Monday, 5 May 2014

Tips menjaga dan membina hubungan baik

Membina hubungan yang baik antar sesama manusia, baik tetangga, keluarga maupun masyarakat Tentu sekitar merupakan hal yang wajib dan penying dilakukan semua insan. Hal ini tidak terlepas status kita sebagai makhluk sosial yang tidak mungkin dapat hidup sendirian tanpa bantuan orang lain. 


Berikut beberapa tips bagaimana membina suatu hubungan yang berlaku umum dalam kehidupan sehari-hari:

1. Belajar Menghargai

Pada dasarnya setiap orang ingin dihargai, tak peduli oarng berpangkat, kaya atau miskin, seagama atau tidak seagama, sesuku atau tidak sesuku, semuanya ingin dihargai dihargai secara proporsional dan manusiawi. Namun sayangnya, banyak juga diantara kita kurang menghargai hanya karena perbedaan-perbedaan tersebut. Padahal emnghargai orang lain bukannya memberi sesuatu barang ataupun hadiah yang memiliki nilai tertentu Satu hal cara menghargai orang lain ialah dengan menghargai dan menghormati pendapat orang lain. Nah jika pendapat kita ingin dihargai, tentu saja kita kita harus menghargai pendapat orang lain tersebut.
 Belajar Menghargai menghormati menolong agar hubungan baik terbina

2. Belajar Menghormati

Setiap orang selalu ingin dihormati, karena itu janganlah kita menghormati orang lain hanya karena pangkat, jabatan atau kekayaan semata. Hormati lah orang jika orang tersebut melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat. Perlu juga menghormati orang yang lebih maju dari kita.

3. Suka Menolong

Menolong merupakan perbuatan yang mulia, terlebih jika yang ditolong sedang kesulitan atau memang sangat membutuhkan bantuan. Membantu seseorang tidak harus dinilai dengan materi, bisa dengan tenaga, ide, gagasan dan bisa kita bantu dengan memberikan dorongan moril di saat teman sedang bersedih misalnya. Hal yang perlu diingat tentu saja kita jangan pernah berharap meminta pamrih atau balasan.

4. Memberikan Pujian

Saat kita melihat teman yang menunjukkan prestasi yang membanggakan tidak ada salahnya kita memberikan pujian dengan keikhlasan. Pujian harus sesuai dengan keadaanya, tanpa dibuat-buat, jangan seolah-olah kita memberikan pujian karena ada maunya alias ada apa-apanya. berikan pujian walau hanya dengan ucapan "Selamat ya, kamu berhasil" itu sudah merupakan cara paling mudah dalam memberikan pujian kepada orang lain.

5. Memberikan motivasi

Perjalanan hidup seseorang tidak selamanya berjalan mulus, ada kalanya seseorang mengalami musibah, putus asa atau patah semangat. Nah disinilah peran kita dalam memberikan motivasi. Memotivasi seseorang tujuannya agar rasa percaya dirinya kembali tumbuh.

6. Mengerti Keadaan

Sikap mau mengerti keadaan orang lain pada dasarnya sikap terpuji. sebab kesadaran seperti ini harus ditumbuhkan dari hati nurani. artinya kita harus menghindari sikap acuh tak acuh dan memandang seseorang tanpa pandang bulu.

0 komentar:

Post a Comment