Saturday, 20 February 2016

Tips Agar Cepat Hamil; Proses Terjadinya Kehamilan

Kehamilan merupakan sesuatu yang didambakan oleh sebuah keluarga, baik mereka yang baru menikah, terlalu lama memakai alat kontrasepsi KB, wanita yang baru keguguran, maupun mereka yang menginkan anak kedua. Tidak sedikit pasangan yang bertahun-tahun menikah namun tak kunjung dikarunia buah hati. Berbagai cara mereka tempuh namun tak kunjung membuahkan hasil. Tak jarang akhirnya mereka memutuskan program bayi tabung sebagai jalan terakhir, yang saya yakin tidak semua orang bisa menyanggupi biaya untuk program bayi tabung tersebut.

Sebelum saya memberikan tips agar cepat hamil  ada baiknya kita ketahui dulu tentang sebab-sebab dan proses terjadinya kehamilan dari segi ilmiah dan kedokteran

Kehamilan terjadi setelah adanya proses pembuahan sel telur oleh spermatozoid, baik melalui proses hubungan badan maupun proses lain. Jika dalam hubungan intim, maka prosesnya akan seperti ini;

Kehamilan terjadi ketika sel sperma yang masuk ke dalam rahim seorang perempuan membuahi sel telur yang telah matang. seorang laki-laki rata-rata mengeluarkan air mani sebanyak 3 cc, dan setiap 1 cc air mani yang normal akan mengandung sekitar 100 juta hingga 120 juta buah sel sperma. Setelah air mani ini terpancar (ejakulasi) ke dalam pangkal saluran kelamin istri, jutaan sel sperma ini akan berlarian melintasi rongga rahim, saling berebut untuk mencapai sel telur matang yang ada pada saluran tuba di seberang rahim. Pada saat ovulasi, lapisan lendir di dalam serviks (leher rahim) menjadi lebih cair, sehingga sperma mudah menembus ke dalam rahim. Sperma bergerak dari alat kelamin sampai ke ujung tuba falopii yang berbentuk corong dalam waktu 5 menit. Sel yang melapisi tuba falopii mempermudah terjadinya pembuahan dan pembentukan zigot (sel telur yang telah dibuahi). Jika perempuan tersebut berada dalam masa subur, atau dengan kata lain terdapat sel telur yang matang, maka terjadilah pembuahan. Pada proses pembuahan, hanya bagian kepala sperma yang menembus sel telur dan bersatu dengan inti sel telur. Bagian ekor yang merupakan alat gerak sperma akan melepaskan diri. Sel telur yang telah dibuahi akan mengalami pengerasan bagian luarnya. Ini menyebabkan sel telur hanya dapat dibuahi oleh satu sperma. sumber

Setelah Anda tahu proses terjadinya kehamilan diatas, berikut ada beberapa tips dan teknik agar Anda, para wanita cepat memiliki momongan, tentu saja dengan cara-cara alamiah:

1. Dari aspek kesehatan dan penerapan pola hidup yang sehat


a. Hindari asap rokok dan minuman beralkohol


Berdasar studi yang  dipublikasikan oleh konferensi ESHRE (Human Reproduction & Embryology), minuman beralkohol dapat menurunkan peluang wanita untuk hamil secara normal sebanyak 44%, dan 28% untuk wanita perokok. Merokok tidak hanya akan berpengaruh pada tingkat kesuburan saja, namun juga dapat meningkatkan resiko kelainan kehamilan pada sang calon janin kelak. Nah jika suami atau Anda perokok, ada baiknya berhenti dari kebiasaan merokok tersebut.

b. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin tinggi


Ada beberapa nutrisi yang mendukung proses pembuahan sel telur
  • Vitamin B6, merupakan pengatur hormon reproduksi. Banyak terkandung dalam kacang-kacangan, sereal dan sayuran hijau segar, kacangan-kacangan
  • Zat Besi (Fe). Jika si Ibu kekurangan darah atau anemia, kemungkinan akan sulit hamil. Karena itu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti daging sapi, hati dan buah apel.
  • Seng (Zn), bagi pria zat ini berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma sehingga saat baik dikonsumsi seorang calon ayah. Zinc banyak terkandung dalam  kuning telur, daging sapi, kambing, kerang dan bijian

c. Berhati hati dalam mengkonsumsi sesuatu

Obat-obatan bagaimanapun mengandung zat kimia yang banyak sedikitnya berpengaruh pada kesuburan dan masa kehamilan. Hindari makanan berpengawet, junk food, minuman bersoda, minuman energi berkafein tinggi, dan makanan kalengan.


2. Tips hamil dari sisi Psikologis dan Cara Berhubungan yang baik


a. Berdoa, tawakal dan berusaha

Saya yakin anda yang telat memiliki momongan sudah menempuh cara ini, namun bisa saja do'a dan upaya kita masih kurang. Selain berdo'a saja kita perlu tindak lanjut seperti bersedekah dan menyantuni anak yatim, dan fakir miskin. mungkin selama ini kita kurang akrab atau humoris terhadap anak-anak cobalah sedikit demi sedikit ciptakan keakraban baik dengan anak tetangga maupun keluarga terdekat.

b. Ciptakan suasana rumah tangga yang harmonis

Diakui atau tidak, tidak memiliki anak merupakan salah satu faktor penyebab perceraian. Banyak seorang suami menjadikan ini sebagai alasan untuk mencari Wanita Idaman Lain ataupun berselingkuh. Karena itu dibutuhkan kesabaran dalam mengarungi raumah tangga. Mungkin saja Yang Maha Kuasa saat ini belum memberikan si kecil untuk Anda.

c. Ketahui posisi dan suasana yang baik saat bercinta

Hindari posisi "wanita di atas", karena posisi ini cenderung akan menumpahkan kembali sperma keluar. Ada baiknya saat berhubungan intim gunakan posisi klasik. Dan ciptakan suasana yang santai dan rileks.


3. Tambah pengetahuan Anda tentang kehamilan.


Hal ini perlu dilakukan agar kehamilan yang kita inginkan bisa efektif. Misalnya ketahui masa subur wanita, agar. Selain itu perlu juga kita kontrol saat yang tepat untuk berhubungan.  Sperma dapat hidup selama max 5 hari di dalam rahim. Karena itu untuk meningkatkan kesempatan terjadinya kehamilan, lakukan hubungan 2 hari sebelum masa ovulasi/ keluarnya sel telur.
Untuk mengetahui kapan terjadinya ovulasi, ada beberapa cara yang dapat digunakan: sistem kalender, suhu tubuh basal /Basal Body Temperatur, elastisitas lendir leher rahim, dan yang terbaru, strip penguji masa subur (dapat dibeli di apotik terdekat misalnya Fertitest)



Demikian beberapa cara bagaimana agar seorang wanita cepat hamil. Semoga artikel ini dapat membantu. 

0 komentar:

Post a Comment