Wednesday, 26 March 2014

Tips Kesehatan Gigi, Penyebab Gigi Keropos

Gigi selain berfungsi sebagai alat pengunyah makanan, juga sebagai pelengkap senyuman di wajah kita. Bayangkan jika gigi kita ompong misalnya, tentu ada yang kurang dengan senyuman itu. Badan kesehatan sedunia mencatat  telah dikenal lebih dari 500 jenis penyakit serta kelainan gigi.  Satu di antaranya yang paling banyak diderita manusia adalah gigi berlubang yang disebabkan oleh pembusukan.  Walaupun penyakit ini yang paling umum, namun penyakit ini juga merupakan salah satu penyakit yang sebenarnya paling mudah dicegah.

Walaupun penyakit gigi tidak mengancam nyawa sebagaimana penyakit-penyakit lainnya, tetapi ada satu fakta yang membuatnya sama dengan yang lainnya, yaitu: pencegahannya lebih mudah daripada pengobatannya.  Mencegah penyakit ini berarti menghemat jutaan jam kerja yang tersita setiap tahunnya untuk mengobati dan merawat gigi yang berlubang karena membusuk.

Hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan gigi


Di samping pergesekan yang membuatnya aus, serta kerusakan mekanis lainnya yang membuatnya pecah dan patah, maka ancaman utama lainnya terhadap kesehatan gigi adalah bakteri.  Bakteri dapat menyebabkan pembusukan gigi.  Mulut manusia adalah tempat yang ideal bagi pertumbuhan bakteri selain hangat, gelap, basah, juga karena terdapatnya sisa-sisa makanan yang menjadi sumber makanan bagi bakteri tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan alasan yang kurang jelas, air liur memiliki peran dalam pencegahan pembusukan gigi.  Akan tetapi, tidak semua bagian dari gigi dan gusi dapat dijangkau oleh air liur.  Namun, justru air liur itu sendiri juga mengandung  jutaan bakteri dari berbagai jenis.


Para pakar ilmu kesehatan gigi telah menghitung bahwa dalam setiap 30 gram air liur bisa terdapat sampai 22 milyar bakteri.  Bahkan mulut yang sehat dan bersih sekalipun dapat mengandung lebih dari 10 jenis bakteri dan protosoa.  Paling sedikitnya ada tiga jenis bakteri yang dapat menimbulkan pembusukan gigi.

Penyebab sakit gigi dan kerusakan gigiSeperti makhluk hidup lainnya, bakteri pembusuk gigi juga mengeluarkan atau membuang limbah proses pencernaan.  Limbah ini adalah asam kuat yang dapat mengikis email gigi lalu melubanginya.  Email adalah lapisan terluar dari gigi dan merupakan zat yang paling keras dalam tubuh.  Sekali proses pengikisan ini berhasil menembus email gigi, maka bakteri tersebut akan menyerang lapisan berikutnya yaitu dentin.  Lalu, oleh karena 30% dari dentin adalah zat organik dibandingkan dengan 5% pada lapisan email, maka proses pembusukan pada lapisan ini akan berlangsung lebih cepat.

Jika proses pembusukan ini tidak dihentikan di sini, maka bakteri tersebut akan seterusnya masuk ke rongga gigi, dimana mereka akan berkembang biak dengan cepat lalu menimbulkan radang.  Jika ini tidak ditanggulangi segera, maka bakteri tersebut akan menyebar melalui pembuluh darah ke organ-organ tubuh lainnya, lalu menimbulkan beberapa penyakit yang di antaranya adalah radang selaput tulang yang disebut osteomyelitis dan satu penyakit jantung yang berbahaya yang disebut endokarditis.

Jadi, sebenarnya pembusukan gigi dapat diakibatkan oleh proses pembiakan bakteri-bakteri pembusuk gigi dalam mulut yang berlangsung secara tidak disengaja.  Sisa makanan yang kecil sekalipun cukup untuk menghidupi jutaan bakteri selama 24 jam atau lebih.  Makanan yang paling disukai oleh bakteri adalah gula putih (gula pasir).  Itulah sebabnya mengapa jajanan yang manis, seperti permen atau coklat apalagi yang dapat lengket di gigi, tidaklah baik untuk gigi.  Hal ini bukan berarti bahwa gula merupakan sebuah pantangan bagi mereka yang ingin memiliki gigi yang sehat. Makanan manis tidak telalu mengancam jika dimakan dengan makanan lainnya karena makanan itu akan mengencerkan gula tersebut lalu menyapu gula itu dari gigi sewaktu makanan tersebut ditelan.

Hal lain yang menyumbang kepada proses pembusukan gigi adalah pembentukan plak yang mengeras.  Plak adalah lapisan kotoran yang terdapat pada permukaan gigi yang belum dibersihkan.  Lapisan ini terbentuk oleh sisa-sisa makanan yang tertinggal setelah setiap kali makan.  Pada lapisan inilah bakteri-bakteri yang ada akan hidup dan berkembang biak.  Proses ini terjadi setiap hari.  Itulah sebabnya mengapa perlu menyikat gigi setiap hari.  Jika tidak dibersihkan, maka lapisan plak ini akan bercampur dengan lendir serta sel-sel dari lapisan permukaan dalam mulut dan dengan garam-garam mineral yang ada, lalu lama-kelamaan membentuk karang gigi.

Yang terbaik adalah menyikat gigi setiap kali selesai makan, terutama sebelum tidur malam.  Tetapi, seumpama tidak dapat menyikat gigi setelah makan, paling sedikit usahakanlah berkumur.  Sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi sepanjang malam sangat berbahaya. Jangan gunakan sikat gigi yang kasar sebab ini dapat melukai gusi.  Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluor.

Riset yang baru-baru ini diadakan di University of Iowa menunjukkan bahwa waktu rata-rata yang ideal untuk menyikat gigi adalah 5 menit.  Dengan menyikat gigi selama 2,5 menit, hanya 25% dari kotoran gigi yangbisa dibersihkan.


Bukan hanya asam yang berasal dari bakteri yang dapat merusak enamel gigi,  cuka dapur pun bisa. Itulah sebabnya masalah kerusakan gigi banyak ditemukan di kalangan masyarakat yang menyukai makanan yang asam karena banyak cuka.

Perubahan suhu gigi yang mendadak  atau sekitar 100C cukup berbahaya karena dapat meretakkan enamel gigi. Inilah sebabnya memakan atau meminum yang panas dan dingin sekaligus tidaklah baik untuk kekuatan gigi.


Adalah bijaksana untuk mengunjungi dokter gigi 2 kali setahun untuk pembersihan dan pemeriksaan.  Apa saja yang kita lakukan untuk memelihara gigi kita, akan menentukan tingkat kesehatannya. Gigi tidak pernah mati sendiri. Kita sendirilah yang membunuhnya. Maka dari itu mari sejak sekarang jaga kesehatan dan kebersihan gigi, terlebih kepada anak kita diajarkan kebiasaan menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut secara teratur. Bagaimanapun kesehatan gigi sangat berhubungan erat dengan kesehatan rongga mulut seperti bau mulut, simak juga tips menghilangkan bau mulut

Tuesday, 25 March 2014

Penyebab Kegemukan/Obesitas Anak

Obesitas atau Kegemukan dapat terjadi pada siapa saja, balita, remaja bahkan orangtua sekalipun dan tidak memandang jenis kelamin. Obesitas yang biasa juga disebut overweight atau berat badan berlebihan tentu saja membuat repot, memang di masa balita mungkin tidak terlalu berdampak, namun setelah menginjak remaja, tentu menjadi masalah yang serius karena dapat mengganggu aktivitas keseharian.

Penyebab Obesitas

penyebab obasitas pada anak
image by healthdetik
Overweight dan Obesitas terjadi karena makanan yang dimakan mengandung  kalori lebih banyak daripada kebutuhan kalori yang dapat digunakan dan dibutuhkan oleh tubuh.  Sehingga kelebihan energi ini disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.  Sebaliknya, jika kalori yang terpakai lebih banyak daripada yang diperoleh dari makanan, maka cadangan kalori yang berada dalam bentuk tersebut akan digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi.

Akan tetapi, melihat kondisi overweight maupun obesitas dari segi ini, maka sama mudahnya dengan mengatakan bahwa mereka yang mabuk alkohol adalah mereka yang meminum alkhohol lebih banyak daripada yang dapat ditoleransi oleh tubuh mereka.  Sekarang kita lihat berbagai penyebab obesitas yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.


1. Obesitas karena Faktor Keturunan. 


Di antara sifat-sifat fisik yang diturunkan adalah jenis bentuk tubuh.  Mereka yang cenderung menjadi “bulat” (endomorph), harus lebih waspada memperhatikan berat tubuhnya daripada yang cenderung menjadi kurus (ectomorph).  Mereka yang cenderung berotot (mesomorph) cenderung untuk tidak akan memiliki masalah soal berat tubuh.  Hanya sedikit orang yang benar-benar dapat digolongkan ke dalam hanya satu golongan yaitu endomorph, mesomorph, atau ectomorph.  Kebanyakan orang memiliki kombinasi ketiga sifat tersebut.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat (Boston University) memaparkan bahwa sekitar 40% dari anak-anak yang kegemukan, salah satu orangtuanya juga kegemukan.  Sedangkan bila kedua orang tuanya kegemukan maka 80% dari anak-anaknya akan kegemukan juga.  Tetapi hanya 9% dari anak-anak itu yang kegemukan dimana kedua orang tuanya tidak kegemukan.  Tidaklah jelas apakah memang masalah kegemukan adalah masalah keturunan.  Tapi yang jelas kebiasaan  makan, berolahraga, dan cara bekerja anak-anak, sangat dipengaruhi oleh cara dan kebiasaan orang tua mereka.

2. Kegemukan karena faktor fisiologis.


Para ahli riset percaya bahwa beberapa orang menjadi kegemukan karena sistem atau mekanisme pengontrolan nafsu makannya (apostat) tidak berfungsi dengan baik.  Pada manusia normal, sistem apostatnya akan menurunkan bahkan mematikan nafsu makan tepat pada waktunya jika sudah terasa kenyang.  Namun jika hal ini tidak berjalan dengan semestinya maka dia akan tetap ingin makan.

2. Faktor Budaya/Kebiasaan.  


Bayi-bayi yang gemuk bagi kebanyakan orangtua dianggap sebagi bayi yang sehat.  Sehingga banyak orang tua yang berusaha membuat bayinya “sehat” dengan memberikan terlalu banyak susu yang biasanya adalah susu botol.  Bayi yang terlalu gemuk pada usia enam minggu  pertama memiliki kecenderungan tumbuh menjadi remaja yang mengalami obesitas.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa 80% dari anak-anak yang kegemukan  tumbuh menjadi orang dewasa yang menderita obesitas.

3. Faktor Psikologi.  


Beberapa orang akan mencari makanan jika sedang mengalami gangguan emosi seperti ketegangan pikiran, kekecewaan, tekanan mental maupun kesepian.  Satu riset tentang obesitas menghasilkan beberapa alasan psikologis yang menyebabkan seseorang memiliki berat badan berlebihan.

•    Makan terlalu banyak karena stres yang tidak diketahui sebab-musababnya.

•    Makan terlalu banyak karena makanan adalah pelipur lara.

•    Makan terlalu banyak sebagai gejala penyakit pikiran yang mendalam.

•    Makan terlalu banyak karena kecanduan makanan berkalori tinggi.

Karena makan terlalu banyak, maka para “penderita” ini akan bertambah gemuk.  Selanjutnya tubuh yang gemuk dapat menjadi beban mental sehingga mereka dapat mengalami depresi.  Depresi inilah yang selanjutnya akan mendorong mereka untuk makan lebih banyak.  Kejadian ini dapat menjadi suatu lingkaran setan yang semakin merunyamkan masalah.

Masalah kegemukan lebih dari sekedar makan terlalu banyak atau kegiatan fisik yang sangat minim.  Banyak faktor yang terkait dalam timbulnya kondisi ini.

Saturday, 22 March 2014

Lowongan Teknisi HP Balikpapan

Ankala Teknologies

Perusahaan yang bergerak di bidang IT, Membutuhkan tenaga kerja untuk posisi TEKNISI HP dengan kriteria sebagai berikut :
1. Pria, usia maks 30 tahun
2. Pendidikan min. SMK/STM Teknik Elektro
3. Pengalaman min. 1 (satu) tahun lebih disukai pengalaman di perbaikan iPhone dan iPad

Kompensasi yang kami berikan :
1. Gaji
2. Ada insentifpekerjaan
3. Konpensasi uangkos/sewa bagi pekerja dari luar Balikpapan

Apabila dari kriteria di atas sesuai dengan pribadi anda, segera kirimkan cv, lamaran dan pas fhoto uk.4x6 1(satu) lembar beserta dokumen pendukung lainnya ke :
CV. Ankala Ranca Pawe
Jl. D.I. Panjaitan No.05 RT.25 Gunung Guntur
Balikpapan, Kaltim
Telp. 0542-7255555
HP.081283811110
atau email ke :ankala.rp@hotmail.com

Info Kerja Perawat Klinik Jiwa Nur Asa Medika Tangerang

Sudah lama tidak update informasi lowongan perawat dan bidan nih, kali ini akan saya share informasi kerja perawat untuk Panti Rehabilitasi Mental dan Klinik Jiwa Nur Asa Medika


Kualifikasi umum:
- Minimal lulusan D1 Asisten Perawat atau SMK Kesehatan (lebih disukai D3/S1 keperawatan)
- Dapat melakukan tindakan medis sederhana seperti melakukan injeksi, memasang infus, dsb
- Pria/ wanita
- Mempunyai sifat berani (tidak takut menghadapi pasien dengan gangguan mental, jiwa, dan narkoba), memiliki empati yang tinggi, sabar, telaten, dan mau belajar
- Dapat bekerja dalam tim
- Bersedia untuk tinggal di dalam panti
- Bersedia untuk bekerja full time
- Lebih disukai fresh graduate

Fasilitas:
- Gaji pokok Rp 1.500.000
- Tempat tinggal dan Makan 3x
- Bonus-bonus

Lamaran dikirimkan via email ke nur.asa.medika@gmail.com selambatnya 1 minggu sejak loker ini dimuat. Kami akan melakukan seleksi berkas. Bila terpilih, akan dihubungi untuk wawancara selambatnya 2 minggu sejak loker ini dimuat.

Bila ada pertanyaan (021) 70606689. Info selengkapnya tentang Nur Asa, dapat dilihat di http://pantirehabilitasi.wordpress.com/

Tuesday, 18 March 2014

Lacak Jejak Penerbangan Pesawat yang Hilang

Waypoint pesawat Malaysia Airlines MH370. (http://airinfodotorg.files.wordpress.com/)
Lacak Jejak Penerbangan Pesawat yang Hilang

Sejak awal, para ahli penerbangan bingung dengan putusnya kontak pesawat yang dilengkapi peralatan canggih itu tanpa ada peringatan darurat sebelumnya.

Hingga Minggu (16/3), terhitung sembilan hari pesawat Boeing 777-200ER milik Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 menghilang. Setelah pencarian di Laut Cina Selatan tidak membuahkan hasil, Sabtu (15/3), muncul informasi baru yang mengarah pada pembajakan pesawat itu.

Sejak awal, para ahli penerbangan bingung dengan putusnya kontak pesawat yang dilengkapi peralatan canggih itu tanpa ada peringatan darurat sebelumnya. Ketidakpastian kian bertambah setelah seminggu pencarian di Laut Cina Selatan tidak menunjukkan tanda-tanda ada pesawat jatuh. Padahal, kawasan itu tergolong ramai dan dipantau banyak satelit.

Saat sebuah pesawat hilang kontak, asumsi pertama yang muncul biasanya adalah pesawat jatuh. Dari kontak terakhir, posisi hilangnya pesawat dapat dilacak. Adapun posisi pasti jatuhnya pesawat dapat dilihat dari pecahan badan pesawat yang terlihat ataupun pancaran sinyal emergency locator transmitter (ELT).

Pesawat MH370 hilang kontak dengan petugas pengendali lalu lintas penerbangan setelah 50 menit lepas landas dari Kuala Lumpur. Ketika itu, posisi pesawat berada pada jarak sekitar 220 kilometer dari Kota Bharu, di timur laut Semenanjung Malaya, dalam perjalanan menuju Beijing, China.

Pengamat penerbangan dari majalah Angkasa, Dudi Sudibyo, mengatakan, pesawat terbang modern dilengkapi dengan Aircraft Communications Addressing and Reporting System (ACARS). Alat ini mengirimkan data penerbangan ke petugas maskapai dan data mesin ke pabriknya secara real time. "Alat ini memandu dan memantau pesawat sejak lepas landas, menjelajahi ketinggian, hingga mendarat di tujuan," kata Dudi.

Sebaliknya, petugas di darat akan mengirimkan data pendukung penerbangan, seperti prakiraan cuaca di depan perjalanan. Jika pesawat akan menyeberangi lautan luas, navigasi pesawat akan dibantu satelit agar posisi pesawat tetap di jalurnya.

Mantan Presiden Asosiasi Pilot Garuda, yang juga pilot Airbus A330, Stephanus G Setitit, menambahkan, selain ACARS, pesawat memiliki transponder (radar sekunder) yang memancarkan sinyal dari pesawat ke radar primer yang ada di pengendali lalu lintas penerbangan (ATC) di bandar udara. Sinyal ini memberitahukan posisi pasti pesawat. "Radar sekunder digunakan untuk mendeteksi awan di depan pesawat," ujarnya.

Sinyal transponder bisa ditangkap radar militer untuk kepentingan pertahanan negara. Syaratnya, pesawat masih berada pada jangkauan radar itu.

Baik ACARS maupun transponder terletak di kokpit pesawat dan bisa dimatikan. Dalam kasus pesawat MH370, ACARS mati sebelum pesawat mencapai pantai timur Semenanjung Malaya dan transponder mati saat pesawat berada di perbatasan wilayah udara Malaysia dan Vietnam.

"Walau kedua alat itu mati, pesawat tetap bisa terbang normal. Hanya, pergerakannya tidak bisa dipantau petugas di darat," kata Stephanus.

ACARS dan transponder tidak menunjukkan posisi jatuhnya pesawat. Posisi jatuhnya pesawat biasanya dideteksi dari sinyal yang dipancarkan ELT. ELT disimpan di ekor pesawat dan akan aktif jika pesawat mengalami benturan keras. Durasi sinyal yang dipancarkan ELT hanya 24 jam.

Sinyal ini akan ditangkap satelit dan disampaikan ke tim SAR terdekat untuk meminta bantuan penyelamatan. Sinyal ELT dipastikan akan terdeteksi di mana pun pesawat itu jatuh.

Sejenis dengan ELT, ada Underwater Locator Beacon (ULB) yang disimpan di dekat kotak hitam di ekor pesawat. Sinyal ULB aktif hingga 30 hari sejak tumbukan dan dapat ditangkap satelit meski pesawat tenggelam di dasar laut.

Ahli desain operasi perawatan pesawat terbang Program Studi Aeronautika dan Astronautika Institut Teknologi Bandung, Hisar Manongam Pasaribu, mengatakan, kedua penunjuk lokasi jatuhnya pesawat bisa saja tidak aktif saat pesawat jatuh dan mengalami tumbukan. Berdasarkan data statistik, 81-83 persen ELT hidup saat terjadi tumbukan. Artinya, ada potensi 17-19 persen ELT tidak aktif walau pesawat jatuh.

"Banyak hal bisa memicu tak aktifnya ELT, bisa jadi karena sengaja dirancang aktif pada benturan sangat tinggi, dayanya habis atau kemungkinan lain yang belum diketahui," katanya. Berbeda dengan ACARS dan transponder, ELT tidak bisa dimatikan.

Jika tidak ada sinyal ELT dan tidak ditemukan serpihan pesawat di sekitar titik kontak terakhir pesawat, kemungkinan besar pesawat memang tidak jatuh di sekitar Laut Cina Selatan.

Kondisi itu diperkuat dengan keterangan Pemerintah Malaysia, Sabtu (15/3), bahwa setelah mendekati perbatasan wilayah udara Malaysia-Vietnam, pesawat berbalik arah menuju barat, menyeberangi Semenanjung Malaya. Kontak pesawat dengan satelit terakhir terdeteksi pada 8 Maret pukul 08.11, sekitar 7 jam setelah pesawat hilang dari pengawasan ATC.

http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/03/lacak-jejak-penerbangan-pesawat-yang-hilang

Monday, 17 March 2014

Siapa Saja Penumpang MH370 yang Hilang, Itulah Pertanyaan Penyelidik

Setelah delapan hari hilang, para penyelidik di Malaysia memfokuskan pertanyaan pada siapa saja penumpang pesawat Malaysian Airlines MH370.

Penyelidikan diarahkan kepada penumpang dan kru setelah Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan dalam jumpa pers mengenai kemungkinan pesawat yang mengangkut 239 penumpang tersebut dibajak.

TRIBUNnews.com mengutip laporan KOMPAS.com yang mengungkapkan, otoritas Malaysia yang menyelidiki hilangnya pesawat Boeing 777-200 milik Malaysia Airlines menunggu kiriman data dari sejumlah negara yang warganya menjadi penumpang di dalam pesawat MH370 itu.

Sebanyak 152 penumpang atau lebih separoh berkewarganegaraan China. Pesawat itu hilang dalam penerbangan dari Kualalumpur menuju Beijing.

Data yang diselidiki terkait latar belakang dari para penumpang yang ada di dalam pesawat. Diberitakan sebelumnya, pesawat Malaysia Airlines hilang Sabtu (8/3/2014) dini hari diketahui mengangkut penumpang yang berasal dari 13 negara.

Pemeriksaan atas latar belakang penumpang ini diharapkan dapat mengungkap teka-teki seputar berbeloknya arah penerbangan MH370 yang semula dari Kualalumpur ke Beijing, menjadi menuju Semenanjung Malaysia dan Samudera Hindia, tanpa terpantu radar.

"Baru sebagian kecil negara yang merespon permintaan kami ini," kata Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar, dalam konferensi pers di Kualalumpur, Minggu (16/3/2014).

Sejalan dengan itu, kata Khalid, polisi pun terus melakukan investigasi terhadap petugas darat di bandara Kualalumpur, dan pemeriksaan terhadap dua pilot yang menerbangkan pesawat itu

MH370 Dicurigai Mendarat di Pulau Diego Garcia

Setelah Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengumumkan Malaysia Airlines MH370 dipastikan terbang ke Samudera Hindia, muncul spekulasi baru pesawat tersebut menuju ke salah satu pulau terpencil di tengah Samudera Hindia, Pulau Diego Garcia.

Dalam konferensi pers pada Sabtu (15/3/2014) kemarin, Najib Razak menyebut ada dua koridor yang mungkin menjadi lokasi pendaratan MH370 yang hilang. Koridor utara antara Turkmenistan dan Kazakhstan dan koridor selatan di Samudera Hindia yang berbatasan dengan Indonesia.

Dari berbagai diskusi yang hangat diperbincangkan di dunia maya, sebagian menyebut pesawat itu kemungkinan terbang ke koridor selatan, yaitu ke Pulau Diego Garcia. Lantas, seperti apa Pulau Diego Garcia?

Terletak di koordinat 7°18′48″ LS dan 72°24′40″ BT, pulau ini dinamakan sesuai penemunya, yaitu pelaut asal Spanyol Diego GarcĂ­a de Moguer. Dia menemukan kepulauan yang tak berpenghuni ini pada tahun 1500-an.

Pulau ini berada di sebelah barat Indonesia dan selatan India. Benar-benar di tengah Samudera Hindia. Penduduk mulai hadir sejak 1793, yaitu para pekerja perkebunan kelapa yang didatangkan dari Afrika hingga China.

Mulai 1814, pulau ini menjadi milik Inggris, tepatnya saat Perang Napoleon, dan dikendalikan melalui Mauritius. Kemudian pada tahun 1965, Inggris mengendalikan sepenuhnya Diego Garcia dan kepulauan di sekitarnya dari London dan wilayah itu diberi nama British Indian Ocean Territory (BIOT).

Pengendalian secara penuh atas pulau ini bukannya tanpa alasan. Saat itu Inggris sedang mempersiapkan kerja sama keamanan dengan Amerika Serikat. Penduduk yang telah mendiami pulau ini sekitar 200 tahun lalu mulai diminta keluar pada 1971.

Hanya anggota militer Inggris dan AS yang kemudian berhak mendiami kawasan ini. Praktis, pulau ini menjadi tertutup dan terkesan "misterius". Pada Perang Irak (2003-2006) dan Perang Afganistan (2001-2006), para tentara sekutu, yaitu dari Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Filipina tinggal di Diego Garcia, dan menyiapkan keperluan perang dari pulau ini.

Sebagai daerah militer, Pulau Diego Garcia tentu memiliki landasan pacu. Mengutip Wikipedia, landasan pacu di pulau ini berjenis ETOPS (Extended Range Twin Engine Operations), yaitu landasan darurat untuk penerbangan komersial yang melintasi rute Samudera Hindia.

Hanya pesawat komersial yang bermesin ganda yang bisa mendarat di lokasi ini. Sementara, jenis pesawat berbadan lebar yang bisa mendarat di Pulau Diego Garcia adalah Airbus A330, Boeing 767, ataupun Boeing 777.

Isu intelijen

Berbagai literatur menyebutkan Diego Garcia menjadi salah satu lokasi kegiatan intelijen AS, yaitu CIA. Hal ini ditegaskan oleh laporan Dewan Keamanan Eropa 2007, yang menyatakan pulau ini telah digunakan oleh AS untuk program yang kontroversial, yaitu mengangkut para narapidana kelas berat.

Hal ini kemudian dipertegas oleh laporan Pemerintah Inggris pada 2008 yang menyebutkan bahwa AS pernah melakukan pengisian bahan bakar pesawat di Diego Garcia pada 2002, di mana pesawat itu digunakan untuk mengangkut narapidana yang "bernilai tinggi" (terorisme).

Disebut-sebut, salah satu narapidana AS yang pernah singgah di pulau ini adalah Khalid Sheikh Mohammed.

Isu seputar intelijen juga pernah dibocorkan oleh Wikileaks. Dalam kabel diplomatik yang dibocorkan Edward Snowden itu disebutkan bahwa Pulau Diego Garcia dan sekitarnya telah ditetapkan sebagai cagar alam laut. Ini dimaksudkan untuk mempersulit para penduduk yang pernah tinggal di pulau tersebut mengklaim kembali.

Berikut kutipan dari kabel diplomatik AS yang dibocorkan Wikileaks:

"....seorang pejabat senior luar negeri dan persemakmuran Inggris telah menginformasikan bahwa isu menetapkan cagar alam taman laut terbesar di dunia, termasuk di Pulau Diego Garcia tidak akan melanggar kepentingan militer. Dia (pejabat senior Inggris) setuju bahwa Inggris dan AS harus bernegosiasi secara berhati-hati untuk memastikan bahwa kepentingan militer AS tetap terlindungi...."

Dalam konferensi pers Sabtu kemarin, PM Najib Razak juga mengonfirmasi bahwa MH370 masih mengirimkan sinyal ke satelit pada pukul 08.11 waktu Kuala Lumpur, atau lebih dari 6 jam setelah pesawat itu dinyatakan hilang. Artinya, pesawat tersebut masih mengudara ke tujuan tertentu.

Ada unsur kesengajaan dari salah satu pilot yang terbang untuk mematikan transponder komunikasi. Selain itu, otoritas penerbangan Malaysia juga menyebut bahwa aksi "penghilangan" MH370 itu dilakukan oleh seseorang yang sangat ahli dalam penerbangan.

Lantas, apakah MH 370 memang menuju ke Pulau Diego Garcia dengan motif tertentu? Mari kita tunggu perkembangannya...

Saturday, 15 March 2014

Radar Militer Lacak Pesawat Malaysia Terbang ke Andaman

Radar Militer Lacak Pesawat Malaysia Terbang ke Andaman

VIVAnews - Dua orang sumber mengatakan, radar militer berhasil melacak bukti pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370, secara sengaja diterbangkan ke Semenanjung Malaysia menuju Pulau Andaman, India.

Menurut dua sumber tersebut, sebuah pesawat yang tidak terindentifikasi dan diyakini penyelidik pesawat nahas, MAS mengikuti sebuah rute di antara navigasi titik koordinat tujuan akhir ke Timur Tengah atau Benua Eropa.

Dilansir laman The Star, Jumat 14 Maret 2014, pesawat jenis boeing 777-200 ER itu terakhir kali terdeteksi di radar militer di barat laut tepi pantai Malaysia. Berdasarkan posisi terakhir itu, menunjukkan bahwa pesawat terbang menuju Pulau Andaman di India.

Pulau Andaman merupakan rangkaian pulau di antara Laut Andaman dan Teluk Bengal.

Sementara menurut sumber ketiga yang mengikuti proses penyelidikan sejak awal mengatakan, proses pencarian kini berfokus kepada teori soal individu yang secara sengaja membalikkan arah penerbangan. Dari informasi yang dilontarkan sumber tadi, pesawat MAS malah mengikuti koridor yang dikenal pilot sebagai N571 dan P628.

Rute dengan koridor penerbangan itu biasanya diambil oleh pesawat penerbangan komersial dari Asia Tenggara menuju ke Timur Tengah atau Eropa. Informasi soal rute tersebut bisa ditemukan dalam sebuah dokumen publik yang dipublikasikan oleh pejabat penerbangan regional.

Jalur penerbangan pesawat MAS yang terlacak di radar militer ini, membuat indikasi pembajakan atau sabotase kian menguat. Pasalnya rute yang diambil melenceng jauh dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

"Apa yang dapat kami katakan yaitu kami tengah menyelidiki kemungkinan sabotase. Aksi pembajakan juga masuk ke dalam dugaan utama," kata sumber yang menjabat sebagai pejabat kepolisian Malaysia.

Ketiga narasumber itu menolak mengungkap identitasnya, karena mereka tidak memiliki kewenangan untuk berbicara kepada media dan isi penyelidikan sangat sensitif.

Komentar ketiga narasumber ini merupakan petunjuk yang paling jelas diungkap untuk kali pertama setelah sebelumnya banyak petunjuk yang keliru. Menindaklanjuti temuan itu, alutsista Angkatan Laut dari beberapa negara lalu memfokuskan pencarian di Samudera Hindia dan Laut Andaman.

Sebelumnya kepolisian Negeri Jiran mengatakan, mereka tengah menyelidiki kemungkinan adanya penumpang atau kru yang memiliki masalah pribadi atau psikologis sehingga memicu terjadinya aksi pembajakan, sabotase atau kerusakan mekanik pesawat.

Namun, hingga saat ini pejabat dari Kementerian Malaysia belum bisa dimintai komentarnya terkait temuan baru tersebut.

Kemungkinan bahwa pesawat hilang kontak dengan menara pengawas dan tidak terlihat radar sipil, semakin menguatkan bahwa seseorang di pesawat secara sengaja mematikan sistem komunikasi.

Kali terakhir pesawat terlihat di layar radar sipil pukul 01:30 waktu setempat pada Sabtu, 8 Maret 2014. Padahal, pesawat yang mengangkut 227 penumpang dan 12 kru itu, kurang dari sejam lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Dua sumber itu membenarkan pesawat kehilangan kontak saat berada di ketinggian 35 ribu kaki di timur tepi Pantai Malaysia, saat tengah menuju Vietnam, dengan titik navigasi disebut "Igari". Saat itu waktu menujukkan pukul 01:21 dini hari.

Militer menduga pesawat kemudian berbalik tajam ke arah barat dengan menuju titik navigasi yang disebut "Vampi", di bagian timur laut Provinsi Aceh. Dari sana, pesawat diduga terbang selatan Pulau Phuket, Thailand dan terakhir terlihat menuju barat laut titik navigasi yang disebut "Igrex" dengan titik navigasi P628.

Dengan rute P628, biasanya pesawat akan mengudara menuju Pulau Andaman dan terbang menuju Benua Eropa.

Sumber itu juga mengatakan bahwa Malaysia telah meminta data mentah radar dari beberapa negara tetangga seperti Indonesia, Thailand dan India yang memiliki pangkalan laut di Pulau Andaman. (sj)

Friday, 14 March 2014

Kopilot Ajak Penumpang ke Ruang Kemudi, Ini Reaksi Malaysia Airlines

Pilot dan kopilot pesawat nahas Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370, kini menjadi sorotan publik. Hal itu lantaran foto sang kopilot, Fariq Abdul Hamid, tengah berfoto di ruang kokpit dengan dua perempuan asal Afrika Selatan beredar luas di media.

Dilansir dari laman The Star, kisah ini terungkap, lantaran salah satu perempuan itu, mengaku kepada tayangan A Current Affairs milik Channel 9, pernah berfoto bersama dengan Fariq dan kapten pilot di ruang kemudi pesawat. Peristiwa itu terjadi pada Desember 2011 silam, ketika Fariq mengemudikan Malaysia Airlines dari Phuket menuju Kuala Lumpur.

Malaysia Airlines mengaku terkejut mengetahui adanya laporan pelanggaran yang dilakukan pilotnya sendiri. Namun, mereka belum mengklarifikasi tuduhan itu.

Sejak kejadian teror 11 September 2001 silam menimpa Amerika Serikat, para penumpang dilarang memasuki ruang kokpit selama penerbangan berlangsung.

Fariq diketahui bergabung dengan Malaysia Airlines di usia yang masih sangat muda yakni 20 tahun. Usai lulus di sebuah sekolah penerbangan di Langkawi, Fariq langsung diterima di maskapai milik Pemerintah Negeri Jiran itu.

Dalam ingatan imam sebuah masjid yang mengenal Fariq, Ahmad Sharafi Ali Asrah, pria yang kini berusia 27 tahun itu merupakan anak baik-baik dan bukan seorang cassanova seperti yang dituduhkan salah seorang perempuan Afsel itu. Menurut Ahmad, Fariq pria yang rajin salat dan kerap hadir di perayaan agama.

Sehingga, di matanya tidak mungkin, Fariq pernah melanggar aturan keamanan kokpit.

"Cerita itu tidak masuk akal dan saya menduga itu hanya sebuah upaya untuk memojokkan Fariq atau maskapai Malaysia Airlines," ungkap Ahmad.

Fariq, imbuh Ahmad, merupakan seorang pria yang baik dan rendah hati.

Kemampuan Fariq sebagai seorang pilot pun juga diakui oleh jurnalis senior dari kantor berita CNN, Richard Quest, yang pernah ikut mengabadikan momen ketika Fariq baru saja mulai mengemudikan pesawat jenis Boeing 777-200. Saat itu, ujar Quest, Fariq membantu kapten pilot mengemudikan pesawat bongsor Boeing dari Hong Kong menuju Kuala Lumpur.

"Sangat menarik melihat cara dia mendaratkan pesawat," ungkap Quest.

Dia pun menyebut teknik Fariq mengemudikan pesawat sangat sempurna sesuai dengan apa yang diajarkan di dalam buku.

Malaysia Airlines Ganti Nomor Penerbangan ke Beijing

Paska raibnya Pesawat Malaysia Airlines jenis Boeing 777-200 ER yang mengangkut 227 penumpang dan 12 kru, pihak manajemen akhirnya memilih untuk mengganti nomor penerbangan menuju Beijing, China. Apabila sebelumnya nomor penerbangan itu MH370, maka maskapai tersebut memutuskan mengganti nomor penerbangan menuju Beijing menjadi MH318.

Sementara untuk penerbangan dari Beijing menuju Kuala Lumpur diberi nomor MH319. Hal tersebut diumumkan pihak manajemen pada Kamis, 13 Maret 2014 di situs resmi Malaysia Airlines.

"Hal ini kami lakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap penumpang dan kru pesawat MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014," tulis manajemen Malaysia Airlines di situsnya.

Secara otomatis nomor penerbangan MH370 dan 371 tidak akan lagi digunakan. Mulai Jumat, 14 Maret 2014, Malaysia Airlines resmi menggunakan nomor penerbangan MH318 dan MH319.

Pihak manajemen menjanjikan tidak akan ada perubahan dalam kualitas layanan mereka, kendati mengganti nomor penerbangan.

"Kami akan terus melayani operasional dua kali dalam sehari menuju Beijing," imbuh mereka.

Pihak manajemen juga mengatakan terus mendoakan para penumpang dan kru pesawat MH370.

Memasuki hari keenam, pencarian yang dilakukan oleh 12 negara untuk menemukan pesawat nahas itu belum berbuah hasil nyata. Namun, pada hari Kamis ini, satelit China mengklaim berhasil menemukan tiga puing di Laut China Selatan.

Dilihat ukurannya yang besar, diduga kuat itu adalah puing pesawat Malaysia Airlines yang raib secara misterius pada 8 Maret 2014.

Dukun Pencari Pesawat Hilang Terancam Bui

Departemen Agama Islam Selangor, Malaysia, mengancam menangkap dukun Ibrahim Mat Zin apabila dia tidak menghentikan aksinya di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Ibrahim dinilai melakukan perbuatan melanggar syariat Islam.


Hal itu dikatakan Kepala Penegakan Hukum di Distrik Sepang, Zaifullah Jaafar Shidek, yang menyebut akan memantau kondisi bandara, apabila Ibrahim masih terus melakukan ritualnya agar dapat mengembalikan pesawat MH370.

Dilansir laman The Star, Zaifullah menegaskan apa yang dilakukan Ibrahim telah melanggar ajaran Islam. 

"Apapun yang bertentangan dengan prinsip syariah dan fatwa maka diminta agar segera dihentikan. Apabila mereka menolak, kami akan menahan mereka," ungkap Zaifullah pada Kamis, 13 Maret 2014, ini. 

Dia menambahkan, untuk memantau apakah Ibrahim masih terus beraksi, Zaifullah sampai menurunkan tujuh petugas ke KLIA. Para petugas itu sudah mulai memantau area di bandara sejak pukul 10.30 waktu setempat. 

"Hal ini dilakukan untuk menghindari warga menjadi syirik atau menyimpang," kata dia. 

Departemen Agama, imbuh dia akan menahan siapa pun yang melakukan perbuatan yang bertentangan dengan prinsip syariah dan fatwa sesuai dengan UU Tindak Kriminal Syariah ayat tujuh tahun 1995 silam, karena telah menyebarkan doktrin palsu.

Kritik juga dilayangkan oleh sebuah LSM Muslim bernama Pertubuhan Ilmuan Malaysia. Menurut sang ketua, Ahmad Fazrin Yahaya, dukun berjuluk Raja Bomoh Sedunia Nujum VIP, hanya ingin mencari perhatian saja. 

Ahmad pun sepakat dengan Departemen Agama Islam di Selangor yang menyebut bahwa ritual yang dilakukan Ibrahim tidak sesuai dengan prinsip dasar Islam. 

"Sebagai seorang Muslim, saya meyakini hanya salat dan memohon petunjuk dari Allah yang menjadi jalan keluar," kata dia. 

Ahmad merasa apa yang dilakukan oleh Ibrahim tidak saja membuat kaum Muslim Malaysia merasa malu, tetapi juga menghina ajaran Islam. 

Dalam aksinya yang berlangsung pada Rabu kemarin, Ibrahim membawa beberapa asisten dan peralatan seperti air zam-zam, dua kelapa hijau, sebuah tongkat yang membantu orang berjalan, dan sebuah karpet. Asisten Ibrahim terlihat duduk berjejer ke belakang di atas karpet, seolah-olah tengah mendayung di atas permukaan air. 

Sebelumnya, dalam aksi serupa pada hari Senin lalu, Ibrahim melakukan ritual berbeda. Saat itu peralatan yang dibawanya yakni teropong yang terbuat dari bambu dan perangkap kail ikan.  

Ibrahim mengatakan tertarik untuk ikut membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines yang hilang atas keinginannya sendiri, kendati sebelumnya beredar kabar dia diundang oleh salah seorang pejabat top Negeri Jiran. Memasuki hari keenam, tim SAR gabungan dari 12 negara masih belum memiliki titik terang soal keberadaan pesawat jenis Boeing 777-200 ER itu.

Sunday, 9 March 2014

Menteri Lapor Pesawat Hilang MH 370 Berpatah Balik Ke KLIA

Sidang media tadi. Yang baru saja berlalu beberapa minit telah merekodkan kenyataan Hishammuddin yang mengatakan bahawa ;

1. Setelah berbincang dengan beberapa agensi berkaitan dalam dan luar negara, setelah meneliti kesemua maklumat yang ada, menteri mengatakan bahawa pesawat Boeing #MH370 mungkin telah berpatah semula ke KLIA.

2. Maksudnya, ketika penerbangan ke Beijing, dan tiba2 di separuh jalan, pilot membuat keputusan untuk berpatah balik ke KLIA.

3. Menteri berkata ini antara kemungkinan yang difikirkan telah berlaku.

Dan menteri juga enggan mengulas lanjut berkaitan bagaimana mereka boleh mendapatkan kemungkinan ini sebaliknya meminta kita menunggu pada sidang media yang seterusnya. Iaitu pukul 1 tengahari nanti.

Fuh..

Bagi cemas pula.

Dan Astro Awani pula mengandaikan bahawa apakah ada kemungkinan pesawat MAS itu telah dirampas oleh terrorist berdasarkan kepada maklumat terbaru yang ditemui iaitu ada 2 penumpang yang menggunakan passport masuk untuk menaiki penerbangang tersebut?



The Guardian melaporkan bahawa ;

1. Ada 2 penumpang yang dikatakan menaiki pesawat dengan menggunakan passport palsu.

2. Kedua2 passport itu dilaporkan telah hilang ketika pemilik sebenar bercuti di Thailand.

3. Warga Itali dan warga Austria yang dilaporkan berada dalam pesawat terbabit sebenarnya tidak berada dalam pesawat tersebut.

Dan, susulan dari pendedahan ini, maka spekulasi berkaitan terrorist dan rampasan kapal terbang telah dilaporkan secara meluas di pelbagai jenis media online dalam dan luar negara, termasukla media2 arus perdana.

Namun, menteri kita tidak mahu mengesahkan jika perkara berkaitan passport palsu ini betul atau tidak. Apa yang menteri kita sedia kongsikan cuma kerajaan kita bersedia bekerjasama dengan unit risikan antarabangsa berkaitan terrorist bagi mengenalpasti isu passport palsu.

Dan yang terakhir sekali, Hishammudin juga mengesahkan berita mengenai penemuan tompokan minyak atas perairan Vietnam adalah benar. Dan mereka masih lagi mengenalpasti jika2 minyak tersebut ada kaitan dengan misteri kehilangan pesawat MH370.

Itu saja.