonomi tingkat keluarga sampai pengaruhnya terhadap beban ekonomi masyarakat dan bangsa. (Jusuf misbah,2007).


Stroke berasal dari kata strike berarti pukulan pada sel otak serangan otak yang timbulnya mendadak yang diakibatkan gangguan aliran darah pada pembuluh darah otak tersumbat atau pecahnya pembuluh darah otak.(faisal yatim,2005)
Stroke mempunyai lima tanda-tanda utama yang harus dimengerti dan sangat difahami, agar semua orang mempunyai kewaspadaan yang tinggi terhadap bahaya serangan stroke yaitu:
  1. Rasa bebal atau mati mendadak atau kehilangan rasa dan lemas   pada muka, tangan atau kaki, terutama pada satu bagian tubuh saja
  2. Rasa bingung yang mendadak, sulit bicara atau sulit mengerti
  3. Satu mata atau kedua matamendadak kabur
  4. Mendadak sukar berjalan, terhuyung dan kehilangan keseimbangan
  5. Mendadak merasa pusing dan sakit kepala tanpa diketahui sebab musababnya/Selain itu harus dijelaskan pula kemungkinan munculnya tanda-tanda ikutan lain yang bisa timbul dan atau harus diwaspadai
  6. Rasa mual, panas dan sangat sering muntah-muntah
  7. Rasa pingsan mendadak, atau merasa hilang kesadaran secara mendadak.(HaryonoSuyono) 

Pencegahan Stroke

(1)    Dengan menjalankan perilaku hidup sehat sejak dini.
(2)    Pengendalian faktor-faktor risiko secara optimal harus dijalankan.
(3)    Kelakukan medical check up secara rutin dan berkala dan si pasien harus mengenali tanda-tanda dini stroke.
Untuk mencegah "the silent killer" ini maka seseorang dianjurkan untuk mengurangi rokok, melakukan olah raga teratur, membatasi minuman beralkohol, dan menghindari stres berlebihan.

Monday, 14 October 2013

Perkembangan motorik anak

PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DAN KASAR

Agar si kecil bisa mencapai dan melewati perkembangannya dengan normal, perlu diberikan stimulasi yang tepat sesuai usianya. Idealnya, perkembangan motorik kasar dan halus si kecil akan diamati setiap berkunjung ke dokter spesialis anak dengan melakukan beberapa tes; apakah anak sudah bisa melakukan suatu gerakan A, misal. Dengan begitu, ketika ada keterlambatan, dokter langsung dapat mengintervensi dan memberi saran pada orang tua.

Tes yang umum dilakukan untuk memantau perkembangan motorik adalah tes Denver. Tes ini membagi perkembangan anak jadi empat, yaitu perkembangan personal sosial, perkembangan bahasa, serta perkembangan motorik kasar dan motorik halus adaptif. Perkembangan bayi akan diamati setiap 1 bulan sekali. Sedangkan balita, atau tepatnya setelah anak menginjak usia 2 tahun ke atas, cukup 3 bulan sekali.

Tes Denver ini, terang Ika Widiawati, lulusan Fakultas Psikologi UI, semacam checklist untuk mempermudah pemantauan akan perkembangan anak. Apakah anak sesuai dengan perkembangan usianya saat itu atau tidak. "Kalau misalnya anak terlambat, kita harus tahu pasti, bagian mana yang terlambat. Apakah perkembangan motorik halus, motorik kasar, bahasa atau personal sosialnya." Bila sudah diketahui, misal, "O, anak ini hanya perkembangan motoriknya saja yang terganggu, yang lain sesuai." Maka terapinya akan ditekankan ke situ.

Namun, jangan buru-buru menganggap si kecil mengalami kelainan, karena siapa tahu yang jadi penyebab justru kurangnya stimulasi. Itu sebab, bila terjadi keterlambatan, kita harus tahu persis penyebabnya. "Tak heran seorang psikolog akan bertanya bagaimana pola pengasuhan orang tua terhadap anaknya. Bukan tak mungkin orang tua yang overprotective akan membuat anak sulit berkembang. Kalau ini masalahnya, jelas orang tuanya yang perlu diterapi. Harus di beri penjelasan tentang dan cara-cara melakukan stimulasi pada anak."

Tapi kalau semua perkembangan anak terlambat, dari perkembangan bahasa, personal sosial, motorik kasar dan halusnya, maka anak dinyatakan mengalami retardasi mental/keterbelakangan mental. Misal, anak usia 3 tahun namun kemampuan motorik halus, kasar, termasuk berbahasa dan sosialnya, masih setara dengan anak usia 1 tahun 8 bulan.

Yang jelas, bila masalahnya berhubungan dengan motorik kasar, anak akan menjalani fisioterapi. Sedangkan jika masalahnya pada motorik halus, ia akan menjalani terapi okupasi. Untuk keterlambatan bahasa, tentu anak akan menjalani terapi wicara, dan sebagainya.

Manfaat dibalik demam anak

Sampai akhir abad ke-19 para dokter percaya bahwa demam yang sedang akan menguntungkan tubuh dalam memerangi kuman-kuman yang memasukinya.  Contohnya, tiga ratus tahun yang lalu seorang dokter Inggris yang bernama Thomas Syndenhan menyebutkan demam sebagai “Alat perang alamiah yang digunakan tubuh untuk memusnahkan musuhnya”.

Akan tetapi, sekitar seratus tahun yang lalu, ketika ditemukannya obat penghilang demam (aspirin), pemikiran tersebut mengalami perubahan yang drastis.  Sehingga banyak dokter yang menganjurkan penggunaan aspirin sebagai penghilang demam.  Akan tetapi, sekarang banyak bukti yang menunjukkan bahwa sesungguhnya, demam menolong tubuh dalam memerangi penyakit, sebagaimana terlihat dalam proses timbulnya demam tersebut.  Demam timbul jika suhu tubuh melebihi suhu normal (37C).

efek dan manfaat dibalik demam

Sewaktu virus atau bakeri berhasil menyusup masuk ke dalam tubuh, maka sel darah putih akan diaktifkan untuk menyerang dan menghancurkan penyusup tersebut.  Kehadiran kuman ini merangsang sel darah putih untuk melepaskan suatu zat yang disebut Pirogen Endogenus yang terbawa oleh aliran darah ke otak, lalu meningkatkan kadar satu zat yang disebut prostaglandin di bagian hipotalamusnya.  Zat prostaglandin ini kemudian akan “memutar” tombol termostat dalam tubuh ke suhu yang lebih tinggi, sehingga seseorang akan merasa kedinginan walaupun suhu tubuhnya adalah normal.  Pirogen endogenus sangat ampuh dalam mengubah termostat tubuh sehingga hanya dalam jumlah beberapa nanogram saja (1 gram = 1.000.000.000 nanogram), zat ini dapat menimbulkan demam yang sangat tinggi pada hewan.

Oleh karena sekarang merasa kedinginan, maka tubuh akan menggigil untuk meningkatkan proses pembakaran energinya.  Proses meningkatkan pembakaran dalam tubuh ini akan menyerupai apa yang terjadi sewaktu seseorang sedang berolahraga keras. Itulah sebabnya mengapa seseorang merasa lelah sewaktu demam.

Seorang yang menderita demam akan cenderung melakukan kegiatan penghasil panas lainnya seperti mengenakan baju dan selimut yang tebal, dan meminum air hangat.  Dengan meningkatnya pembakaran dalam tubuh, maka akan dibutuhkan oksigen yang lebih banyak sehingga pernapasan akan terjadi lebih cepat.  Si penderita akan mengalami rasa haus dan tenggorokan kering.  Ini disebabkan oleh cepatnya pernapasan serta penguapan air melalui kulit dan rusaknya lapisan lendir pada tenggorokannya.

Terciptanya suhu tubuh yang lebih tinggi ini akan merangsang pembuatan dan pengelepasan dua unsur penting sistem imun (kekebalan) tubuh yaitu: Sel T yang membantu dalam pembentukan antibodi yang akan menyerang kuman yang telah masuk dalam tubuh, dan Interferon yang akan memerangi virus jika kuman yang masuk ke dalam tubuh itu adalah virus.

Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari demam adalah banyak kuman yang sulit berkembang biak pada lingkungan yang bersuhu tinggi.  Ini disebabkan karena pirogen endogenus akan mengurangi jumlah zat besi dalam darah. Padahal jika berada dalam lingkungan bersuhu tinggi kuman tersebut memerlukan lebih banyak zat besi agar dapat hidup dan berkembang biak.

Banyak dokter yang telah percaya bahwa demam adalah cara alamiah yang lebih baik dalam memerangi kuman daripada aspirin atau antibiotik. Tetapi, demam tinggi (di atas 38C) atau demam sedang yang bertahan lebih dari satu atau dua hari tidaklah baik bagi kita.

Di samping itu, demam tinggi juga tidak baik bagi mereka yang sakit jantung, serta bagi mereka yang berusia sangat muda maupun sangat tua. Pada anak-anak kecil demam tinggi dapat menimbulkan kejang tubuh. Demam ini dapat juga mengurangi kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi. Pada orang tertentu demam dapat menyebabkan pingsan dan mengigau.

Demam adalah indikator penting akan adanya infeksi. Demam tinggi yang berkepanjangan yang disertai oleh gejala-gejala lainnya menunjukkan adanya penyakit sehingga perlu diperiksakan ke dokter.

Lain kali, jika badan terasa sedikit kurang nyaman, berolahragalah. Sebab olahraga adalah salah satu cara yang paling pasti untuk dapat menaikkan suhu tubuh. Jika suhu tubuh anda naik sendiri sampai 38C tanpa adanya gejala-gejala lainnya, jangan khawatir. Sebab, itu berarti tubuh sedang memerangi kuman-kuman yang sedang menyerangnya

Sunday, 13 October 2013

Lowongan Bidan Perawat Terbaru

Loker Perawat / Paramedis

International SOS adalah perusahaan berskala internasional di bidang kesehatan, yang juga memberikan bantuan layanan medis dan keamanan serta concierge. Perusahaan ini didirikan di Indonesia pada tahun 1984 dan sekarang mempekerjakan lebih dari 6.000 orang di seluruh dunia, dengan kantor di lebih dari 70 negara. Perusahaan bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis di seluruh Indonesia.
Kami mencari profesional muda yg berbakat untuk bergabung dengan perusahaan kami sebagai :
PARAMEDIS ATAU PERAWAT
Kami memerlukan Paramedis atau Perawat untuk membantu kami melayani pelanggan kami saat ini dan mengembangkan bisnis kami dengan mereka .
Dalam peran yang menantang ini Anda akan mengembangkan kemitraan dengan pelanggan saat ini, memahami perubahan kebutuhan mereka dan membantu mereka menemukan solusi untuk mengatasi masalah perusahaan mereka.
Kualifikasi :
- Pria / Wanita
- Lulusan D3 Keperawatan atau NERS, yang memiliki STR
- Kemampuan bahasa inggris dan bahasa Indonesia yang baik
- Bekerja dengan baik dalam tim serta mampu secara efektif memberikan hasil secara individual. Pemain tim dengan kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik.
- Pengalaman medis minimal 2 tahun.
- Bersedia ditugaskan ke lokasi terpencil di seluruh Indonesia.
Silakan mengirimkan aplikasi Anda dengan foto terbaru dan curriculum vitae serta ijazah dan sertifikat ke:
PT. Asih Eka Abadi (International SOS)
Human Resources Dept.
Jl.RAMBU No 17, RT 005 RW 06, Cipete Selatan, Jakarta Selatan 12410
E-mail : david.gunawan@internationalsos.com
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kami silahkan kunjungi ke : www.sosindonesia.com
atau ,
Anda bisa menghubungi kami di :
08119937542 (David Gunawan Putra), 021-7505973 ext 8406 (Paulus Manurung)

 

Klinik Rawat Inap Permata Gading

OPEN RECRUITMEN tahap 3
Dibutuhkan segera:
1. Perawat jaga (9)
2. Bidan jaga (2)
3. Analis laborat (1)
4. Asisten apoteker (1)
Lamaran ditujukan langsung kpd direktur utama Klinik Rawat Inap Permata Gading dr.Aji Yusworo Gadingwatu RT 03 RW 04 Kec. Menganti Kab.Gresik kode pos 61174 Dgn menyertakan CV. FC ijazah legalisir. FC STR legalisir. Sertifikat.disediakan mess gratis bagi pelamar luar kota

Anda tidak suka berolahraga? Baca ini.

Dengan mendengar kata “olahraga”, maka terbayanglah keringat, rasa sakit, kehabisan napas, pusing, dan sebagainya.  Memang hal inilah yang membuat beberapa orang enggan untuk berolahraga.  Boleh jadi olahraga sering diasosiasikan dengan hukuman seperti lompat katak, push-up, dan sebagainya sehingga ada yang sangat tidak menyukainya.  Kemungkinan juga, ada yang tidak menyukai olahraga karena pernah mengalami cidera sewaktu melakukannya. 

Yang jelas, tidak ada yang akan mau melakukan sesuatu yang melelahkan jika tidak menyenanginya.  Walaupun ia mau, mungkin ia tidak akan bertahan lama dalam melakukannya.
Pada tahun 1981 dilakukan survei kebugaran atas 13.500 rumah tangga di Kanada tentang sikap masyarakat terhadap olahraga.  Riset itu menunjukkan bahwa rasa senang merupakan faktor penting dalam minat seseorang pada olahraga.  Hasil survei tersebut menyatakan bahwa bagi pria, alasan yang kedua mengapa mereka aktif berolahraga adalah karena olahraga “menyenangkan” setelah alasan yang pertama, yaitu karena olahraga “mengontrol berat badan”.

Kita dapat mengamati secara langsung bahwa bagi sekelompok orang, olahraga adalah “candu” yang membuat mereka ketagihan.  Sesuatu  akan mencandu jika hal tersebut dinikmati secara menyenangkan. Penyelidikan menunjukkan bahwa orang dapat kecanduan olahraga oleh karena kebiasaan itu dapat mengurangi rasa cemas, menghilangkan ketegangan amarah yang meluap-luap.

Untuk ilustrasi nyata, perhatikanlah bahwa tidak ada yang lebih alamiah daripada kecenderungan anak-anak untuk bermain.  Mereka suka bermain-main walaupun meletihkan.  Mereka bersedia menanggung risiko kepanasan, keringat, kotor karena becek, dan dimarahi oleh orang tua.  Mereka lakukan itu karena mereka menyenanginya.

Mari berolahraga.  Lakukan olahraga yang menyenangkan.  Entah itu berkebun, berjalan cepat, jogging, badminton, berenang, dan sebagainya.  Tentunya ada jenis olahraga yang lebih baik dari yang lain.  Akan tetapi, olahraga yang terbaik di dunia pun tidak akan memberikan dampak positif jika kita tidak menyenanginya.  Sangat menguntungkan jika kita dapat berolahraga dengan orang lain yang dapat mendorong semangat kita.  Mari kita buat target yang masuk akal dan realistis

Saturday, 12 October 2013

Cara diet yang salah

Ada dua alasan umum mengapa orang ingin menurunkan berat badan, yakni (1) agar tubuhnya kelihatan indah, dan (2) supaya jauh dari berbagai penyakit.  Kedua alasan tersebut adalah baik.  Akan tetapi, banyak yang melakukannya dengan cara yang kurang tepat dan bahkan berbahaya bagi kesehatan.  Kemungkinan, ini disebabkan oleh populernya maupun mudahnya cara tersebut.  Oleh karena tindakan itu dapat merugikan, maka marilah kita perbincangkan kelemahan dari beberapa cara yang salah untuk menurunkan berat badan seperti yang terdapat di bawah ini.

Ada yang berusaha menurunkan berat tubuh dengan tidak makan pagi maupun siang, lalu makan besar pada malam hari.  Makanan “biasa” satu kali satu hari tidaklah cukup.  Sebab tubuh tidak akan dapat memperoleh gizi yang cukup sehingga tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.  Setelah makan “besar” pada malam harinya, tubuh akan sangat dibebani oleh makanan itu karena umumnya, malam adalah waktu untuk beristirahat secara fisik.  Kemudian, energi yang sisa yaitu yang tidak terpakai oleh tubuh malam itu akan disimpan dalam bentuk lemak.  Semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh harus disuplai secara teratur.  Itulah sebabnya setiap orang perlu makan secara teratur.


Jajanan tidak akan dapat menggantikan makanan utama.  Vitamin pun tidak dapat menyediakan protein, lemak, maupun karbohidrat yang memadai bagi tubuh.  Vitamin tambahan yang dimakan akan terbuang begitu saja jika tidak disertai dengan makanan yang seimbang.  Ada yang hanya jajan sebagai pengganti makanan utama dari pagi sampai jam tidur.  Ini sangat tidak baik bagi tubuh sebab kebanyakan jajanan berkalori tinggi, lemak banyak, dan mengandung hanya sedikit dari gizi-gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa perusahaan berusaha mengiklankan produk-produk barunya yang dapat menurunkan berat tubuh.  Ada yang dalam bentuk pil, minuman, dan ada pula yang dalam bentuk paket makanan.  Dr.  Morton B. Glenn, setelah bekerja lebih dari 20 tahun dalam bidang ilmu gizi mengatakan bahwa obat-obatan diet dirancang sedemikian rupa sehingga akan mengurangi nafsu makan, dan banyak di antara berfungsi sebagai perangsang (stimulan).  Selanjutnya dia mengatakan; “pil-pil tersebut akan membuat yang mengkonsumsinya susah tidur, meningkatkan tekanan darah dan denyutan jantung, dan dapat menimbulkan efek sampingan seperti alergi, kecanduan, dan sebagainya.

Saya pernah melihat penjualan sabuk “magnet” yang menurut pembuatnya akan mengurangi lemak pada bagian perut jika dikenakan dalam jangka waktu tertentu.  Dr.  Kenneth Rose dari American Medical Association mengatakan bahwa memang sabuk “magnet” yang dijual di pasaran akan seolah-olah berhasil mengurangi lamak dari lingkaran bagian perut tersebut.  Sebenarnya bukanlah lemak yang dikurangi, melainkan cairan tubuhlah yang “diperas” keluar dari sana dengan menjepitnya.  Sialnya, cairan tersebut akan kembali lagi setelah tidak menggunakan sabuk itu dalam beberapa hari kemudian.

Banyak di antara tips diet yang dijajakan dapat menyebabkan penurunan berat tubuh secara drastis dan cepat.  Akan tetapi, hal ini tidak akan bertahan untuk jangka waktu yang lama sebab menurut para pakar ilmu gizi, banyak dari berat tubuh yang hilang itu adalah berat air yang keluar dari tubuh.

Umumnya, formula diet tidaklah seimbang dalam kandugan gizinya sehingga dapat membahayakan kesehatan jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.  Contohnya, dengan diet protein tinggi seseorang akan kekurangan mineral-mineral, vitamin, dan gizi lainnya.  Jika terlalu banyak protein yang dicerna dalam tubuh, ginjal akan mendapat beban tambahan untuk membuang sisa-sisa nitrogen protein itu.

Profesor Sarah H. Short, dari Syracuse University di AS mengatakan bahwa sangatlah sulit untuk memperoleh semua gizi yang dibutuhkan tubuh dari menu diet yang kurang dari 1200 kalori, yaitu jumlah kalori maksimum dari kebanyakan menu formula diet.

Cara lain untuk mengurangi berat tubuh adalah dengan operasi yaitu dengan memotong usus agar lebih pendek sehingga mengurangi permukaan penyerapannya.  Operasi jenis ini memiliki risiko yang sangat tinggi, dan bahkan dapat lebih berbahaya daripada overweight maupun obesitas itu sendiri.

Riset membuktikan bahwa 95% dari mereka yang berdiet akan overweight kembali setelah berhenti berdiet sebab kebiasaan makan yang lama akan kembali.  Demikiam dinyatakan oleh Dr. Howard Shapiro, Ahli diet dari New York (AS).  Ini disebabkan karena umumnya diet yang menekankan penurunan berat badan secara drastis tidak mengikutsertakan penanggulangan masalah kebiasaan makan.

Memang tidak ada jalan pintas yang baik untuk menurunkan berat badan.

Thursday, 10 October 2013

Cara Berhenti Merokok

Banyak cara dan strategi seseorang untuk memulai kebiasaan merokok, dari mengunyah permen karet, puasa maupun, menghisap rokok elektrik, atau memakai plester nikotin, namun jika Anda tetap kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok, mari disimak artikel mengenai cara merubah kebiasaan/ menghentikan kebiasaan merokok.

Penelitian menunjukkan bahwa 90% dari mereka yang kecanduan rokok ingin berhenti merokok.  Dari tiga perokok yang mencoba untuk berhenti merokok, hanya satu orang yang berhasil.  Ini berarti bahwa dari mereka yang mencoba berhenti merokok hanya 33% yang berhasil.  Mengapa begitu sedikit? Karena memang merokok dapat menjadi suatu kebiasaan yang sulit untuk dilepaskan jika si perokok telah kecanduan.



Hal apa yang menentukan keberhasilan seseorang dalam usahanya untuk berhenti merokok? Satu hal yang pasti adalah faktor kemauan.  Seseorang telah 50% berhasil jika dia benar-benar ingin terlepas dari kebiasaan merokok.  Akan tetapi, mempertahankan keinginan tersebut tidaklah semudah mengatakannya.  Dengan demikian, seseorang perlu benar-benar berniat dan yakin sepenuhnya bahwa sangatlah perlu baginya untuk berhenti merokok, serta yakin bahwa dia akan berhasil.
Tips dan cara berhenti merokok, tahapan-tahapan menghentikan kebiasaan merokok, cara berhenti merokok yang efektif, menghilangkan kecanduan rokok

Ada berbagai cara untuk berhenti merokok dan termasuk di antaranya adalah hipnotis dan bahkan akupuntur.  Namun, dua cara yang paling umum adalah dengan berhenti secara berangsur-angsur, atau secara sekaligus. Seseorang dapat menghilangkan kebiasaan merokok secara berangsur-angsur dengan mengurangi jumlah rokok yang diisapnya hari demi hari selama berbulan-bulan.  Hal ini dapat terbukti sangat menyiksa karena tubuh akan “lapar” nikotin dalam waktu yang cukup lama sehingga kurang efektif.

Ada juga yang mencobanya dengan menggantikan rokoknya dengan rokok yang rendah nikotin dan tar.  Ini pun tidak akan banyak menolong sebab tanpa sadar ia akan mengisap rokok baru itu lebih dalam dan lebih banyak.

Cara yang terbaik, untuk berhenti merokok adalah dengan mengurangi jumlah rokoknya dalam beberapa minggu, lalu berhenti total selama tiga bulan.  Metode inilah yang akan kita bahas di sini.  Metode ini dibagi ke dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap berhenti berangsur-angsur, lalu tahap berhenti total.  Apakah Anda sudah siap? Baik, marilah kita mulai.

Tahap persiapan awal untuk berhenti merokok:

  • Tuliskan semua bahaya yang dapat ditimbulkan oleh rokok bagi kesehatan Anda.
  • Terimalah bahwa semua bahaya di atas mengancam setiap perokok tanpa terkecuali.
  • Buatlah satu daftar yang berisikan semua keuntungan yang dapat diperoleh dari berhenti merokok.
  • Terimalah bahwa keuntungan-keuntungan di atas lebih besar daripada kenikmatan yang diperoleh dari rokok itu.
  • Tentukanlah tanggal dimana Anda akan mulai berhenti total.

Tahap berhenti merokok secara perlahan-lahan


Semua kegiatan untuk tahap selanjutnya, yaitu tahap berhenti berangsur-angsur dapat Anda lakukan selama 30 hari sebelum berhenti total:
Untuk hari pertama jatahlah rokok Anda lebih sedikit daripada hari sebelumnya, hari kedua lebih sedikit daripada hari pertama dan selanjutnya sehingga rokok yang Anda isap semakin hari semakin berkurang.  Untuk ini, anjuran-anjuran berikut akan dapat menolong Anda.

(1)    Pada hari pertama tundalah rokok pertama Anda hari itu selama 15 menit, lalu 15 menit lagi lebih lama setiap hari berikutnya.

(2)    Jangan langsung menyulut rokok Anda sewaktu timbul keinginan merokok.  Alihkan perhatian Anda kepada hal lain yang menuntut perhatian aktif seperti meminum air, memulai percakapan dengan rekan kerja Anda, dan sebagainya.

(3)    Setelah selesai makan, segera tinggalkan meja makan lalu pergi berjalan-jalan ke luar atau menyikat gigi Anda.

(4)    Matikan rokok Anda setelah setengah habis.

(5)    Jangan kosongkan asbak Anda sampai seminggu, lalu kosongkan isinya ke dalam gelas kaca.  Kumpulkan puntung rokok ini sampai satu bulan.  Puntung rokok yang “basi” akan kurang sedap dipandang.

(6)    Bungkuslah rokok Anda dengan kertas lalu simpan di tempat yang tidak mudah dijangkau.

(7)    Cobalah merokok dengan tangan yang tidak bisa Anda gunakan.

(8)    Tentukan periode waktu “tanpa rokok” lalu secara berangsur-angsur perpanjang waktu ini.
  • Selalu pilih “no smoking area” sewaktu berpergian dengan kereta api atau kapal terbang.
  • Hentikan segala kegiatan Anda sewaktu merokok, sekalipun sewaktu Anda sedang mengemudi mobil.  Pusatkan pikiran Anda pada rokok yang sedang Anda hisap.
  • Berolahragalah lebih banyak dan lebih sering.  Lama-kelamaan Anda akan lebih ingin berhenti merokok.
  • Dapatkan dukungan moril dari seseorang yang mendukung rencana Anda.  Misalnya, seseorang yang juga sedang berusaha berhenti merokok.

Tahapan berhenti merokok secara total


Untuk tahap berhenti total, selalu ingatkan diri Anda bahwa Anda sedang memasuki awal kehidupan yang bersih dari rokok gantinya memandangnya sebagai akhir status Anda sebagai perokok.  Dengan kata lain, pandanglah bahwa Anda sedang menambahkan sesuatu yang baik dalam kehidupan Anda gantinya sedang mengurangi sesuatu yang telah Anda nikmati selama ini.  Perkuat kemampuan Anda dengan merenungkan kembali keuntungan-keuntungan yang akan Anda peroleh setelah berhenti merokok, lalu,..............
  • Sediakan sebuah kalender untuk penjadwalan 90 hari pertama tanpa rokok.  Lalu coretlah setiap hari yang Anda telah lalui tanpa rokok.
  • Buang semua rokok dan benda yang berhubungan dengan rokok seperti asbak, pipa, korek api, dan sebagainya.
  • Hindarilah makanan dan minuman yang biasa Anda makan atau minum sewaktu merokok.
  • Usahakanlah agar Anda selalu sibuk.
  • Pusatkan pikiran Anda pada usaha Anda untuk tidak merokok selama satu hari itu saja gantinya pada ke sekian puluh hari lagi yang harus Anda tempuh tanpa rokok.
  • Buat diri Anda sibuk melakukan segala kegiatan di kantor maupun di luar kantor.
  • Buatlah jari-jari Anda sibuk dengan memegang pulpen, penjepit kertas, kalkulator, dan sebagainya.  Pada saat mulut Anda terasa “gatal” kunyahlah permen, permen karet, atau bahkan sayur mentah seperti wortel, dan sebagainya.
  • Jika Anda mulai merasa tidak sanggup lagi menahan keinginan merokok, tarik napas panjang-panjang beberapa kali, nyalakan korek api kemudian tiup pelan-pelan sampai mati lalu tekan korek tersebut ke dalam asbak sebagaimana Anda mematikan puntung rokok.
  • Jangan menganggap enteng kemampuan sebatang rokok dalam menggagalkan jerih payah Anda.  Jangan hiraukan kata hati Anda yang mengatakan “Ah, hanya sebatang saja, toh nanti saya akan berhenti total setelah itu.”  Jikalau memang akhirnya Anda telah terperdaya, jangan putus asa.  Mulailah kembali usaha Anda untuk berhenti setelah itu.

Jangan lupa bahwa hanya dalam tempo 6 jam setelah berhenti merokok, tubuh Anda akan mengalami proses-proses perbaikan.

Tiga atau empat hari setelah berhenti merokok, darah akan bersih dari nikotin.  Bagi para perokok berat, proses pembersihan ini memerlukan waktu yang lebih lama dari itu.  Sekali nikotin ini tercuci bersih, maka kecanduan fisiologis pun akan hilang.  Akan tetapi, kecanduan psikologis boleh jadi tetap bertahan.

Masa-masa yang paling sulit dilalui adalah hari ketujuh sampai hari kesepuluh setelah berhenti merokok.  Beberapa “mantan perokok” akan memulai merokok kembali pada waktu ini.  Pada hari pertama boleh jadi Anda akan merasa lebih sengsara daripada yang Anda harapkan.  Banyak orang akan mengalami perubahan dalam kebiasaan membuang air besar, “mulut asam”, cepat marah, dan sebagainya.  Sekali lagi kuatkan kemauan Anda.  Ingatlah bahwa hal-hal ini hanya bersifat sementara.
Salah satu kenikmatan yang paling besar yang akan Anda rasakan setelah berhenti merokok adalah: Anda telah merdeka dan dapat mengontrol kehidupan Anda sendiri.

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok

Tidak sedikit orang yang ingin memcoba berhenti merokok, entah karena alasan ekonomi maupun kesehatan. Bagaimanapun kedua faktor tersebut merupakan fakta yang tidak terbantahkan, jelas dengan adanya anggran untuk rokok pasti mengurangi biaya untuk hal yang bermanfaat lainnya. Begitu pula dari aspek kesehatan, selain asapnya mengganggu orang yang bukan perokok, si perokok tersebut juga rentan terhadap gangguan pernafasan.

Seorang perokok memiliki peluang sebesar 5 – 17 kali untuk mati karena kanker paru-paru daripada yang bukan perokok.  Besarnya peluang ini tergantung kepada jumlah rokok yang ia isap setiap harinya, pada umur berapa ia mulai merokok, dan seberapa dalam ia mengisap asap rokoknya.

Sebenarnya banyak perokok yang menyadari dan mengakui bahwa rokok akan menimbulkan kanker dalam tubuh mereka.  Tetapi, mereka tetap tidak mau berhenti merokok dengan alasan bahwa sudah terlambat bagi mereka untuk berhenti.  Mereka merasa sudah terlambat karena percaya bahwa jika memang kanker telah terbentuk dalam tubuh mereka, maka tidak akan ada ampun lagi bagi mereka.

Dahulu, alasan mereka itu memang bisa diterima, mengingat pengetahuan tentang kanker paru-paru memang masih terbatas.  Di samping itu, kanker paru-paru menyerang dengan diam-diam dan baru akan diketahui setelah berkembang sampai tingkat yang sangat membahayakan sehingga akan sangat kecil peluang bagi si penderita untuk disembuhkan.  Namun, sekarang alasan tersebut di atas tidak dapat diterima lagi.

sulitnya seseorang untuk berhenti merokok, cara dan tips serta motivasi bagi si perokok. fakta tentang perokok

Satu riset besar membuktikan bahwa sel-sel normal akan berubah menjadi sel kanker jika dirangsang oleh asap rokok. Sel-sel kanker ini tidak akan berbahaya selama tidak menyebar ke daerah lainnya dalam tubuh. Pada tahap ini sel-sel kanker tersebut membutuhkan rangsangan yang terus-menerus, yang dalam hal ini adalah juga asap rokok, untuk tetap bisa hidup sebagai sel kanker. Akan tetapi, jika rangsangan ini dihentikan untuk jangka waktu 5 tahun atau lebih, maka sel-sel kanker tersebut akan mati lalu hancur.

Jika rangsangan tersebut terus-menerus ada, maka suatu saat sel-sel kanker yang tadinya jinak akan berubah menjadi ganas dengan menyebar ke seluruh tubuh. Sekali menjadi ganas sel-sel ini tidak akan mati walaupun rangsangan yang tadinya mereka butuhkan untuk hidup sama sekali tidak ada lagi.  Riset besar yang menemukan fakta ini dilakukan oleh Dr. Oscar Auerbach selama 13 tahun di Veterans Administration Hospital di East Orange, New Jersey, AS.

Berbicara mengenai kanker paru-paru, seorang yang berhenti merokok pada waktunya dapat menghentikan proses perkembangan kanker ini dalam tubuhnya.  Hal ini bukanlah satu-satunya keuntungan yang bisa didapat dari berhenti merokok.

Hanya dalam jangka waktu 6 jam setelah berhenti merokok, jantung dapat berkerja dengan lebih tenang (dengan normal).  Dalam waktu sesingkat itu juga, peredaran darah ke kulit akan mengalami perbaikan, sehingga kulit akan tampak lebih sehat.  Cobalah bandingkan kesegaran kulit seorang perokok berat dengan yang bukan perokok.

Dalam tempo 12 jam setelah berhenti merokok maka kadar karbon monoksida dalam darah akan menurun secara drastis.  Ini penting sebab karbon monoksida yang terdapat dalam asap rokok akan mengurangi kemampuan darah untuk mengangkut oksigen sampai sebesar 12%.  Dengan demikian, Anda akan dapat bernapas lebih mudah dalam waktu singkat.

Beberapa minggu kemudian sakit kepala dan kejang lambung yang diakibatkan rokok akan menghilang.  Batuk dan dahak pun akan lenyap.  Stamina dan kebugaran akan membaik.  Banyak perokok yang melaporkan bahwa dalam waktu yang tidak lama indera pengecap dan indera pencium mereka akan kembali, normal sehingga mereka dapat lebih menikmati makanan yang mereka santap serta wangi parfum yang ada di sekeliling mereka.

Keuntungan jangka panjangnya pun cukup besar.  Hanya dalam tempo satu tahun maka risiko penyakit jantung akan turun drastis sebesar 33%.  Dalam tempo 2-3 tahun, risiko untuk kanker paru-paru akan menurun sebesar 50%.  Diperlukan waktu 10-15 tahun agar angka risiko kematian dini, kanker paru-paru dan risiko kanker mulut mendekati angka risiko seorang yang bukan perokok.  Dengan demikian, setelah 10-15 tahun berhenti merokok maka keadaan tubuh si perokok akan seolah-olah seperti belum pernah merokok sama sekali.  Proses perbaikan ini akan dipercepat oleh makanan yang baik, olahraga yang teratur, serta faktor-faktor lainnya.

Berhenti merokok bukanlah sesuatu yang mudah apalagi jika kebiasaan ini telah berakar dan melibatkan kecanduan fisiologis.  Dengan penuh humor Mark Twain si penulis yang populer itu pernah berkata: “Sangatlah mudah untuk berhenti merokok.  Saya telah mencobanya seribu kali.”
Nikotinlah yang membuat rokok bersifat mencandu.  Setelah diisap maka nikotin itu akan mencapai otak dalam tempo 7,5 detik.  Kemudian nikotin ini akan merangsang pengeluaran hormon adrenalin yang mempercepat denyut jantung dan pernapasan serta menaikkan tekanan darah.

Hal-hal yang sama jugalah yang terjadi dalam tubuh setelah meminum kopi.  Perubahan-perubahan dalam tubuh tersebut akan menimbulkan perasaan tenang.  Inilah sebabnya mengapa banyak orang menggunakan rokok dan kopi untuk memperoleh perasaan tenang dan untuk memperoleh kembali gairah hidup. Dengan demikian, mereka akan kecanduan sehingga tidak akan bisa berfungsi normal tanpa rokok maupun kopi.

Ada yang merokok agar terangsang untuk lebih “hidup”.  Untuk berhenti merokok dia harus menggantikan rangsangan rokok itu dengan sesuatu yang baik seperti berolahraga jalan sebelum bekerja, menarik napas panjang-panjang, atau apa pun yang lainnya yang dapat mengembalikan semangatnya.

Ada yang merokok untuk menghilangkan stres.  Boleh jadi, dia merasa bahwa tanpa rokok sebagai “tongkat penopang” dia tidak akan dapat berdiri tegak dalam masa krisis atau situasi yang menuntut keberanian dan percaya diri.  Dia perlu meningkatkan kesehatannya sebab seorang yang sehat memiliki rasa percaya diri yang lebih besar.

Uraian selanjutnya akan menolong perokok untuk menghentikan kebiasaan merokok sehingga dia dapat hidup dengan normal tanpa rokok sekalipun.  Apakah Anda ingin terbebas dari kecanduan rokok? Jika jawabannya adalah ya maka uraian selanjutnya akan dapat menolong Anda membebaskan diri dari belenggu rokok.

Wednesday, 9 October 2013

Lowongan Kerja Operator Thiess

LOWONGAN KERJA
1. Mining Operator Hd CAT 773 , 777
2. Mining Operator dozzer D.10/375
3. Mining Operator motor grader 16 H

lowongan kerja sebagai operator PT thiess contractor di Kotabaru kalsel,1. Mining Operator Hd CAT 773 , 777 2. Mining Operator dozzer D.10/375 3. Mining Operator motor grader 16 H

Persyaratan :
  • pendidikan minimal SLTP
  • mempunyai SIM B2 Polisi yang masih berlaku
  • minimal mempunyai pengalaman kerja di tambang 3 tahun dalam mengoperasikan HD Cat 773, 777 (2) Dozzer D10 atau 375 (3) Motor grader 16 H
  • mempunyai simper sesuai dengan pengalaman HD , DOZER dan GRADER
  • Menjunjung tinggi keselamatan dan kepedulian terhadap lingkungan
  • lulus test seleksi yang di lakukan oleh perusahaan

Tuesday, 8 October 2013

Mencintai Buku Sejak Usia Dini

MEMBACA sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini, karena dengan membaca kita akan mengetahui segala informasi yang kita butuhkan. Pengembangan minat baca pada anak-anak, yang utama dan terutama justru menjadi tanggung jawab orang tua. Alasan utamanya, orang tua adalah yang berhak menanamkan dan mengembangkan berbagai macam cita-cita kepada anak-anaknya. Untuk mencapai cita-cita itu, orang tua berkewajiban untuk menciptakan suasana yang mendukung.

Membaca dan mencintai buku perlu ditumbuhkan sejak dini bahkan ketika anak masih dalam kandungan. Setelah lahir anak sudah dapat ditumbuhkan kecintaannya kepada buku. Sejak umur 3 bulan setelah anak sudah dapat melihat, anak dapat dirangsang untuk mencintai buku dan membaca melalui dibacakan cerita, memberi mainan buku, melihat alam sekitar serta gambar-gambar yang menarik dll. Setelah umur 6 bulan, saat anak sudah mulai duduk anak dapat dirangsang untuk memegang buku, tentunya buku yang sesuai dengan tahapan umurnya," tutur Ida N. Sitompul, salah satu pendiri Simpul Pendidikan di Jawa Barat.

Bagaimana jika anak telah berumur 3-5 tahun? Tidak ada kata terlambat. Selama kita sebagai orang tua dan masyarakat yang mempengaruhi (sekolah) berusaha membantu anak dan berperan aktif dalam menciptakan kecintaan kepada buku dan membaca, kegemaran itu masih bisa ditumbuhkan. Banyak cara yang dapat dipergunakan untuk menumbuhkan cinta buku dan baca.

image by abatasa.co.id

Untuk mempersiapkan anak berusia 3 atau 4 tahun (usia prasekolah) menjadi seorang pembaca yang andal adalah dengan membacakan cerita setiap saat. Hal ini akan menghindarinya mendapat kesulitan belajar di sekolah. Jika berniat mengajarkan membaca, ajarkan abjad terlebih dahulu. Setelah pelajaran abjad berlangsung lancar, bisa melanjutkan ke bunyi, terutama bunyi awal dari abjad-abjad yang sering digunakan. Pelajaran yang demikian bisa dilakukan dengan permainan. Pengenalan abjad dapat dimulai ketika anak berusia tiga tahun dan pengenalan bunyi dimulai usia sekitar tiga setengah tahun. Namun, hal ini banyak tergantung pada si anak. Ada anak yang lebih cepat, dan ada yang lebih lambat. Akan tetapi, jika Anda membuatnya menjadi ringan dan menyenangkan, tentu tidak akan menyulitkannya.

"Secara tidak langsung, membaca juga dapat membantu anak untuk memiliki kemampuan empati. Hakikat empati adalah kemampuan untuk memahami pandangan orang lain,"kata Alva Handayani, Dra. psikolog anak,

Kecintaan terhadap membaca, dapat menjadi salah satu bentuk rekreasi yang memberikan kesenangan bagi anak. Bersandar di kursi yang empuk atau di teras yang hangat sambil membaca cerita yang menyenangkan, berbaring sambil tertawa membaca komik yang lucu, atau tertidur sebelum sempat menuntaskan novel remaja yang romantis adalah sekadar contoh kesenangan yang diperoleh dari kegiatan membaca.

Ada banyak alasan mengapa kegemaran membaca harus ditumbuhkan sejak dini. Lantas Apa yang harus dibaca anak? "Biarkan anak memilih sendiri apa yang ingin dia baca. Jika ia tidak mengerti buku yang dipinjamnya, ia akan melewati bagian yang sulit-sulit atau mengembalikannya. Dari sini, ia mengembangkan lagi minat yang lebih spesifik mengenai jenis buku yang ia sukai. Beberapa buku 'menawarkan' petualangan, kisah-kisah yang menegangkan, imajinasi, atau akhir yang bahagia, Banyak juga buku-buku yang dianjurkan untuk dibaca karena mengandung pesan-pesan moral yang penting dalam perkembangan anak. Untuk mencapai manfaat optimal dari buku-buku model ini, sebaiknya orang tua memang mendampingi anak dan mendiskusikan nilai tadi dalam aplikasinya di kehidupan sehari-hari," imbuh Kepala Sekolah TK-SD 9 Mutiara.

Perpustakaan dan sekolah, lanjutnya, seringkali sudah mengelompokkan buku-buku anak sesuai dengan tingkatan usianya. Perpustakaan biasanya hanya membolehkan anak mengambil buku dari kelompok umur yang sesuai dengan mereka. Namun anak-anak yang sudah lancar membaca, seringkali tertarik pada hal-hal yang jauh lebih banyak daripada yang dikandung di dalam buku anak-anak dan mungkin merasa tidak senang dengan perbendaharaan kata-kata yang disederhanakan yang ada di dalam buku anak-anak dalam kelompok umurnya.

Alva Handayani menyarankan agar orang tua memastikan kepada anaknya bahwa kecintaan membaca adalah tujuan pendidikan yang penting bagi mereka. ”Tunjukkan bahwa Anda menghargai membaca tidak hanya sekedar lewat kata-kata. Jangan terlalu cemas tentang penetapan jadwal membaca bagi anak-anak Anda. Kalau mereka cinta baca, mereka akan meluangkan waktu untuk melakukan hal itu”.

Jangan terlalu cemas untuk membuat anak-anak Anda hanya membaca buku-buku hiburan. Pada masanya nanti, anak-anak akan bosan dengan buku-buku hiburan komik dan fiksi. Tapi pada saat itu, kemampuan baca mereka telah lebih cepat dan lebih baik.

Fakta Tentang Kolesterol, Mengurangi Kadar Kolesterol

Betulkah bahwa tubuh sanggup menghasilkan kolesterol sebanyak yang diperlukan? Kolesterol memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh, di antaranya adalah:

(1)    Sebagai pelindung otak.  11% dari berat otak adalah kolesterol.
(2)    Bersama dengan zat gizi lainnya, kolesterol dan sinar matahari membentuk vitamin D.
(3)    Merupakan bahan penting bagi pembentukan hormon seks dalam tubuh.
(4)    Perlu dalam pembentukan asam empedu yang befungsi untuk mencerna lemak.
(5)    Membawa lemak ke seluruh tubuh melalui peredaran darah.
(6)    Membentuk sel darah putih.
(7)    Mencegah penguapan air dari kulit, dan sebagainya.

Kolesterol yang ada dalam tubuh dapat berasal dari makanan atau dari tubuh itu sendiri.  Tubuh kita dapat memenuhi kebutuhan kolesterolnya dengan membuatnya sendiri.  Dengan demikian, sebenarnya kita tidak perlu memakan kolesterol.  Tubuh dapat membuat 2000-3000 mg kolesterol per hari jika memang jumlah inilah yang dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh.
fakta kolesterol, olahraga untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, faktor kolesterol tinggi, tips menurunkan kolesterol jahat, fungsi kolesterol dalam tubuh terol gejala kolesterol pengertian kolesterol menurunkan kolesterol trigliserida

Kadar kolesterol dalam darah berhubungan erat dengan penyakit jantung karena kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah.  Penyumbatan ini terjadi dengan pelbagai alasan yang kompleks.  Beberapa di antarannya adalah: faktor keturunan, kurang olahraga, rokok, makanan, dan sebagainya.  Penyumbatan bukan hanya terjadi pada orang berusia lanjut saja, akan tetapi dapat juga terjadi pada remaja.

(1)    Masa menstruasi dan menopause pada wanita.
(2)    Setelah usia 25 tahun pada pria.
(3)    Adanya penyakit jantung pada anggota keluarga.
(4)    Tidak aktifnya kelenjar tiroid.
(5)    Berat tubuh naik.
(6)    Terlalu banyak makan protein dan lemak hewani.
(7)    Terlalu banyak makan makanan manis.
(8)    Terlalu banyak minum alkohol.
(9)    Terlalu banyak makan apa pun.
(10)    Dalam keadaan semua jenis stres.
(11)    Olahraga yang tidak teratur.

Perubahan cara makan dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam darah.  Walaupun kolesterol bukanlah satu-satunya penyebab sakit jantung, akan tetapi penurunan kadar kolesterol dalam darah dapat menurunkan peluang seseorang untuk mengidap penyakit ini.

Makanan berlemak yang dimakan pada malam hari sebelum tidur, akan meningkatkan kadar lemak dalam darah sampai selama 72 jam.  Makanan yang berlemak sebaiknya diimbangi oleh pergerakan tubuh.

Dalam satu riset di Harvard University, para mahasiswa kedokterannya diberi makan 5000 kalori per hari yang merupakan jatah makanan para kuli kasar.  Akan tetapi, mereka berolahraga dengan cukup untuk mempertahankan berat tubuh dan kadar kolesterol dalam darah mereka.  Hasil riset menunjukkan bahwa pada saat mereka berhenti berolahraga, maka berat tubuh mereka pun akan naik.  Demikian juga kadar kolesterol dalam darahnya.

Di samping mengurangi jumlah kolesterol dalam makanan, olahraga yang baik dan teratur dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.  Jadi, memang benar bahwa kita dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah kita.