Friday, 31 January 2014

Agar Anak Tidak Manja dan Disiplin

Seorang ibu memiliki anak usia 5 dan 7 tahun yang sangat disayangi, sehingga setiap kemauan dan keperluannya selalu disediakan. Namun belakangan setiap anak tersebut membutuhkan sesuatu selalu minta dilayani, padahal anak tersebut bisa saja melakukannya sendiri. Anaknya berkembang menjadi seorang yang "sedikit-sedikit Ibu" . Hingga muncul ketakutan si anak menjadi anak yang tidak mandiri kelak. Bagaimanakah caranya agar seorang anak tidak manja?

Kecintaan oarngtua pada anaknya tak perlu diragukan lagi. Namun kita perlu hati-hati karena si kecil bisa sangat cermat mengamati perilaku kita sebagai orangtua. Jika kita terlalu sering mnuruti segala kemauan si anak bisa saja si anak menjadi super manja. Di usia 5 tahun, anak diharapkan mampu mengurus diri sendiri dan mampu menunda keinginan. Jadi, kalau ia menolak segala sesuatu yang berhubungan dengan tanggung jawabnya dan keinginannya harus segera dipenuhi, artinya si anak manja.

Para ahli perkembangan anak setuju, Anda pasti sayang pada anak, dan ingin yang terbaik buat anak dalam artian membahagiakan anak. Termasuk memenuhi kebutuhan anak. Inilah salah satu penyebab anak memupuk kemanjaannya. Orang tua terkadang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, padahal apa yang diinginkan anak belum tentu menjadi kebutuhan anak. Orangtua pun lupa dengan disiplin.

Orangtua kerap kali juga tidak percaya dengan kemampuan anak. Ketika si kecil mengatakan "aku bisa" atau "Aku sendiri saja" di usia 3-4 tahun, kita sebagai orangtua tak percaya. Ketika anak ingin makan sendiri, Anda sibuk mencari pembantu untuk menyuapi anak. 

Anak manja tumbuh menjadi seorang anak yang mudah tersinggung, sulit memaafkan dan bekerjasama. Hidup bagi si manja adalah sesuatu yang sulit. Sejak usia 1,8 tahun, anak perlu disiapkan ke arah kedisiplinan.  Jika anak usia 5 tahun sudah terlanjur manja, disiplin harus diterapkan, meski kita harus bekerja keras. Terkadang "pertengkaran" sulit untuk dihindarkan. Namun jika orangtua konsisten dengan mengatakan "tidak" dan mampu menerapkan sanksi bagi pelanggaran yang dilakukan si kecil, anak bisa melihat keseriusan kita menerapkan kedisplinan.

Mulailah dengan dengan membiasakan anak untuk mengurus diri sendiri, seperti memakai baju sendiri setelah mandi; mengambil makanan sendiri yang sudah disiapkan di meja makan; memakai sepatu sendiri, sehingga anak terbiasa mengurus dirinya sendiri, tentunya diawali dari hal-hal yang paling mudah dilakukan anak.

Berilah anak kepercayaan untuk melakukan sesuatu apa yang dia inginkan selama hal tersebut tidak membahayakan dirinya sendiri. Sehingga secara perlahan anak berkembang menjadi anak yang tidak manja dan menjadi anak mandiri.

Friday, 24 January 2014

Mobil-mobil yang Dipasrahkan "Mati" Pemiliknya

Bagi sebagian orang berkocek tebal, punya tunggangan terbaru dan mewah sudah menjadi gaya hidup yang harus dilakoni.

Tak heran, mereka sering kali "membuang" mobil lama yang dulunya tersohor, mengganti dengan keluaran paling anyar.

Ironisnya, mobil-mobil seperti Nissan GT-R, Corvette Stingray, Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Lamborghini Diablo, sengaja dibiarkan "mati" oleh pemiliknya.

Dengan kondisi memprihatinkan, mobil-mobil bak rongsokan yang tertutup debu tebal. Padahal, jika dirawat dengan baik, harga mobil itu bisa saja meroket ketika dijual kembali kepada para kolektor.

Sebab, di eranya, mobil itu menjadi buruan banyak orang, lantaran memiliki desain menarik. Bahkan, ada yang berstatus edisi terbatas alias cuma diproduksi sedikit.

Thursday, 23 January 2014

Loker Hoka Hoka Bento Restaurant Crew

HOKA-HOKA BENTO
(Crew Restoran (CR))

Kualifikasi
-Pria / Wanita max 23 tahun
-Belum menikah / single
-Pendidikan minimal SMA / SMK sederajat
-Berpenampilan menarik, ramah, sopan
-Tinggi & berat badan proporsional
Pria minimal 160 Cm
Wanita minimal 157 Cm
-Berbadan sehat & tidak berkacamata
-Ikatan dinas selama 2 tahun
-Tidak sedang kuliah atau tidak ada rencana kuliah
-Bersedia bekerja shift & bekerja di hari libur
-Siap ditempatkan di seluruh area Bandung

Syarat Lamaran
-Surat Lamaran Kerja
-Daftar riwayat hidup
-Foto 4x6
-Foto copy KTP
-Foto copy ijazah
-Sertifikat pengalaman kerja
-Dll.

Kompensasi
-Gaji pokok
-Tunjangan transport dan makan
-Kesehatan & jamsostek

Bawa lamaran ke Jl. Dr. Setiabudhi No.61 Bandung 40143 atau dititipkan ke store hokben terdekat.

Wajib mencantumkan kode lamaran & No.Hp di pojok kanan atas surat lamaran / bukan di amplop

Lamaran paling lambat 22 Januari 2014
(Panggilan interview melalui sms)

Lowongan Rumah Sakit Ibu dan Anak Sayang Bunda

Rumah Sakit Ibu dan Anak Sayang Bunda

Layanan, Klinik, Pusat Penunjang Medis, BabyCare and Health Vacation. Membutuhkan Tenaga Medis:
1. Dokter Spesialis Anak, Penyakit Dalam dan Bedah.
2. Administrasi (minimal SMU sederajat)
3. Analis Laboratorium.
4. Bidan. D3
5. Perawat S1 D3
6. Marketing

persyaratan:
1. Memiliki STR
2. Jujur.
3. Berpenampilan Menarik.
4. Besedia ditempatkan di sekitar wilayah Jabodetabek.

Rumah Sakit Ibu dan Anak Sayang Bunda jalan Pondok Ungu Permai Sektor V Blok A1 No.3-5 Bekasi, Jawa Barat

Lamaran sampai 30 Januari 2014

Monday, 20 January 2014

Lowongan Perawat GENOVA CLINIC

Salah satu unit pelayanan kesehatan klinik dan apotek didaerah Cikarang, membutuhkan beberapa kandidat dengan kriteria:

1. Asisten apoteker
- wanita, usia maksimal 27 tahun
- pendidikan minimal SMF Farmasi
- memiliki semangat tinggi, rajin, jujur, baik
- dapat bekerja dlm team atau individual
- pengalaman tidak diutamakan
- disediakan mess bagi yg berasal dari luar cikarang
- salary : gaji pokok + insentif

2. Perawat
- wanita, usia maksimal 27 tahun
- pendidikan minimal SMK / D3/ S1 keperawatan 
- memiliki semangat tinggi, rajin, jujur, baik
- dapat bekerja dlm team atau individual
- pengalaman tidak diutamakan
- disediakan mess bagi yg dari luar cikarang
- salary : gaji pokok + insentif

3. Administrasi dan kasir
- wanita, usia maksimal 27 tahun
- pendidikan minimal SMP/SMA sederajat
- memiliki semangat tinggi, rajin, jujur, baik
- dapat bekerja dlm team atau individual
- pengalaman tidak diutamakan
- disediakan mess bagi dari luar cikarang, komunikatif

4. Marketing
- Pria / Wanita, Usia Max 35 tahun
- Min. lulusan SMA/D3 sederajat
- Diutamakan pengalaman (Non-pengalaman dipertimbangkan)
- Rajin, Bertanggung jawab, Motivasi tinggi, loyal, jujur, komunikatif
- Dapat bekerja individual dan team.
- Salary: gaji pokok + insentif + bonus

Bagi yang berminat dan sesuai kriteria, hubungi: GENOVA CLINIC- Bpk. Chandra (081806699791) pinBB: 21A2494B / kirim lamaran ke: jl. Pinus 3,no.42. Meadowgreen. Lippo cikarang 17750..UP: Bpk. Chandra, email: genovaclinic@ymail.com

Thursday, 16 January 2014

Zat pengawet pada makanan

Pada artikel terdahulu telah dibahas mengenai apa yng dimaksud dengan bahan tambahan makanan atau food additives. Kali ini akan di bahas zat zat tambahan makanan berupa zat pengawet makanan. 

Fungsi Seperti halnya pemanis, fungsi pengawet sudah sangat jelas yaitu untuk memperpanjang umur simpan suatu makanan dan dalam hal ini dengan jalan menghambat pertumbuhan mikroba. Oleh karena itu sering disebut dengan senyawa antimikroba.

Mekanisme atau CaraKerja pengawet. 

Berbagai senyawa mempunyai sifat sebagai anti mikroba, diantaranya sulfit dan sulfur dioksida, garam nitrit dan nitrat, asam sorbat, asam propionat, asam asetat dan asam bensoat. Sulfur dioksida telah lama digunakan dalam makanan sebagai pengawet dan penggunaannya berkembang menjadi
berbagai bentuk seperti gas SO2, garam bisulfit dan sulfit. Penelitian menunjukkan bahwa sulfur dioksida paling efektif bekerja pada kondisi pH rendah dan diperkirakan hal ini disebabkan H2SO3 yang dalam larutan tidak terdisosiasi. Dalam keadaan tidak terdisosiasi larutan tersebut lebih mudah menembus dinding sel mikroba. 

Selain bertindak sebagai pengawet, sulfur dioksida juga dapat mencegah pencoklatan non enzimatik (reaksi Maillard) yaitu dengan cara bereaksi dengan gula-gula pereduksi maupun senyawa tara aldehida. Sulfur dioksida juga mempunyai efek memucatkan pigmen melanoidin yang terbentuk dalam reaksi Maillard sehingga sangat efektif dalam mencegah reaksi pencoklatan tersebut. Sulfur dioksida juga sering ditambahkan ke dalam tepung untuk memutus ikatan disulfida dan memperbaiki
mutu adonan yang dihasilkan. Sulfur dioksida dan sulfit dapat dimetabolesme menjadi sulfat dan diekskresi ke dalam urin tanpa efek samping lainnya. Sulfur dioksida atau sulfit biasanya ditambahkan pada konsentrasi sekitar 500 – 1000 ppm, tergantung dari tujuan penambahan dan jenis makanan.

Garam potassium dan sodium dari nitrit dan nitrat yang ditambahkan pada psoses kyuring pada daging juga dapat menghambat pertumbuhan mikroba. Senyawa yang berperan adalah nitrit dan pada konsentrasi 150-200 ppm dapat menghambat pertumbuhan Clostridia di dalam daging yang dikalengkan. Meskipun demikian, penggunaan nitrit saat ini dihindari karena diduga menghasilkan
nitrosamin yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker).

Asam sorbat yang merupakan asam monokarboksilat dan analog-analognya yang memiliki ikatan rangkap-a (a-unsaturated) mempunyai sifat anti mikroba yang sangat kuat. Asam ini digunakan dalam bentuk garam sodium dan potassiumnya dan diketahui efektif menghambat pertumbuhan kapang dan ragi di dalam berbagai makanan, seperti keju, produk-produk bakeri, sari buah, anggur dan acar-acaran (pickles). Asam sorbat sangat efektif menekan pertumbuhan kapang dan tidak mempengaruhi citarasa makanan pada tingkat penambahan yang diperbolehkan (sampai 0,3% berat). Aktivitas sorbat meningkat dengan meningkatnya keasaman bahan, atau menurunnya pH makanan. Secara umum asam askorbat efektif sampai pH 6,5. Aktivitas asam sorbat dan analog-analog asam lemaknya diperkirakan karena mikroba tidak dapat dimetabolisme sistem dien dengan ikatan rangkap 1. Diperkirakan asam sorbat mengganggu aktivitas enzim dehidrogenase yang biasanya mendehidrogenasi asam lemak pada awal aktivitasnya. 

Asam propionat dan asam asetat juga berperan sebagai antimikroba terutama kapang dan beberapa bakteri. Asam propionat biasanya digunakan dalam bentuk garam natrium dan kalsium. Senyawa ini secara alami terdapat di dalam keju Swiss (sampai 1% berat). Asam propionat banyak digunakan dalam produk-produk bakery karena selain menghambat kapang juga menghambat pertumbuhan Bacillus mesentricus yang menyebabkan kerusakan ropy bread. Seperti halnya antimikroba yang merupakan asam karboksilat lainnya, asam propionat dalam bentuk tidak terdisosiasi bersifat lebih poten. Toksisitas asam propionat bagi kapang dan sebagian bakteri diakibatkan oleh ketidakmampuan mikroba-mikroba tersebut dalam memetabolisme rangkaian 3-karbon.

Peluang Kerja RS Santosa Hospital Bandung


 Santosa Hospital sesuai dengan visinya "Menjadi Rumah Sakit Unggulan di Indonesia" kini selangkah maju dalam mewujudkan misi tersebut. Pada tanggal 8 - 12 November 2010, Santosa Hospital menjalani akreditasi dari Joint Commission International (JCI) , sebuah lembaga akreditasi rumah sakit tingkat dunia yang berpusat di Amerika Serikat , dan sejak tanggal 13 November dinyatakan lulus (terakreditasi). Pengakuan dunia internasional ini merupakan kebanggaan dari Indonesia dan Jawa Barat, karena merupakan satu dari sedikit rumah sakit terbaik di dunia.

Lowongan Kerja Rumah Sakit, Perawat, IT, Asisten Apoteker, Web Programmer Peluang Kerja RS Santosa Hospital Bandung
Akreditrasi JCI ini merupakan langkah awal dari proses Continuous Quality Improvement dari Santosa Hospital, dan merupakan wujud upaya kami memberikan pelayanan terbaik untuk pasien-pasien kami, dengan standar pelayanan yang diakui secara global.

Membuka peluang kerja untuk:

1.      Staff Perawat

    - Pendidikan min. D3 Keperawatan dengan min. IPK 2,75
    - Memiliki SIP/STR
    - Lebih diutamakan yang berpengalaman di Rumah Sakit

2.      Staff Fisioterapis

    - Pendidikan min. D3 Fisioterapis dengan min. IPK 2,75
    - Memiliki STR
    - Diutamakan berpengalaman di bidang yang sama

3.      Staff Billing

    - Pria/Wanita  maks. 30 tahun
    - Pendidikan Min. D3/S1 Semua Jurusan dengan IPK Min. 2,8 (Skala 4)
    - Mau bekerja Shift
    - Mampu berkomunikasi dengan baik
    Diutamakan yang sudah memiliki pengalaman di bidang pelayanan

4.      Staff Personalia

    - Pria/Wanita Pendidikan S1 Psikologi
    - Terbuka untuk Fresh Graduate
    - Diutamakan berpengalaman minimal 1 tahun di bidang yang sama

5.      Staff Apoteker

    - Pendidikan Profesi Apoteker
    - Terbuka untuk Fresh Graduate
    - Diutamakan yang sudah memiliki Surat Penugasan (SP)
    - Diutamakan berpengalaman di bidang yang sama

6.      Staff Information Technology (Technical Support)

    - Pendidikan min D3 Teknik Informatika
    - Terbuka untuk Fresh Graduate
    - Bisa melakukan support dan maintenance Hardware & Networking
    - Diutamakan berpengalaman di bidang yang sama

7.      Staff Information Technology (Programer)

    - Pendidikan min D3 Teknik Informatika / Management Informatika
    - Terbuka untuk Fresh Graduate
    - Skill Programming : C#.Net , PHP
    - Diutamakan berpengalaman di bidang yang sama

Lamaran lengkap dikirim ke :

HRD SANTOSA HOSPITAL

Jl. Kebon Jati No. 38 Bandung 40181
atau Email ke : recruitment [ a ] santosa-hospital.com

Wednesday, 15 January 2014

Lowongan Bidan Perawat RS Tamar Medical

DIBUTUHKAN SEGERA

ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU

RUMAH SAKIT TAMAR MEDICAL CENTRE ADALAH RUMAH SAKIT SWASTA YANG MELAYANI DENGAN CEPAT DAN ISLAMI PERTAMA DIKOTA PARIAMAN. SAAT INI KAMI MEMBUTUHKAN TENAGA PERAWAT DAN BIDAN.
ADAPUN PERSYARATANNYA:

A.KUALIFIKASI BIDAN/PERAWAT
1. PENDIDIKAN DIII/S1 SESUAI DENGAN JURUSAN
2. PRIA/WANITA MAKSIMAL 30 TAHUN
3. IPK MINIMAL 2,75
4. BERBAHASA INGGRIS AKTIF/PASIF
5. SUDAH BERPENGALAMAN DIBIDANGNYA MIN.1TAHUN
6. LULUSAN YANG TERAKREDITASI B

B. KOMPETENSI
1. BISA MEMBACA AL-QURAN
2. MEMILIKI LOYALITAS YANG TINGGI TERHADAP RUMAH SAKIT
3.DEDIKASI YANG TINGGI
4. BISA BEKERJA SAMA DENGAN TIM
5. KOOPERATIF DAN ISLAMI
6. RESULT ORIENTED DAN BERMOTIVASI TINGGI ENERGIK DAN PROFESIONAL



LAMARAN LANGSUNG DIKIRIM VIA POS KE ALAMAT "TIM HRD RUMAH SAKIT TMC" JL. BASUKI RAHMAT NO.1 KARAN AUR, KEC.PARIAMAN TENGAH, KOTA PARIAMAN 25514, TELP (0751)93277/93377.
LAMARAN INI BERLAKU SAMPAI TANGGAL 28 FEBRUARI 2014

Tuesday, 14 January 2014

Mengenal bahan tambahan makanan food additive

Bahan Tambahan Makanan (BTM) atau food additives adalah senyawa (atau campuran berbagai senyawa) yang sengaja ditambahkan ke dalam makanan dan terlibat dalam proses pengolahan, pengemasan dan/atau penyimpanan, dan bukan merupakan bahan (ingredient) utama. BTM dan produk-produk turunannya, biasanya tetap di dalam makanan, tetapi ada beberapa yang sengaja dipisahkan selama proses pengolahan. 

Sementara itu pada Undang-undang RI No. 7 Tahun 1996 tentang Pangan khususnya pada Bab II (Kemanan Pangan) Bagian Kedua disebutkan banwa yang dimaksud dengan bahan tambahan pangan adalah bahan yang ditambahkan ke dalam pangan untuk mempengaruhi sifat atau bentuk pangan.
Penggunaan bahan tambahan pangan dalam produk pangan yang tidak mempunyai resiko kesehatan dapat dibenarkan, karena hal tersebut lazim digunakan. BTM yang secara tidak sengaja ditambahkan, atau lebih tepat disebut sebagai kontaminan, tidak termasuk dalam konteks BTM yang dibicarakan.

Fungsi Food Aditif

Penambahan BTM secara umum bertujuan untuk (1) meningkatkan nilai gizi makanan, (2) memperbaiki nilai sensori makanan, dan (3) memperpanjang umur simpan (shelf life) makanan. Bahan-bahan tambahan seperti vitamin, mineral, atau asam amino biasanya ditambahkan untuk memperbaiki dan/atau menaikkan nilai gizi suatu makanan. 

apayang dimaksud bahan tambahan makanan pengertian food additif mengenal lebih jauh bahan tambahan makanan makalahBanyak makanan yang diperkaya atau difortifikasi dengan vitamin untuk mengembalikan vitamin yang hilang selama pengolahan, seperti penambahan vitamin B ke tepung terigu atau penambahan vitamin A ke dalam susu. Mineral besi ditambahkan untuk memperkaya nilai gizi makanan, terutama karena besi yang berada dalam makanan umumnya mempunyai ketersediaan hayati (biovailability) rendah.
Warna, bau, dan konsistensi/tekstur suatu bahan pangan dapat berubah atau berkurang akibat pengolahan dan penyimpanan. Hal ini dapat diperbaiki dengan penambahan BTM seperti pewarna, senyawa pembentuk warna, penegas rasa, pengental, penstabil, dan lain-lain. Pembentukan bau yang menyimpang (off flavor) pada produk-produk berlemak dapat dicegah dengan penambahan antioksidan.

Tekstur makanan dapat diperbaiki dengan penambahan mineral, pengemulsi, pengental dan/atau penstabil seperti monogliserida, hidrokoloid, dan lain-lain. Pengolahan pangan belakangan ini mempunyai kecenderungan untuk memproduksi makanan yang panjang umur simpannya (awet) dan mudah disajikan (convenient). Hal tersebut didorong oleh faktor-faktor seperti sifat bahan pangan
segar yang umumnya mudah rusak (perishable) dan musiman, serta gaya hidup yang menginginkan segala sesuatunya serba mudah dan cepat. Untuk mendapatkan makanan yang demikian, salah satu usaha yang digunakan adalah dengan menambahkan bahan pengawet, baik untuk mencegah tumbuhnya mikroba maupun untuk mencegah terjadinya reaksi-reaksi kimia yang tidak dikehendaki selama pengolahan dan penyimpanan.

Selain tujuan-tujuan di atas, BTM sering digunakan untuk memproduksi makanan untuk kelompok khusus seperti penderita diabetes, pasien yang baru mengalami operasi, orang-orang yang menjalankan diet rendah kalori atau rendah lemak, dan sebagainya. Berbagai BTM yang digunakan untuk maksud tersebut di antaranya pemanis buatan, pengganti lemak (fat replacer), pengental, dan lain-lain.

Syarat food aditif yang dibolehkan

Dari keterangan di atas, secara implisit di dapat pengertian bahwa BTM dan produk-produk degradasinya harus bersifat tidak berbahaya pada tingkat pemakaian yang diizinkan. Selain itu, pemakaian BTM seyogyanya hanya jika benar-benar dibutuhkan, yaitu jika benar-benar dirasakan terjadi penurunan nilai gizi makanan, perubahan sifat sensori makanan akibat pengolahan atau jika diperlukan untuk membantu pengolahan (processing aid).

Pemakaian BTM umumnya diatur oleh lembaga-lembaga seperti Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan (Ditjen POM) di Indonesia dan Food and Drug Administration (FDA) di USA. Peraturan mengenai pemakaian BTM berbeda di suatu negara dengan negara lainnya. Meskipun demikian, ada usaha untuk mengharmoniskan peraturan tersebut, terutama berdasarkan penemuan-penemuan terbaru mengenai kemanan BTM yang digunakan. Di Indonesia sendiri, peraturan tentang BTM dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan dan pengawasannya dilakukan oleh Ditjen POM.

Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa penggunaan BTM dapat dibenarkan apabila (1) dimaksudkan untuk mencapai masing-masing tujuan penggunaannya dalam pengolahan, (2) tidak digunakan untuk menyembunyikan penggunaan bahan yang salah atau tidak mememnuhi persyaratan, (3) tidak untuk menyembunyikan cara kerja yang bertentangan dengan cara produksi yang baik untuk makanan, dan (4) tidak digunakan untuk menyembunyikan kerusakan pangan.

Monday, 13 January 2014

Penyebab Keracunan Makanan

Keracunan makanan merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi, baik oleh komponen kimia beracun atau oleh mikroorganisme patogen. Keracunan makanan akibat memakan makanan yang terkontaminasi zat kimia beracun, misalnya termakan sianida yang terdapat pada singkong atau termakan pestisida yang mengkontaminasi sayuran dan buah-buahan. Sedang mikroorganisme patogen yang bertanggung jawab sebagai penyebab keracunan makanan adalah bakteri beserta toksinnya atau toksin bakteri saja, parasit, virus dan jamur.

Keracunan makanan ini biasanya berlangsung ringan, namun pada kasus berat dapat menyebabkan kematian. Gejala klinis yang muncul berupa keluhan mual, muntah, kram perut, dan diare, yang timbul mendadak mulai dari 1 jam sampai 2 atau 3 hari (biasanya kurang dari 48 jam) setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Kemudian dapat timbul keluhan demam disertai rasa dingin, feses berdarah, dehidrasi dan kerusakan sistem saraf. Manifestasi klinis ini dapat terjadi pada satu orang atau beberapa orang yang ada dalam satu kelompok yang mengkonsumsi makanan yang sama.

Penyebab Keracunan Makanan

Pemicu makanan menjadi racun

Hal yang mempengaruhi terjadinya keracunan makanan yaitu cara pembuatan dan penyajian makanan yang tidak baik, higiene yang kurang baik, kontaminasi silang, binatang vektor seperti serangga dan binatang pengerat dan bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam makanan. Bakteri merupakan penyebab utama dan tersering pada keracunan makanan.

Makanan yang kita makan dapat terkontaminasi kapan saja, bisa pada saat pembuatan makanan, saat penyimpanan makanan, ataupada saat proses pembuatan makanan yang tidak benar.Beberapa makanan memang telah memiliki resiko yang tinggi untuk menyebabkan keracunan makanan, misalnya jamur-jamuran yang sudah mengandung zat kimia beracun atau buah-buahan yang mengandung pestisida.Wanita hamil, lansia, bayi dan balita, juga orang-orang dengan gangguan sistem imun atau orang yang sedang sakit, juga memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita keracunan makanan. Olehkarena itu dibutuhkan cara-cara yang lebih teliti dalam membeli, menyimpan dan mengolah makanan untuk orang-orang tersebut.

Dari kesemua variasi kasus keracunan makanan, yang paling banyak menyebabkan keracunan adalah golongan bakteri dan toksin bakteri, yang mengkontaminasi makanan yang dikonsumsi penderita.Makanan yang terkontaminasi tidak hanya terbatas pada makanan yang diolah untuk dimakan, seperti ikan dan unggas, namun makanan-makanan berupa sayuran, buah-buahan dan salad juga berpotensial menyebabkan keracunan makanan. Makanan yang terkontaminasi bisa saja dalam kondisi yang terlihat baik, baunya tidak berubah dan rasanya juga tidak berubah

Mengapa ASI keluar sedikit?

Selama masa kehamilan, kedua payudara ibu mulai memproduksi ASI pertama yang disebut dengan kolostrum. Produksi kolostrum ini akan terus berlangsung hingga kira-kira seminggu setelah melahirkan. Kolostrum ini memang diproduksi dalam jumlah yang sedikit, hanya beberapa sendok teh dalam sehari. Meski sedikit dari segi kuantitas (volume), tetapi kolostrum memiliki konsentrasi nutrisi yang sangat tinggi dan mudah sekali dicerna oleh pencernaan bayi, yang memang belum sempurna. Kandungan lain yang membuat kolostrum amat sangat berharga adalah antibodi (immunoglobulin). 

Kolostrum mengandung IgA (immunoglobulin A) dalam jumlah besar. Zat ini akan membentuk ’benteng pertahanan’ pertama yang akan melindungi bayi dari serangan berbagai kuman. Menurut la leche league, produksi kolostrum hanya sekitar 7,4 sendok teh atau 36, 23 ml per hari. Selain jumlah yang sedikit, karakteristik kolostrum juga belum seperti ASI matur. Warnanya bening kekuning-kuningan dan agak kental. Karenanya, tak jarang ibu yang tidak melihat keluarnya kolostrum mengira ASI-nya belum keluar. 

penyebab ASI keluar sedikit, kurang lancar dan lambat setelah ibu melahirkan terutama anak pertama

Ada pula ibu yang melihat kolostrumnya keluar, tetapi karena jumlahnya yang sedikit itu, si ibu jadi mengira ASI-nya hanya keluar sedikit. Hingga akhirnya ibu menunda untuk menyusui atau bahkan, tragisnya, memilih untuk memberikan susu formula kepada bayinya. Sebenarnya, produksi kolostrum (yang hanya sedikit) disesuaikan dengan kapasitas perut bayi. Kapasitas maksimal perut bayi usia 1-2 hari hanya sebesar kelereng (5-7 ml). Lebih dari itu akan segera dimuntahkan karena perut bayi belum dapat meregang. Menurut la leche league lagi, sekali menyusui, rata-rata produksi kolostrum ’hanya’ 1,4 sendok teh (6,86 ml). Dengan demikian, sekali menyusui, bayi akan mencerna habis semua kolostrum yang ia konsumsi. Tidak ada yang terbuang.

Selain sindroma ASI kurang/sedikit, ini juga satu alasan yang kerap kali membuat ibu akhirnya ’menyerah’ dan memilih memberikan susu formula kepada si kecil. Padahal bayi-bayi yang hanya minum/makan ASI memang cenderung lebih cepat merasa lapar dibandingkan dengan bayi-bayi yang diberi susu formula. Ini sangat berkaitan dengan komposisi ASI. Selain sarat nutrisi, ASI juga mengandung beragam enzim-enzim pencernaan, antara lain lipase (untuk menguraikan lemak), protease (untuk menguraikan protein), dan amilase (untuk menguraikan karbohidrat). Dengan kata lain, ASI dapat dikatakan sebagai makanan yang sudah separuh cerna, sehingga tidak butuh waktu lama bagi sistem pencernaan bayi yang memang belum sempurna perkembangannya untuk mencerna habis ASI. Itulah sebabnya, bayi-bayi ASI perlu disusui setiap 2-3 jam sekali.

Saturday, 11 January 2014

Ibu bekerja, bisakah ASI eksklusif diberikan untuk bayi?

Ibu bekerja bukan merupakan alasan untuk menghentikan pemberian ASI eksklusif. Ibu yang ingin kembali bekerja diharapkan berkunjung ke Klinik Laktasi untuk menyiapkan cara memberikan ASI bila bayi harus ditinggal. Langkah-langkah bila ibu ingin kembali bekerja :

tips dan cara memberikan ASI eksklusif untuk bayi walaupun ibu bekerja, menyimpan ASI di freezer bisakah?

  1. Siapkan pengasuh bayi (nenek, kakek, anggota keluarga lain, baby sitter, pembantu) sebelum ibu mulai bekerja kembali.
  2. Berlatihlah memerah ASI sebelum ibu bekerja kembali. ASI yang diperah dapat dibekukan untuk persediaan / tambahan apabila ibu mulai bekerja. ASI beku dapat disimpan antara 1-6 bulan, bergantung dari jenis lemari es nya. Di dalam lemari es dua pintu ASI beku dapat disimpan lebih dari 3 bulan.
  3. Latihlah pengasuh bayi untuk terampil memberikan ASI perah dengan cangkir.
  4. Hindari pemakaian dot/empeng karena kemungkinan bayi akan menjadi “bingung puting”.
  5. Susuilah bayi sebelum ibu berangkat bekerja, dan pada sore hari segera setelah ibu pulang, dan diteruskan pada malam hari.
  6. Selama di kantor, perah ASI setiap 3-4 jam dan disimpan di lemari es, diberi label tanggal dan jam ASI diperah. ASI yang disimpan dalam lemari es pendingin dapat bertahan selama 2x24 jam. ASI perah ini akan diberikan esok harinya selama ibu tidak di rumah. ASI yang diperah terdahulu diberikan lebih dahulu.
  7. ASI yang disimpan di lemari es perlu dihangatkan sebelum diberikan kepada bayi dengan merendamnya dalam air hangat. ASI yang sudah dihangatkan tidak boleh dikembalikan ke dalam lemari es. Maka yang dihangatkan adalah sejumlah yang habis diminum bayi satu kali.
  8. Apabila ASI yang diperah kemarin tidak mencukupi kebutuhan bayi sampai ibu kembali dari bekerja, dapat digunakan ASI beku yang sudah disiapkan sebelumnya. ASI beku ini kalau akan diberikan harus ditempatkan di lemari es pendingin supaya mencair dan harus digunakan dalam 24 jam (WHO, 1993).

Friday, 10 January 2014

Tips Mencegah Keracunan Makanan

Tindakan Pencegahan Keracunan Makanan 


Dua langkah penting yang dapat diambil untuk mencegah keracunan makanan adalah mencegah makanan atau minuman terkontaminasi dan mencegah bakteri di dalam makanan atau minuman tumbuh dan bermultiplikasi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meminimalkan resiko terkena keracunan makanan adalah;

tips mencegah keracunan makanan, tips merawat menyimpan membeli dan pengolahan makanan,

 A. Kebersihan

  • Jagalah selalu higiene perorangan.
  • Jagalah kebersihan tangan sebelum dan sesudah mengolah makanan.
  • Cucilah tangan dengan air hangat dan air sabun sebelum dan sesudah mengolah makanan terutama setelah mengolah daging, unggas, ikan, kerang-kerangan dan telur.
  • Semua perabotan dapur harus tetap dalam keadaan bersih, begitu juga meja dapur dan meja tempat pemotong sayur dan daging.
  • Cucilah perabotan dapur yang digunakan, meja dapur dan meja pemotong, menggunakan air panas dan air sabun hingga bersih.6
  • Bersihkan papan pemotong dengan menggunakan larutan klorin 1 sendok teh dalam 1 liter air.

B. Membeli makanan

Ketika kita membeli makanan, maka yang harus diperhatikan adalah :
  • Bila membeli makanan yang panas atau yang dingin, sebaiknya dibeli pada saat belanja akan selesai. Hal ini untuk mencegah makanan masuk ke dalam “temperature danger zone”.
  • Memisahkan makanan panas dengan makanan dingin.
  • Pisahkan daging dan unggas segar dengan makanan lain.1
  • Selalu mengecek tanggal kadaluwarsa makanan dan hindari membeli makanan yang sudah kadaluwarsa.
  • Jangan membeli makanan kaleng atau makanan kotak yang sudah rusak, menggembung atau berlekuk.
  • Jangan membeli makanan dingin yang terletak diluar lemari pendingin atau hanya membeli makanan panas yang disimpan di lemari pemanas.
  • Belilah telur yang tersimpan dengan baik di dalam kotak dan jelas supplier-nya. Jangan membeli telur yang sudah retak atau jatuh.
  • Selalu mengecek apakah petugas penyedia makanan selalu menggunakan penjepit makanan yang berbeda untuk jenis makanan yang berbeda seperti penjepit untuk mengambil daging tidak boleh sama dengan penjepit untuk mengambil sayuran.
  • Belilah daging dan seafood pada tempat yang supplier-nya sudah ternama.
  • Segeralah pulang ke rumah setelah anda selesai berbelanja dan simpan makanan yang dibeli sesegera mungkin.

C. Mempersiapkan / mengolah Makanan 

Ketika kita akan mempersiapkan makanan yang hendak dimakan, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut di bawah ini :
  • Cuci tangan dengan sabun dan air hangat kurang lebih 30 detik sebelum menyiapkan makanan.
  • Jika pada tangan ada luka yang terbuka, maka gunakanlah sarung tangan pada saat mempersiapkan makanan.
  • Bila anda sedang sakit dengan keluhan gastrointestinal seperti mual, muntah, kram perut atau diare, maka sebaiknya anda jangan ikut dalam mempersiapkan dan mengolah makanan.7
  • jangan lupa mencuci tangan dengan air hangat dan sabun, setelah anda memegang daging atau unggas mentah sebelum anda melanjutkan pada kegiatan mengolah makanan lainnya.7
  • Makanan seperti daging yang dimasak, keju, dan salad daging, jangan dibiarkan berada pada suhu kamar lebih dari dua jam.
  • Makanan harus dimasak pada suhu diatas 75ºC ( >160°F ). Suhu yang dianggap sudah mematikan bakteri adalah suhu 140 F – 180 F.
  • Gunakan temperatur daging untuk memastikan bahwa suhu memasak sudah cukup untuk membunuh bakteri.
  • Jangan memperpendek waktu memasak masakan atau jangan memasak daging atau sejenisnya dengan waktu yang singkat.
  • Masaklah unggas sampai daging terlihat putih. Masaklah ikan sampai ikan dapat dimakan dengan mudah menggunakan garpu. Masaklah hamburger, sosis, daging cincang sampai kering.
  • Bedakan pisau pemotong yang digunakan untuk daging mentah dengan pisau pemotong untuk makanan yang siap makan seperti sayur dan buah-buahan.6

D. Makanan yang dikonsumsi

  • Jangan mengkonsumsi susu yang tidak dipasteurisasi, atau jangan memakan produk susu seperti keju yan berasal dari susu mentah.
  • Jangan memakan daging mentah.
  • Jangan memberikan madu pada bayi dibawah umur 1 tahun.
  • Jangan memakan jamur liar yang tidak diketahui keamanannya untuk dikonsumsi.
  • Buah-buahan dan sayuran yang akan dimakan harus dicuci dengan bersih sebelum dikonsumsi.
  • Jangan memakan seafood yang berasal dari air yang terkontaminasi.
  • Jangan memakan makanan yang sudah menunjukkan tanda-tanda pembusukan


E. Menyimpan Makanan 

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan makanan untuk mencegah terkontaminasinya makanan dengan bakteri dan toksinnya adalah :
  • Pisahkan makanan mentah dengan makanan yang sudah dimasak, dan simpan makanan mentah di tempat yang paling bawah pada lemari pendingin untuk mencegah terkontaminasinya makanan yang lain akibat terkena air dari makanan mentah tersebut.
  • Makanan yang mudah rusak harus disimpan dalam dua jam ke dalam lemari pendingin atau freezer. Bila suhu ruang 90 F maka makanan harus didinginkan lebih cepat kurang dari satu jam.
  • Temperatur lemari pendingin harus selalu di bawah 5ºC dan temperatur freezer selalu dibawah -15ºC.
  • Daging, ikan, ayam, kerang-kerangan, dapat dimasukkan ke dalam freezer selama dua hari.
  • Daging sapi, daging babi dan daging domba dapat disimpan di dalam freezer selama 3-5 hari.
  • Makanan yang disimpan dalam lemari pendingin harus dibungkus menggunakan plastik pembungkus atau kertas timah.
  • Jika makanan yang mudah rusak harus diletakkan di luar lemari pendingin lebih dari dua jam, maka gunakanlah kontainer dan letakkan es di bawah makanan tersebut, agar makanan tetap dingin. Dan gantilah selalu es tersebut bila telah mencair.
  • Pembungkus tidak boleh bocor atau rusak karena air daging dapat mengkontaminasi makanan lain.
  • Jika menyimpan makanan panas, temperatur lemari pemanas harus tetap diatas 60ºC.
  • Jangan menyimpan makanan kaleng dalam keadaan tutupan kaleng terbuka.
  • Ketika hendak memanaskan makanan, sebaiknya makanan dibungkus.
  • Pastikan bahwa semua makanan sudah dimasak. Cara memastikannya dapat menggunakan termometer daging atau dengan memotong-motong daging dimana daging akan mudah dipotong-potong..7
  • Jangan menyimpan makanan di dalam kontainer yang mengandung logam berat seperti kontainer yang terbuat dari tembaga, seng atau timah hitam karena dapat mengkontaminasi makanan tersebut.

Manfaat Istirahat dan Tidur

Masyarakat dewasa ini dipenuhi dengan individu-individu yang merasa letih dalam perjuangan untuk mempertahankan “perlombaan” hidup menjadi nomor 1.  Di Indonesia perasaan lelah termasuk dalam 10 alasan utama mengapa seseorang mengunjungi dokter.  Setiap tahun diperkirakan 3,3 juta orang Amerika berkunjung ke dokter disebabkan oleh insomnia (susah tidur).  Statistik menunjukkan  sebanyak  80% orang Amerika mempunyai masalah yang berhubungan dengan kesulitan untuk tidur, yang hampir bersamaan dengan  tempat lainnya.

Kita sungguh membutuhkan istirahat!  Manfaat istirahat selain memberikan  pemulihan bagi tubuh kita yang letih, juga menyediakan waktu yang cukup bagi tubuh kita untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.  Ada dua macam istirahat yang diperlukan tubuh kita, yaitu istirahat harian dan istirahat mingguan.


beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari beristirahat harian dan istirahat mingguan, mengistirahatkan badan dari kegiatan kerja. kebutuhan istirahat tidur

I S T I R A H A T   H A R I A N


Mengapa tubuh kita memerlukan istirahat harian?  Setiap hari tubuh kita melakukan kegiatan sebagai berikut:
  • jantung berdenyut sebanyak 110.000 kali, 
  • kita berbicara beribu-ribu kata, 
  • kita bernafas sebanyak 28.000 kali, 
  • kita menggerakkan otot-otot utama beratus kali, 
  • otak kita menjalankan kegiatan dari 15 – 20 billion sel otak 
  • dan darah diedarkan sepanjang berjuta-juta kilometer melalui pembuluh darah arteri maupun vena dan kapiler.  Tidak heran kita perlu tidur sebagai istirahat harian kita.

Kebutuhan tidur seseorang berbeda-beda untuk setiap orang.  Seorang bayi membutuhkan tidur rata-rata selama 20 jam per hari.  Anak yang berusia antara 3-5 tahun membutuhkan 10-12 jam tidur dalam sehari.  Anak remaja berumur sekitar 12 tahun membutuhkan hanya sekitar 9 jam tidur per hari.  Orang dewasa membutuhkan sekitar 8 jam tidur per hari.  Apakah kebutuhan rata-rata ini adalah kebutuhan yang optimal tergantung kepada individu tersebut.  Breslow dan Belloc dalam Alameda County study yang terkenal itu  mendapatkan bahwa individu yang tidur sebanyak 8 – 9 jam per hari menunjukkan kesehatan yang lebih baik daripada orang yang tidur kurang atau lebih dari waktu tersebut.  Sekali-sekali ditemukan pengecualian dalam hal ini seperti Ben Franklin dan Thomas Edison yang hanya memerlukan 4 atau 5 jam tidur sehari.

Banyak yang hanya tidur beberapa jam pada malam hari, namun mengambil waktu untuk tidur sebentar beberapa kali sepanjang hari.  Sebaliknya, Albert Einstein memerlukan paling sedikit 9 jam tidur pada malam hari.

Kalau begitu pertanyaan yang perlu kita tanyakan ialah: “Bagaimanakah Anda tahu bahwa Anda telah tidur secukupnya?”  Para pakar tidur menyatakan bahwa kebutuhan tidur seseorang sudah dianggap cukup, jika ia tidak merasa mengantuk keesokan harinya maupun sempoyongan, dan merasa segar serta cukup sigap dalam melakukan aktivitas hariannya.  Para mahasiswa ataupun siswa yang belajar sepanjang malam untuk menghadapi ujian mereka, sering menderita konsekwensi kekurangan tidur (sleep deprivation) yang dimanifestasikan dengan angka yang lebih inferior.  Bilamana pekerjaan Anda tidak mengizinkan Anda untuk memperoleh cukup tidur pada malam hari, maka keesokan harinya kegiatan Anda di tempat kerja akan dilakukan dengan tidak seteliti mungkin.
     
Menurut penyelidikan yang dilakukan di dalam laboratorium tidur, dengan menggunakan electroencephalograph yang mencatat kegiatan listrik otak selama tidur, didapatkan 2 tipe utama dari tidur yakni: 1) Non Rapid Eye Movement (NREM) Sleep, yang dibutuhkan untuk istirahat fisik, 2) Rapid Eye Movement (REM) Sleep, yang dibutuhkan untuk istirahat mental. 

Tidur tipe NREM mempunyai 3 tahap ;
  • Tahap pertama, aktivitas otak sama seperti seorang yang terjaga, di mana ia mulai rasa mengantuk, tetapi masih sadar terhadap keributan dan suara di sekitarnya.  
  • Tahap kedua, gelombang otak menjadi lebih lambat dan bertambah besar sambil orang tersebut menjadi lebih rileks. Pada tahap ini sudah lebih sulit untuk membangunkan orang tersebut. 
  • Tahap ketiga, gelombang otak seseorang menjadi besar dan lebih lambat, yang dikenal dengan gelombang delta.  

kebutuhan istirahat tidurOrang merasakan suasana rileks yang mendalam di mana ia sama sekali tidak sadar terhadap apa yang sedang terjadi di alam sekitarnya. Inilah yang disebut dengan tidur yang nyenyak. Tidur tipe NREM biasanya memakan waktu sekitar 40 menit setelah Anda mulai tidur, kemudian Anda memasuki tidur tipe REM, penting untuk memulihkan fungsi mental dan emosi Anda.  Tidur ini dikenal juga dengan sebutan istirahat mental di mana tiba-tiba catatan electroencephalographmenunjukkan lemparan-lemparan kegiatan listrik seolah-olah orang itu sudah dalam keadaan bangun.  

Pada tidur tipe REM ini, biji mata orang yang tidur itu bergerak bolak balik dengan sangat cepat dan orang tersebut dapat mulai mendengkur, berjalan selagi tidur, ngompol, dan gemertak gigi.  Selama tidur tipe REM ini, selalu terjadi mimpi, meskipun hal itu tidak dapat diingat keesokan harinya.  Kedua tipe tidur ini akan terulang 4 sampai 6 kali setiap malam dalam 90 menit putaran.  Jelaslah bahwa tidur tipe NREM dan REM, sama penting untuk kehidupan kita agar dapat menjamin adanya isitrahat secara fisik maupun mental.

Tubuh bekerja setiap hari menurut siklus 24 jam (circadian rhythm). Ini berdasarkan musim yang beraneka ragam di mana terdapat variasi panjangnya hari dan malam.  Pada umumnya panjangnya siang hari mempengaruhi keluarnya hormon dan intensitas dari sekresinya. Hormon di mana sekresinya dipengaruhi oleh masa tidur termasuk:

(1) Cortisol.   


Hormon ini dikeluarkan pada periode kedua dari tidur Anda, di mana gunanya untuk menyediakan tubuh Anda untuk melakukan kegiatan hari berikutnya.  Cortisol berguna untuk berbagai hal termasuk mempengaruhi kadar gula darah, mengatur kadar sodium dan kalium, mengatur tekanan darah  dan mempengaruhi kekuatan otot Anda dan menghadapi stressor kehidupan.  Bilamana Anda tidur secara teratur, maka sekresi cortisol juga akan dikeluarkan secara teratur.

(2) Growth Hormone.  


Hormon ini disekresikan secara maksimum sewaktu Anda lagi tidur menjelang tengah malam (pada periode pertama dari tidur).  Hormon ini penting untuk pertumbuhan dan mempengaruhi transportasi asam amino ke otak (tryptophan) ke kelenjar pineal untuk merubah serotonin menjadi melatonin dan Anda dapat tidur dengan nyenyak.  Kemudian growth hormone juga membuat apa yang telah dipelajari lebih berdaya guna.  Tidaklah heran bilamana Anda telah belajar untuk menghadapi ujian, kemudian tidur dengan baik sehari sebelum ujian, Anda dapat lebih mengingat pelajaran yang telah dipelajari.  Bilamana growth hormone ini tidak disekresikan maka akan terjadi penurunan kekebalan di mana produksi dari cytotoxic T cells akan menurun, sehingga Anda mudah untuk menderita penyakit.  Tidaklah heran sebutan “Early to bed, early to rise, makes a man healthy, wealthy and wise”perlu dipraktekkan dalam kehidupan kita.

I S T I R A H A T   M I N G G U A N


    Menurut circaseptan rhythm bahwa irama tubuh seseorang berlangsung selama 7 hari.  Hal ini sesuai dengan penemuan Dr. Halberg, ahli riset biorhythm yang mendokumentasikan bahwa manusia memiliki irama tubuh 7 hari.  Dalam penelitiannya yang dilakukan dalam suatu gua, di mana jantung seseorang dipantau selama beberapa bulan dalam kondisi yang dikontrol.  Orang tersebut  sama sekali tidak mengalami gangguan dalam irama tubuhnya yang disebabkan faktor lingkungan dunia luar.  Setelah datanya dianalisa, ternyata didapatkan bahwa denyutan jantungnya menunjukkan suatu circaseptan rhythm.

    Penelitian dilanjutkan dengan penemuan-penemuan yang baru misalnya si penerima cangkokan ginjal cenderung untuk menolak ginjal baru dalam kurun waktu 7 hari berikut 14 hari setelah menjalani operasi.  Selain itu juga didapati bahwa observasi Fibrinogen (unsur pembekuan darah yang meningkatkan resiko serangan jantung) juga memiliki irama tubuh 7 hari

Zat yang diperlukan oleh tubuh dari makanan

Tentunya tidak ada orang yang berpikiran sehat akan dengan sengaja mengisi tangki mobilnya dengan solar apalagi minyak tanah, padahal dia tahu bahwa seharusnya dia mengisinya dengan bensin. Sebenarnya ketiga-tiganya adalah sama-sama bahan bakar minyak. Agar suatu mobil dapat berjalan dengan mulus dan tahan lama, maka mobil tersebut harus diisi dengan bahan bakar yang tepat baginya.

Saya yakin dengan sepenuhnya bahwa semua pemilik mobil akan selalu berhati-hati dalam memilih bahan bakar yang akan dia isi ke dalam tangki mobilnya. Tapi sangat disayangkan bahwa tidak sedikit orang yang kurang hati-hati dalam memilih makanan yang akan dimasukkan ke dalam tubuhnya. Sehingga tubuh mereka tidak dapat berfungsi secara prima.

Zat yang diperlukan oleh tubuh dari makanan

Kalau begitu, makanan yang bagaimanakah yang tepat bagi tubuh? Jawabnya adalah:  “Makanan yang lengkap”. Bagaimanakah yang lengkap itu?” Makanan yang lengkap adalah makanan yang mengandung seluruh zat gizi yang penting bagi pertumbuhan, kekuatan dan kesehatan dalam proporsi jumlah yang tepat.

Zat gizi adalah zat yang terkandung dalam makanan, yang dibutuhkan oleh tubuh supaya dapat berfungsi dengan sempurna.  Tubuh membutuhkan  sekitar 50 jenis zat gizi ini. Tubuh yang sehat sempurna dapat membentuk 25 dari ke 50 zat gizi itu.

Zat-zat gizi ini dapat digolongkan ke dalam 6 golongan yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dan air. Semua zat gizi di atas dapat juga digolongkan ke dalam tiga golongan fungsi yaitu: pertama, zat gizi yang memberikan energi untuk pergerakan tubuh maupun untuk reaksi-reraksi kimiawi dalam tubuh. Dengan demikian, yang memakannya akan “Bertenaga”. Yang termasuk golongan (pertama) ini adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Karbohidrat adalah pilihan utama tubuh sebagai sumber energi, sedangkan lemak adalah pilihan selanjutnya dan protein adalah pilihan yang terakhir.

Yang menjadi sumber karbohidrat adalah gula, tepung, atau pati yang terdapat pada umbi-umbian, biji-bijian, polong-polongan, buah-buahan, susu dan sebagainya. Sedangkan lemak dapat diperoleh dari mentega, minyak kelapa, daging, kacang-kacangan, keju, susu, pindekas, es krim, dan sebagainya. Protein dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, polong-polongan, dan biji-bijian.

Golongan kedua adalah zat gizi yang membangun dan memperbaiki tubuh. Zat-zat inilah yang merupakan “bahan bangunan” tubuh,  sehingga tubuh dapat “Bertumbuh”. Yang termasuk dalam golongan ini adalah air, protein, lemak, karbohidrat dan mineral. Dari semua ini, airlah yang terbanyak dalam tubuh yang membentuk sekitar 63% dari berat tubuh. Protein membentuk hampir 18% dari berat tubuh sedangkan karbohidrat berjumlah sekitar 0,8% saja. Vitamin tidak dianggap sebagai zat pembangun sebab jumlah keseluruhannya dalam tubuh dewasa sama sekali tidak mencapai 30gram.

Umumnya, makanan hewani adalah sumber yang baik bagi protein. Akan tetapi makanan nabati pun tidak kalah keunggulannya. Protein hewani dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, susu, dan keju. Protein nabati dapat diperoleh dari polong-polongan dan kacang-kacangan serta biji-bijian. Sekarang ini telah tersedia sumber protein yang lain yaitu protein sel-tunggal  yang berasal dari ganggang, bakteri, ragi, dan cendawan.

Golongan ketiga adalah zat-zat gizi yang berfungsi sebagai pelumas berbagai reaksi kimia maupun reaksi fisik dalam tubuh. Keenam golongan zat gizi yang disinggung di atas termasuk dalam fungsi yang ketiga ini. Akan tetapi yang paling utama adalah vitamin dan mineral. Zat-zat gizi inilah yang membuat seseorang tampak “Berseri”.

Di samping  sebagai pembangun dan sebagai tulang punggung berbagai zat penting dalam tubuh, mineral atau unsur juga berfungsi sebagai  “pelumas” berbagai reaksi kimia dalam tubuh. Ada 17 mineral yang penting dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah kalsium, fosfor, mangan, kalium, sulfur, klor, magnesium, yodium, flor, dan sebagainya. Zat gizi ini dapat diperoleh dari pelbagai makanan hewani maupun nabati.

Ada banyak jenis vitamin yang telah diketahui dibutuhkan oleh tubuh. Kesemuanya digolongkan ke dalam dua golongan yaitu larut dalam lemak, yakni vitamin A, D, E, K dan larut dalam air yaitu vitamin B1, B2, B6, niacin, asam pantotenat, B12, asam pteroglutamat, dan biotin serta vitamin C. Umumnya vitamin yang dapat larut dalam lemak terdapat pada makanan yang berlemak seperti makanan hewani dan kacang-kacangan, biji-bijian serta sayur-sayuran.

Di samping beberapa faktor kesehatan lainnya, makanan yang tepat dapat membuat kita bertenaga, tumbuh dan berseri. Kata tumbuh bukan hanya berarti bertambah tinggi, tetapi juga berarti tetap awet karena bagian-bagian tubuh yang rusak dapat diganti dengan yang baru. Rumus makanan lengkap adalah cukup sederhana yaitu: “Variasikan menu makanan sehari-hari dengan keenam zat gizi di atas, yaitu protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, dan air”.

Beberapa tahun yang lalu sewaktu saya masih berstatus mahasiswa, seorang teman saya satu kos dengan gembira sekali mengabarkan kepada saya bahwa akhirnya dia tidak perlu pusing soal menu makanannya. Sebab dia telah mendapat sebuah buku yang berisikan 164 variasi masakan instant noodle seperti supermie, dan sebagainya. Tentunya Anda tahu bahwa variasi yang saya maksudkan bukanlah variasi yang seperti di atas, yaitu satu jenis makanan dengan berbagai jenis cara memasaknya, melainkan variasi yang terdiri dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan makanan hewani secukupnya jikalau memang perlu.

Thursday, 9 January 2014

LOWONGAN RUMAH SAKIT HERMINA GROUP

LOWONGAN RS HERMINA GROUP
RUMAH SAKIT DENGAN 17 CABANG MEMBUTUHKAN LULUSAN :
  1. Dokter Spesialis Fulltime (Penyakit Dalam, Bedah, Radiologi, Patologi Klinik)
  2. Dokter Umum (diutamakan sdh PTT, dengan atau tanpa pengalaman Manajerial Perumahsakitan)
  3. Dokter Umum ( S1 kedokteran / S2 Manajemen berpengalaman di Asuransi : Jamkesmas, ASKES dll)
  4. Perawat & Bidan (Pddk : D 3)
  5. Perawat Gigi (Pddk : D 3)
  6. Asisten Apoteker (Pddk : minimal SMF)
  7. Radiografer (Pddk : D 3 Teknik Radiologi)
  8. Rekam Medis (Pddk : D 3 Rekam Medis
  9. Analis Kesehatan (Pddk : D3 Analis Kesehatan)
  10. Okupasi Terapi, Speech Terapi (Pddk : D3 Okupasi Terapi & D3 Terapi Wicara)
  11. Teknisi Elektro Medik (Pddk : D 3 Elektro Medik)
  12. Kesehatan Lingkungan (Laki2, Pddk : D 3 Kes. Lingkungan)
  13. Marketing (Pddk: S1, Pengalamam Marketing RS)
  14. Front Office (D3 Perumahsakitan, Komunikasi atau Jur. Lain, Penampilan Menarik, komunikatif)
  15. Arsitek (Usia Max. 35 thn, mampu 3D)
  16. s1 Ekonomi Manajemen / Akuntansi
  17. IT (Java Program: S 1 Pengalaman 1-2 thn, System Support : D3/S1 Pengalaman 1-2 thn)

Bersedia ditempatkan dicabang Banyumanik & Solo.

Kirim lamaran lengkap anda ke :
DEPARTEMEN HRD HERMINA HOSPITAL GROUP
JL. JATINEGARA BARAT NO. 126 JAKARTA TIMUR
EMAIL : rekrutmen_hermina@yahoo.com
www.herminahospitalgroup.com

Loker Perawat Bidan Januari

Lowongan perawat di Klinik Trio Husada 2 Batu Malang


Membutuhkan Tenaga :
1. Perawat minimal D3. S1
2. Bidan D3

Lamaran ditunjukan :

Klinik Trio Husada Malang
Jl.Ikan Tombro Barat.No.47 Malang - Jawa Timur

Berkas Lamaran diserahkan pada jam kerja (07.00 - 17.00wib)
dan diserahkan pada Satpam atau Bagian Resepsionist atau Apoteker

Contact Person: 085233030304

CITO : Dibutuhkan Tenaga Perawat atau Bidan untuk kerja di Klinik di Pagedangan Kabupaten Tangerang, 20 menit dari BSD ,

Persyaratan ;
-Memiliki STR
-Bersedia membuat SIKP atau SIKB

minat bisa Telpon / SMS: 081 387 064 754



Kami bagian medis dari PT BGA Group Wilayah 4 Cempaga yang  bergerak dibidang plantations and palm oil mills, saat ini sedang membutuhkan 2 bidan &3 perawat dengan kriteria 
  • DIII kebidanan/keperawatan
  • Belum menikah
  • Bersedia dtempatkan di daerah Kalimantan Tengah
  • Usia 20-25 th
  • Diutamakan yg memiliki sertfika APN&PPGD
  • Info lbh lanjut hub.I 081255782540


Kami perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan medis JASPER skincare&bodyhealth sedang membutuhkan tenaga medis.
DOKTER atau APOTEKER untuk klinik di Ciledug (Tangerang)
syarat :
1. Maks umur 30th
2.Memiliki STR/STRA dan SIP
3.Punya minat di bidang estetika medice

Bagi yang berminat silahkan kirim surat lamaran / CV
Ke Ratnapuspito@yahoo.com
atau contact person 089686399556
atau bawa surat lamaran dan CV :
Tuparev superblok B-02
JL. Tuparev 83 Kedawung, cirebon
(0231)226090


Dibutuhkan segera Tenaga Medis Bidan

untuk Klinik Syam Medical Central 24 jam
ada makan + Tempat tinggl sudah di sediakan
minat hubungi 082171099250

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No 613 Ujung Batu Rokan Hulu, Riau 28458
di samping Praktek drg. Yuliasusanti

Saturday, 4 January 2014

Lowongan Perawat RSIA Citra Insani Bogor

Rumah   Sakit   Ibu   dan   Anak  Citra Insani,   adalah   sebuah      Rumah  Sakit  beroperasi sejak 11 November   2001.   Dengan    mengedepankan     pelayanan      serta   keunggulan   SDM  dimulai  dari bergabungnya dokter-dokter      yang berkualitas di bidangnya, karyawan yang terlatih dan berorientasi pada  kepuasan  pasien,   Rumah  Sakit  Ibu  dan  Anak  Citra Insani sebagai salah satu     aset yang dimiliki Indonesia  siap melayani kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

RSIA Citra Insani Parung, Bogor Membuka lowongan Perawat dengan persyaratan  ;

1. Laki - Laki

2. lulusan min D3 Keperawatan

3. Memiliki STR

4. Usia max 30 tahun

5. diutamakan pengalaman 2 tahun bekerja di rumah sakit

6. berpenampilan menarik

7. mampu bekerjasama dalam tim

8. Bersedia bekerja dalam shift


Kirim Lamaran ke:
email : hrd@rsiacitrainsani.co.id
RSIA Citra Insani
Jl. Raya Parung No.242 Lebakwangi, Pemagarsari, Parung - Bogor 16330
Telp.(0251)88611507  ext.200